Tipe-tipe Orang di Angkutan Umum


Sebagai orang yang pekerjaannya lontang-lantung gak jelas, sering keluar rumah buat ngukur jalan, main ke mana-mana semaunya, menjadikan diri gue adalah pengguna setia angkutan kota, mulai dari angkot, Bajaj, Metromini, Bus, TransJakarta. Selain mereka, kadang-kadang gue juga naik omprengan kalau pulangnya tengah malem. Kalau lagi banyak uang naik taksi, kalau pengen cepet naik ojek, kalau lagi kere ya jalan kaki.



Selama tinggal di Jakarta, segala macam angkutan umum udah pernah gue cobain, dari yang rodanya dua ampe yang rodanya banyak, dari yang bentuknya tebal ampe yang tipis (kek pembalut aja). Cuma satu yang belum pernah gue taikin, naik Bemo. Bukannya gak mau, tapi belum aja, karena jalur yang biasa gue pake gak dilintasin sama kendaraan model itu. Mungkin suatu kali nanti gue akan coba deh. Gue sempet mikir kalau naik bemo yang bentuknya imut-imut itu, pasti pas duduk lutut gue bakal kepentok ama lutut penumpang lain. Jadi berasa kek lutut diadu gitu. Bakal ketahuan deh kalau dengkul gue kopong gara-gara kebanyakan …… ah sudahlah. L


Dengan seringnya keluar rumah pake angkutan umum, gue udah pernah ngerasain lari ngejar-ngejar bus, juga ngerasain gimana nunggu bus berdiri di pinggir jalan sampai 45 menit, ngantri hampir satu jam di halte Harmoni waktu armada TransJakarta gak sebanyak sekarang, kelelep di tengah bus di jam-jam pulang kantor waktu jaman kuliah malam, desek-desekan dan gelantungan di metromini, sampai naek omprengan jam 2 pagi gara-gara kemaleman pulang dari rumah temen.
Beberapa kali juga gue pernah ngeliat kejadian kriminal di dalam angkutan umum, mulai dari penjambretan ampe pencopetan, salah satu modus pencopetan yang pernah gue lihat adalah pelaku pura-pura kejang, kek mantan yang tiba-tiba ayan karena ditolak balikan. Untungnya selama itu gue gak pernah kecopetan, gak pernah dirampok di dalam taksi seperti kejadian beberapa hari terakhir ini, atau ada orang yang gesek-gesekin kemaluannya di bokong gue. Ihhh, amit-amit, bakalan hilang deh keperjakaan gue. Dan kejadian kriminal satu-satunya yang pernah gue rasain di dalam bus ya penodongan, kisahnya udah pernah gue tulis di blog ini. Kalau mau tau ceritanya cek aja satu-satu postingannya. J
Adapun waktu yang pas bagi gue buat jalan-jalan adalah di saat jam kantor dan malem hari. Jalan-jalan di kota Jakarta pas malam hari adalah kesukaan gue. Sebuah kenikmatan sendiri bisa ngelihat jalanan ibu kota yang lengang, yang berubah seratus delapan puluh derajat di saat siang. Belum lagi pemandangan lampu-lampu jalan yang warna-warni, gedung-gedung kantor bertingkat banyak dan aktifitas orang-orang Jakarta yang masih cukup rame di tengah malam, terutama di seputaran jalan Sudirman-Thamrin sampai Monas. Tengah malem masih ada aja orang yang olahraga, konvoi main sepedaan, dan banyak juga para Starling (Starbucks Keliling) yang menggoes sepedanya demi sesuap nasi. Buat kamu yang mau ke Jakarta, sekarang sudah ada bus pariwisata yang disediakan sama pemprov DKI Jakarta. Busnya tingkat dua, masih kinclong, bisnya keliling di sekitaran Monas, Thamrin, Pasar Baru, dll. Asyik loh, soalnya gratis J.


