Guruku Idolaku

Oh iya, sekarang hari guru ya. Biar ngeramein postingan tentang hari guru, gue mau ngebahas secuil pengalaman gue tentang guru.
Guru itu sering disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Mungkin ungkapan ini yang buat kenapa orang-orang di pemerintahan seakan-akan menutup mata tentang kesejahteraan para guru, terutama guru honorer. Terkadang gue ngenes kalau ngeliat ada ribuan guru yang harus panas-panasan berdemo di depan kantor gubernur, gedung DPR sampai di istana negara hanya demi menuntut kenaikan upah dan pengangkatan mereka sebagai pegawai negeri sipil. Seandainya guru di Indonesia berhenti mengajar, habislah negara ini.
Gue teringat cerita tentang negara Jepang yang waktu itu baru aja dibom habis ama Amerika saat perang dunia ke dua. Nagasaki dan Hiroshima hancur, luluh lantah, rata tanah karena bom atom. Tapi yang gue salut adalah perkataan kaisarnya ketika itu. Dia nanya bukan “Berapa tentara yang tersisa?” tapi “Berapa guru yang tersisa?” Sumpahhh, pas gue nulis kalimat ini, air mata gue keluar gak bisa kebendung. Gue langsung keinget guru-guru gue sejak SD, SMP, SMA bahkan sampe Kuliah.
Lihat negara Jepang sekarang, yang begitu menghargai jasa gurunya, mereka negara termaju di Asia. Teknologinya ampe kesebar ke seluruh dunia, mulai dari pemutar musik, peralatan elektronik, sepeda motor, mobil bahkan mereka sedang gencar membuat robot. Seandainya presiden kita dan jajaran pemerintahannya juga memperhatikan nasib guru, betapa akan majunya negeri ini. Miris memang, tapi itulah yang terjadi di negeri tercinta kita ini. 
Gurulah yang telah mengajarkan pada jutaan anak kecil bagaimana menulis, membaca, mendengarkan dan berpikir. Berkat mereka jugalah gue bisa menulis, dan berkat mereka juga kalian bisa baca tulisan ini. Jadi gak ada alasan lagi buat kita tidak menghargai mereka.
Ngomongin tentang guru, setiap orang pasti punya ceritanya sendiri tentang guru-guru mereka, termasuk gue. Gue punya guru favorit, terutama pas masa SMP. Guru favorit gue adalah Pak Subur, beliau adalah guru matematika. Walau namanya Subur, tapi tubuhnya gak demikian. Penampilannya kurus, jalannya pelan, melayang seperti berjalan di bulan. Bajunya selalu kemeja berlengan pendek dengan celana panjang yang dipasang hingga ke pusar, persis seperti pak haji Jojon. Beliau orangnya pendiam, tutur katanya pelan dan santai.
Sejak SD gue sebenarnya udah senang dengan pelajaran matematika, tapi belum ketemu ama guru yang tepat. Pernah waktu gue duduk di kelas satu, gue dapet guru matematika yang cara mengajarnya gampang dimengerti, namanya pak Gunawan. Beliau guru baru yang merupakan pindahan dari sekolah swasta elit yang terkenal di tempat gue. Sayangnya, ada sebuah kejadian yang ngebuat gue jadi males belajar matematika. Kejadiannya waktu itu pas ulangan harian, gue ngerjain semua soal dengan benar. Di depan gue ada anak baru pindahan dari SMP favorit, semua jawaban dia hasil nyontek punya gue. Tapi pas pembagian hasil ulangan, nilai dia sepuluh sementara nilai gue sembilan. Guru itu bilang, “jawaban kamu kok bisa sama ama dia. Kamu nyontek ya?” karena jawabannya sama, makanya gue gak dikasih nilai sempurna ama tuh guru. Namanya masih berjiwa labil, tuduhan itu langsung buat gue males belajar matematika lagi. “Kerja keras gue ternyata gak dihargain” pikir gue waktu itu.
