Pahlawan Tanpa Tanda Jasa


Hari ini, tgl 25 November adalah Hari Guru Nasional, semoga aja kalian pada tau. Karena hari ini hari guru, makanya tulisan gue pada kesempatan ini ada hubungannya dengan pahlawan tanpa tanda jasa ini. Tapi sebelumnya gue mau ngucapin Selamat Hari Guru, semoga saja kesejahteraan guru semakin diperhatikan dan terus menciptakan penerus-penerus bangsa yang semakin cerdas.



Sebagai orang yang lahir dari keluarga yang jauh dari pendidikan, bapak gak lulus SD, emak apalagi, baca tulis aja kepayahan, gue berkesempatan untuk menempuh pendidikan seperti anak-anak yang lain. Emak ama bapak gue bahkan gak ngerti nyekolahin anaknya itu buat apa, kecuali biar bisa baca tulis. Pokoknya anak-anaknya bisa sekolah seperti anak-anak keluarga yang lain. Dan karena orangtua gak tau tujuan anaknya sekolah untuk apa, selain agar anaknya bisa baca tulis, gue pun gak ngerti tujuan sekolah itu apa, selain ngabisin uang jajan dari emak. Walau gue gak tahu tujuan sekolah itu buat apa, tapi sejak SD gue termasuk orang yang rajin masuk sekolah. Jarang bolos apalagi males-malesan gak mau sekolah. Setiap hari gue selalu semangat buat berangkat sekolah. Hujan badai pun gue jabanin.
Beranjak SMP, gue masih aja belum ngerti apa tujuan gue sekolah kecuali ngabisin uang emak. Semangat untuk pergi ke sekolah memang gak lagi seperti waktu SD, hanya saja karena udah terbiasa, jadi kalau gak sekolah berasa gak hidup. Bisa dibilang sekolah ngebuat gue ketagihan.


Dan suatu ketika,  gue berada di pertengahan tahun pertama di bangku SMP. Kejadian ini terjadi belasan tahun yang lalu, waktu gue sekolah masih pakai celana pendek warna biru. Sudah lama memang, tapi pengalaman ini tertanam kuat di benak gue dan masih keinget sampai sekarang. Kejadian yang membuat gue semakin gak ngerti sama dunia pendidikan.
Ceritanya begini, waktu itu di sekolah gue ada seorang guru pindahan. Beliau pindah dari sekolah swasta yang cukup terkenal dan salah satu yang favorit di kota gue. Setahu gue dan dari kabar orang-orang, kalau guru pindahan dari sekolah favorit pasti orangnya pinter dan cara ngajarnya pasti menarik. Dengan begitu para muridnya juga akan ikut pinter dengan sendirinya. Saat itu gue seneng, itu berarti gue akan jadi pinter.
Sebut saja nama gurunya pak Gunawan, guru matematika. Pak Gunawan ini guru yang masih cukup muda, usianya sekitar tiga puluhan, gesit, lincah dan tampan. Ternyata kabar itu gak salah, pak Gunawan memang orang yang pintar, punya cara mengajar yang unik. Beliau mengajarkan matematika dengan cara memberitahu apa fungsi matematika di kehidupan. Dengan begitu, gue yang dulunya hanya tau kalau matematika cuma pelajaran rumus-rumus yang gak tau kegunaannya buat apa di kehidupan nyata, berkat cara beliau mengajar akhirnya gue jadi mengerti. Dari situ juga gue mulai paham kolerasi antara jarak tempuh suatu benda, kecepatan bergerak, dan waktu tempuh. Contoh soal matematikanya seperti ini, “Jika sebuah kendaraan berjalan dalam kecepatan 60km/jam, menempuh jarak 35km, tanpa hambatan sama sekali. Berapakah harga cabe-cabean sekarang ini?” Pasti dengan mudah kalian bisa menjawabnya. J
Dari gaya mengajar beliau, cara menjelaskannya, dan intonasi suaranya yang naik turun, ngebuat seluruh siswa menyimak dan melek terus. Tapi yang bikin kami  seneng sekali, terutama bagi yang cewek adalah kumis tebalnya yang mirip sekali kumis Roy Suryo. Karena senang dengan gaya mengajarnya, gue pun suka dengan pelajarannya. Setiap pelajaran pak Gunawan, gue ngerasa waktu 1 jam berjalan seperti 1 menit, padahal sebelum-sebelumnya waktu berasa lama banget. Mungkin itulah yang disebut dengan teori relativitas #halahhh.