Cuma ada satu hal yang gak ngenakin kalau naik bus umum (kecuali TransJakarta) di Jakarta atau mungkin di tempat yang lain juga, banyak pengamen yang naik turun. Belum lama pengamen yang satu turun, pengamen yang lain naik. Kalau ngamen doang sih gak masalah, tapi kadang mereka rada ngancem. Belum lagi kalau ada yang orasi ngaku-ngaku baru keluar dari penjara, pasti penumpang berasa diancem dan terpaksa ngasih duit meski gak ikhlas. Seandainya mereka orasi ngaku-ngaku barusan diputusin pacarnya dan memasang muka sedih, mungkin bakal banyak yang ngasih duit dengan ikhlas. Gak percaya, coba aja mblo.
Di antara semua angkutan umum yang gue sebutin di atas, yang menurut gue paling menyenangkan untuk dinaikin ya TransJakarta (khususnya gak pas pulang kantor ya). Kenapa gue pilih ini soalnya selain cukup aman dan nyaman, bayarnya cuma sekali aja udah bisa keliling Jakarta. 
Kendaraan model ini bisa muat banyak, penumpangnya rame dan dari situ gue bisa belajar tipe-tipe penumpang angkutan umum. Gue bisa lihat yang mana orangnya pengertian, mana orang yang egois dan lain sebagainya. Kita bisa ngeliat sifat mereka dari caranya memperlakukan penumpang yang lain. Dan di kesempatan ini gue bakal bahas mengenai jenis-jenis penumpang angkutan umum, bisa jadi kalian punya salah satu tipe yang bakal gue bahas. Kenapa sih gue harus bahas tentang ini, ya biar kalian bisa belajar dan bisa menjadi bijak dalam memperlakukan penumpang lain di dalam angkutan umum. Meski alat transportasi kita belum nyaman dan aman, ya setidaknya dari diri kita sendiri dulu yang bikin suasana di dalam angkutan menjadi aman dan nyaman. Gak usah berpanjang lebar lagi ya, yuk disimak.

1.      Egois

Tipe yang sering banget gue temuin waktu berada di angkutan umum adalah Egois. Biasanya orang-orang ini pengennya enak sendiri. Duduk santai, nempelin earphone di kuping terus pura-pura tidur. Mentang-mentang sama-sama bayar, mereka gak mau ngalah sama yang kondisinya lebih membutuhkan tempat duduk. Beberapa kali gue temuin di angkutan umum terutama TransJakarta, si petugas sampai teriak-teriak bilang gini, “Ayo tolong dikasih tempat duduk ya buat ibu/bapak ini. Pliss tolong, mas/mbak. Ayo dong, mohon pengertiannya.” Bahkan beberapa kali gue pernah lihat petugas minta supir jangan jalan dulu sebelum ada yang ngalah buat ngasih kursi ke orang yang membutuhkan. Beberapa waktu lalu juga kita pernah baca ada kasus tentang seorang perempuan yang membuat status di media sosial saat dia naik kereta dan mengeluhkan ada seorang ibu hamil yang minta dikasih tempat duduk. Ujung-ujungnya dia dibully sesosmed karena gak peka terhadap kesulitan orang lain. Coba deh dibayangin jika orang yang membutuhkan kursi itu adalah bapak/ibu kita, gimana perasaannya. Jadi gak usah egois kalau di kendaraan umum.

2.      Gak Mau Capek


Tipe gak mau capek ini sering gue temuin kalau lagi naik angkot. Biasanya yang suka kek gini cewek-cewek yang jarang naik angkot atau males jalan, yang ke mana-mana sukanya naik motor atau mobil. Mungkin ke kamar mandi atau ke tempat tidur aja mereka harus dianter mobil. Salah satu ceritanya kek gini. Waktu itu gue lagi naik angkot ke Tanjung Priok, kemudian ada cewek yang bilang, “Kiri, Bang…!” Karena si supir gak fokus, mungkin dia lagi mikirin istri ketiganya yang minta dibeliin patung Pancoran sebagai hadiah ulang tahunnya, akhirnya mobil gak berhenti. Karena gak didenger sama supir, gue bantuin teriak, “Bang, kiri, Bang…..!” Mobil itu langsung berhenti dengar teriakan gue yang kek bencong perempatan Cempaka Mas dikejar trantib. Tapi anehnya, pas mobil berhenti, nih cewek gak mau turun dari angkot, dia malah ngomel sambil bilang, “Bang, kalau punya kuping dipake dong. Jauh amet ini lewatnya. Mundurin dong.” Waktu itu gue langsung mupeng, darah gue mendidih, “Nih cewek manja amet sih.” Ucap gue dalam hati. Gimana gak kesel kalau angkot disuruh mundur. padahal jaraknya paling beberapa meter doang dari tempat yang dia minta turun tadi. Karena nih supir gak mau ribut sama cewek, tau sendirikan di mata cewek lelaki itu selalu salah, maka mundurlah angkot itu.

3.      Gak Mau Ribet


Sangat gampang buat nemuin tipe orang yang gak mau ribet. Orang-orang ini biasanya kalau di angkutan umum bakal duduk atau berdiri di deket pintu. Mereka seringnya ngalangin orang yang mau masuk. Gak heran kalau terkadang kenek bus, supir atau suka teriak-teriak, “Ayo ke tengah ya, rapat ke tengah. Kasihan ini yang mau masuk. Ayo isi yang tengah ya, biar gak kosong, cukup hati para jomblo aja yang kosong melompong.” #lohh *kemudian ada jomblo yang baca tulisan ini nyeletuk, "Lo ngajak berantem, Bang?"*. Alasan mereka milih di dekat pintu sih katanya biar gampang kalau mau turun. Logis juga sih alasannya, tapi kalau banyak orang berpikiran kek gitu, penumpang lain bakal susah masuk atau keluar bus gara-gara pintunya kehalangan orang. Lagipula kalau gak mau ribet mah gak usah naik angkutan umum, jalan kaki aja, pasti gak ada yang ngalangin (kecuali pengendara sepeda motor yang suka naik di trotoar). Gak apa-apa ribet dikit waktu mau turun asal penumpang sama-sama senang, toh supir bakal nungguin kita turun kok.

4.      Perhitungan

Kalau yang ini biasanya banyak dilakuin ama emak-emak. Maklum aja sebagai menteri keuangan rumah tangga, mereka sering banget menghemat anggaran di sana-sini, bahkan uang 500 perak pun dirinciin. Contohnya tetangga gue, kalau dia naik angkot pasti bayarnya bakalan dikurang-kurangin dikit. Misalnya kalau ongkosnya 3.000, tetangga gue bakal bayar 1.500, alesannya deket. Kalau supirnya minta tambah, dia ngasih uang receh 500 perak. Tetangga gue ini jago banget dalam hitung-hitungan uang, kembalian kurang gopek aja bakal ditagih, tapi kalau ongkosnya kurang pura-pura lupa ingatan. Makanya kalau ke mana-mana dia pasti bawa uang recehan. Waktu itu gue sempat nanya, "Bu kok bayar angkotnya gak pernah sesuai tarif sih?" dia langsung jawab, "Kalau bayar sesuai tarif, ntar supirnya cepet kaya, kalau mereka kaya, terus siapa yang narik angkot.” Kalau udah kek gini, gue hanya bisa bilang, “Iya, bener juga ya.” Gue takut berdebat ama ibu-ibu, berdebat ama cewek aja gue pucet. 
Kalau ini cerita lain, beberapa hari yang lalu gue naik bus, di dalam bus ada ibu muda bersama anaknya yang berusia sekitar tujuh tahunan. Mereka duduk berdampingan di saat bus terisi penuh. Sementara itu di hadapannya ada ibu-ibu juga yang membawa anak kecilnya, dia kepayahan karena harus berdiri pegangan ke besi sambil jagain anaknya. Petugas di dalam bus bilang ke perempuan yang duduk sama anaknya, “Bu tolong anaknya di pangku ya. Biar ibu ini bisa duduk juga.” Tapi apa yang terjadi, ibu itu menolak dan marah. “Mas, anak saya juga bayar, masa harus dipangku sih. Rugi dong saya,”. Seketika orang-orang di sekitarnya menatap ke arah perempuan itu, termasuk gue. Apa ruginya sih ngasih kursi ke orang yang kesusahan, toh ini demi kebaikan bersama. Pengen banget waktu itu gue berubah jadi Hulk terus nyabut-nyabutin kursi bus biar semua pada berdiri. Karena petugas itu gak mau ribut sama perempuan, yang urusannya nanti bakal panjang kalau diterusin, tau sendiri kan kalau urusan sama perempuan pasti lelaki selalu salah. Akhirnya dia diam aja. Gak lama kemudian ada perempuan yang berdiri buat ngasih bangku ke ibu-ibu itu.
Gue yakin, kalau ibu perhitungan itu terus kek gitu, secara tidak langsung dia ngajarin ke anaknya untuk jadi perhitungan juga, maka anaknya nanti bakal tumbuh jadi orang yang egois, yang gak mau ngasih kursi ke orang lain dengan alasan sama-sama bayar.