  Gue pun dengan senang hati menyimak materi pembelajaran yang diberikannya tanpa kesulitan berarti. Dan hingga beberapa minggu kemudian, kami diberitahu bahwa akan ada ulangan harian di pertemuan berikutnya. Mendengar ucapan itu gue senang, tepuk tangan, koprol terus bilang wow. Sepulang sekolah gue belajar ampe malem, setiap hari. Hobi gue yang suka maen layangan di sawah, godain orang-orangan sawah, sampe mancing belut di pematang sawah, gue tinggalin gitu aja. Temen-temen yang nyamperin buat ngajak mandi di laut juga gue cuekin. Padahal setiap mereka datang, gue pasti gak pernah nolak, sebab sejak kecil gue sering banget nyemplung di laut bersama mereka. Itulah arti sebuah dorongan semangat belajar yang bisa menolak kenikmatan sesaat.
Tibalah hari itu, hari ulangan harian Matematika. Tempat duduk gue berada di bangku paling belakang. Di depan gue ada anak baru, pindahan dari SMP lain. Dia pindahan dari sekolah negeri favorit yang kalau mau masuk ke sana minimal NEM harus di atas 40. Denger-denger sih dia dipindahin gara-gara suka berantem, suka malak. Makanya kalau gue ngobrol ama dia berasa mau diterkam. Beberapa kali gue juga lihat dia berantem sama kakak kelas di luar sekolah. Dan anak-anak cowok satu kelas pun takut sama dia.
Kami dibagikan selembar kertas berisi soal-soal ujian. Kertas itu berisi 10 soal yang jawabannya harus dijawab di kertas lain. Jawabannya harus lengkap, dengan rumus-rumusnya. Karena gue sudah belajar, semua pertanyaan itu bisa gue jawab dengan mudah. Saat di akhir jam pelajaran mau selesai, temen gue yang anak nakal itu ngebalikin badan, dia nanya rumus jawaban soal nomor 10. Awalnya gue diem, gak mau ngasih tau. Untuk kedua kalinya dia ngebalikin badan sambil sedikit ngangkat kertas jawabannya sambil nanya.
“Eh, ini nomor 10 rumusnya gini bukan?” tanya dia.
Karena gue takut kalau gak ngasih tau, takut gue dihabisin sepulang sekolah, gue pun ngasih tau caranya. “Iya, kek gitu. Tapi ini ada yang kurang.”
Sialnya, pada saat gue ngejelasin, rupanya pak Gunawan ngelihat aktivitas kami, yang dengan cepat gue langsung diem. Anehnya, pak Gunawan gak negur gue sama sekali. Beliau cuma ngelihatin gue dari meja guru. Saat itu gue takut, takut lembar jawaban gue diambil terus dirobek-robek karena dikira nyontek. Untungnya hal itu gak kejadian, ulangan pun selesai. Kami harap-harap cemas untuk menunggu hasilnya minggu depan.


Minggu depannya hasil ulangan kami dibagikan. Gue berharap nilai gue yang paling tinggi di kelas karena gue yakin semua jawaban itu benar. Setelah semua dibagiin, gue ngerasa ada yang aneh, kok kertas jawaban gue gak dikasih, padahal semua orang udah dikasih, dan temen yang pernah gue kasih tau jawabannya mendapat nilai sepuluh, jawaban punya dia dan punya gue sama persis. Sampai jam pelajaran usai gue gak dapet kertas jawaban hasil ulangan itu. Waktu itu gue agak heran, kecewa, kenapa hasil ulangan punya gue gak dikasih, apa mungkin keselip, atau hilang. Karena gue orang yang malu bertanya dan agak minder akhirnya gue biarin aja hasil ulangan itu lenyap. Selang beberapa hari kemudian, sebelum kelas dimulai, pak Gunawan manggil gue. Di depan kelas, di meja guru gue ditanya beberapa hal.
“Ini bener hasil kamu sendiri?” tanyanya gak percaya sambil nunjukin lembar jawaban gue tempo hari.
“Iya, Pak. Saya ngerjain sendiri.”
“Kok jawaban kamu sama dengan anak pindahan SMP favorit itu. Kamu nyontek dia ya?”
“Enggak, Pak. Ini jawaban saya sendiri.”
“Kamu gak bohong, kan?”
“Enggak, Pak. Ini beneran jawaban saya.”
“Waktu ulangan bapak lihat kamu nyontek sama dia.”
“Itu bukan nyontek, Pak?” jawab gue cepat.
“Kalau bukan nyontek, terus apa?”
Saat itu gue mau jawab terus terang kalau gue ngasih tau jawaban nomor sepuluh ke anak yang duduk di depan gue, tapi karena gak berani, takut diapa-apain sepulang sekolah nanti, akhirnya gue memilih bungkam. Berada di depan kelas sendirian, lagi diinterogasi, bingung, dan dilihatin teman-teman sekelas, bikin gue samakin malu.
“Oh jadi kamu gak mau ngaku. Ya sudah, bapak kasih nilai 9,5.” Akhirnya pak Gunawan ngasih lembar jawaban itu yang baru aja diberinya nilai.
Melihat nilai itu gue gak terima, gue gak puas, tapi gue gak bisa apa-apa. Gue bukan orang yang berani protes, waktu itu gue orang yang terlalu lembek buat ngasih penjelasan. Akhirnya kejadian itu membuat gue merasa gak dihargain atas jerih payah selama ini. Di hari-hari setelahnya, setiap ulangan harian pasti gue diperhatiin terus-terusan oleh pak Gunawan, seolah-olah gue emang tukang nyontek. Gue kecewa berat dan mulai gak suka sama pelajarannya. Mengikuti pelajaran pak Gunawan kini 1 menit berasa 1 jam. Buntut dari kejadian itu akhirnya gue jadi males belajar, semua pelajaran cuma gue pelajari di sekolah sementara di rumah buku-buku catatan gak pernah gue buka sama sekali, termasuk pada saat ujian catur wulan. Gue berpikir gak ada gunanya kerja keras belajar kalau hasilnya gak dihargain sama sekali. Karena males belajar, nilai raport gue cukup mengecewakan, beberapa ada yang merah.


Naik di kelas dua, kebiasaan gue buat males belajar terus berlanjut. Belajar udah gak berhasrat, pendidikan hanya formalitas. Gue sekolah cuma buat kumpul sama temen-temen sekaligus ngabisin uang jajan dari emak. Nilai raport di kelas 2 pun biasa-biasa saja, syukurnya kali ini gak ada yang merah. Pas di kelas 3, gue dapet guru yang ngerubah semuanya. Beliau bernama Pak Subur, lelaki menjelang 50an, yang juga kebetulan guru matematika. Gaya mengajarnya sederhana, tidak secanggih pak Gunawan. Bisa dibilang kalah jauh sama kemampuan mengajarnya. Belum lagi penampilan fisik pak Subur jauh dari kesan seorang guru idola. Orangnya kurus, tidak cocok dengan namanya, kalau ngajar suaranya pelan, bahkan nyaris gak kedengeran untuk orang-orang yang duduk di bangku belakang seperti gue. Tapi ada satu hal yang ngebuat kenapa pola pikir gue berubah seratus delapan puluh derajat, dari anak yang males belajar jadi orang yang keranjingan belajar. Dari orang yang dulunya suka matematika, kemudian benci, dan kembali menyukai pelajaran matematika. Rupanya beliau memang tak subur fisiknya, tapi subur ilmunya.
Pak Subur orang yang bisa diajak berdiskusi, beliau gak merasa pintar sendiri. Gak ada gaya pengajaran yang mengancam pada dirinya, yang kalau anak muridnya salah dimaki-maki di depan kelas, sehingga hal ini bisa menjatuhkan mental murid-muridnya. Justru beliau mengajarkan kami seperti anaknya sendiri. Beberapa kali gue beradu argumen dengannya mengenai jawaban soal yang keliru. Ketika beliau salah, beliau mengakuinya, mengoreksinya, dan ketika gue salah, beliau menerangkannya dengan detail. Dari diskusi itu gue merasa dihargai, gue marasa diperhatikan. Komunikasi dua arah ini yang akhirnya ngebuat gue kembali suka dengan pelajaran matematika. Kami sering berdiskusi di kelas, memecahkan soal matematika bersama-sama. Temen-temen gue yang lain, yang gak suka matematika pada awalnya, kini mulai suka. Imbas dari itu, mental gue mulai terbentuk, rasa percaya diri tumbuh lagi, gue pun semakin rajin belajar karena dihargai, nilai matematika gue merangkak naik dan bisa dibilang gue paling jago matematika di kelas waktu itu. Dan di akhir pendidikan SMP, gue yang tadinya bukan siapa-siapa berubah menjadi salah satu dari 10 siswa terbaik di sekolah, mengalahkan ratusan murid lainnya.
Dari situ gue belajar bahwa penghargaan itu penting, penghargaan bisa merubah segalanya. Tanpa penghargaan, apa yang kita lakukan akan terasa hambar. Tapi dengan adanya penghargaan kita bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi. Dari kejadian itu gue juga akhirnya mikir bahwa kalau kita sudah menyukai seorang guru, maka kita akan otomatis menyukai pelajarannya, begitu pun sebaliknya.
Di tulisan ini gue mau ngucapin terima kasih yang sebesar-besarnya kepada guruku pak Gunawan yang sudah mengajarkanku bahwa menjadi tidak dihargai itu sakit. Tapi dari sakit itu gue belajar untuk menghargai orang lain. Terima kasih juga gue persembahkan buat pak Subur yang sudah mengajarkan bahwa penghargaan sekecil apa pun bisa merubah seseorang. Dan gue ucapkan terima kasih juga kepada guru-guru yang sudah mendidik gue selama ini. Juga ucapan terima kasih kepada guru-guru di seluruh negeri ini. Berkat mereka gue bisa nulis blog ini, karena mereka kalian bisa membaca blog ini. Gue yakin kalian pasti pernah kecewa pada seorang guru, tapi gue yakin juga, kekecewaan itu bisa membuatmu menjadi lebih baik dan memetik pelajaran darinya. Sebenci apa pun kita kepada guru, tetap saja beliau adalah guru kita, orang tua kedua kita di sekolah. Guru yang memberikan ilmunya dan patut dihargai sampai kapan pun.

Baik, sekian dulu tulisan gue kali ini, semoga apa yang gue sampaikan bisa bermanfaat dan bisa dijadikan pembelajaran untuk kita semua. Terima kasih, sampai jumpa di tulisan berikutnya. J


Yuk download free ebook TOGA & SENYUM IBU klik di sini <<-