5.      Gak Sabaran


Pernah gak kalian naik bus, pas mau turun di halte tapi ada penumpang di dalam halte yang buru-buru masuk dan bikin kamu susah buat keluar. Orang kek gini biasanya gak ngerti aturan atau emang gak mau tau aturan. Padahal aturan bakunya kalau mau naik angkutan umum, harus utamakan yang turun terlebih dahulu. Ya sama seperti mau naik lift, yang keluar diutamakan terlebih dahulu. Bukan hanya yang mau naik aja yang suka buru-buru, ada juga loh orang yang mau turunnya buru-buru dan akhirnya mencelakakan dirinya sendiri.
Gue pernah ngelihat orang yang terburu-buru buat turun akhirnya mencelakakan dirinya sendiri. Kejadiannya waktu itu gue naik Metromini dari terminal Senen ke arah Semper. Saat itu keadaan di luar hujan deras. Pas Metromini yang gue tumpangin ada di sekitar Yarsi (Rumah Sakit Islam), ada perempuan minta turun. Dia berdiri di pintu waktu supir nyoba buat minggirin kendaraannya. Tapi apesnya, belum juga Metromini berhenti, tuh perempuan malah lompat, udah gitu dia lompat pakai kaki kanan duluan. Ya akhirnya dia jatuh, tengkurep, bajunya basah kena genangan air. Untungnya dia gak masuk ke kolong metromini. Kalau udah gini supir yang disalahin. Jadi hati-hati deh kalau mau turun dari angkutan umum, gak usah buru-buru, supir bakal nungguin kamu turun kok.

6.      Pengertian


Untuk tipe penumpang yang terakhir ini adalah tipe orang yang paling disukain sama semua penumpang, terutama ibu-ibu. Kalau ada penumpang ibu-ibu dia bakal ngalah, ngasih kursinya. Bukan cuma ibu-ibu, kalau ada cewek cantik juga dia bakal ngalah, ngasih kursinya dengan ikhlas dan tulus sambil ngelempar senyum. Kalau mereka naik angkot atau bus bakal bayar sesuai tarif, gak dikurangin, gak dilebihin. Kalau mau masuk bus, dia bakal biarin penumpang yang keluar duluan baru dia masuk. Terkadang juga kalau mereka di angkot dan ada ibu-ibu yang bawa barang banyak, dia bantu naikin atau minimal ngerapihin barang bawaannya biar penumpang yang lain bisa duduk dengan nyaman. Tipe penumpang pengertian yang kek gini nih yang istriable, suamiable atau menantuable. Tapi sayangnya jarang loh orang seperti mereka ini, apalagi yang tinggal di kota besar seperti Jakarta.
Gak ada ruginya sih kalau jadi penumpang yang pengertian, selain kamu bakal dapat amal, kamu akan dilihat sebagi gentleman. Selain itu juga kamu bakal dapet senyuman manis dari cewek yang kamu kasih tempat duduk. Dan gue harap, kalian yang baca tulisan ini bisa menjadi penumpang yang pengertian, terutama yang masih jomblo, sebab dengan memberikan kursi ke orang lain terutama cewek, kamu bisa jadikan alasan buat kenalan, ngobrol-ngobrol, siapa tau dia adalah jodoh kamu yang sudah disiapkan Tuhan. Kalau kamu kasih kursinya ke ibu-ibu, bisa jadi dia kesengsem sama kamu dan kamu akan dijadikan menantunya #muehehehee. Asyik kan? Jadi jangan ragu-ragu lagi deh buat ngasih kursi ke orang lain.


Sebenarnya masih ada lagi tipe-tipe yang lain yang gak bisa gue tulis di sini. Semoga kamu yang suka naik angkutan umum bisa membenahi diri biar jadi penumpang yang bijak sehingga disukai banyak orang. Gak apa-apa berkorban dikit, setidaknya itu bisa membuat tangan dan kaki kamu jadi berotot karena kelamaan berdiri dan gelantungan. Jadi gak perlu lagi ngegym karena setiap hari kamu olahraga di dalam bus. Dan buat yang terbiasa naik kendaraan pribadi, coba deh naik angkutan umum biar kepadatan kendaraan di jalan bisa berkurang. Yang terakhir jangan lupa berdoa semoga dengan dialihkannya subsidi BBM, pemerintah bisa membangun infrastruktur yang bagus serta menciptakan angkutan umum yang murah, nyaman, aman, terorganisir, terstruktur, terencana, masif dan sistematis. Dengan begitu, orang-orang yang punya kendaraan pribadi akan beralih ke angkutan umum. Kalau banyak orang yang pindah ke angkutan umum, jalan-jalan akan menjadi lancar sehingga kalau mau ke Bekasi gak butuh waktu berhari-hari #ehh. Oke sekian aja tulisan dari gue, takutnya tambah ngaco. Tetap gunakan angkutan umum. Stay save. J