Namun pas gue diajar ama pak Subur di kelas tiga. Gue menemukan keasyikan kembali dengan pelajaran itu. Gaya pengajaran beliau tidak berbelit-belit, simpel dan yang ngebuat gue senang, beliau paling suka kalau diajak berdiskusi tentang soal-soal yang sulit. Karena seringnya kami berdiskusi, akhirnya gue ngerasa nih guru emang cocok buat jadi panutan. Dan sejak itu, gue kembali suka dengan pelajaran matematika. Alhasil, nilai Ebtanas matematika gue salah satu yang terbaik di sekolah.
Selain punya pengalaman menyenangkan dengan guru favorit, gue punya pengalaman memalukan dengan seorang guru olahraga, namanya pak Subiyanto (bukan nama aslinya). Beliau ini memiliki postur tubuh yang cukup tinggi tapi tidak kekar. Kalau beliau bicara, hidungnya seperti tersumbat, seperti bengek. Kakak-kakak kelas gue sering manggil dia dengan sebutan pak Doyok. Sebutan yang sebenarnya kurang pantas diucapkan oleh anak didiknya. Gue dan temen seangkatan juga akhirnya ikut manggil nama itu. Tapi kalau nyebut nama itu di depan orangnya langsung, kita gak berani. Sayangnya, sebutan itu masuk ke dalam otak bawah sadar gue.
Kejadiannya waktu itu pelajaran olahraga. Kebetulan pak Subiyanto lagi ke toilet ruang guru yang bersebelahan dengan lapangan basket. Gedung guru itu udah gak kepake karena atapnya baru aja kebakar. Terpaksa ruang guru dipindahkan ke tempat yang lain, hanya toiletnya aja yang masih bisa dipakai dan itu pun selalu digembok.
Pas gue lagi asyik-asyiknya mainin bola basket bareng temen, beliau manggil gue.
“Blong…! Blong…!” panggilnya.
Waktu itu gue gak ngeh, dan sibuk mainin bola basket, lempar-lemparan trus mantul mantulin ke arah temen.
Ehh beliau manggil lagi. “Blong… blong…!” kali ini dengan suara yang lebih keras.
Temen gue yang lagi megang bola langsung diam. Dia ngasih tau gue untuk ngelihat ke arah ruang guru. Pas gue lihat, di sana ada pak Subiyanto yang lagi berdiri di balik teralis besi.
“Blong.. sini…!” pintanya.
Tanpa basa-basi lagi gue langsung nyamperin.
“Ada apa, Pak?” tanya gue kebingungan.
“Blong, tolong mintain kunci gembok ini ama ibu guru itu ya.” Tunjuknya ke arah perempuan yang sudah berjalan jauh.
Dalam hati gue cekikikan sendiri ngeliat pak Subiyanto yang kekunci di toilet ruang guru. “Hahaha…. Kasian banget nih pak Doyok, kekunci di toilet guru.” Ucap gue dalam hati.
“Buruan, Blong…!” perintahnya.
Akhirnya gue nguber ibu guru itu yang rupanya udah masuk ke dalam ruangannya.
Di dalam ruangan guru yang cukup ramai, gue ngelihat ibu guru tadi. Tanpa pikir panjang, gue langsung samperin.
“Bu, saya mau minta kunci toilet ruang guru.” Ucap gue sedikit grogi, karena jarang-jarang gue masuk ke ruangan itu.
“Kunci toilet, buat apa?” tanyanya kebingungan karena murid-murid gak diijinkan buat pake tuh toilet.
Dengan cepatnya gue jawab tanpa mikir panjang lagi. “Itu, pak Doyok kekunci di toilet.”
Ibu guru itu diem sejenak, sepertinya beliau sedang berpikir keras. “Pak Doyok, siapa pak Doyok?” ucap ibu guru itu keheranan.
“Damn…!” Tiba-tiba gue sadar udah nyebutin nama yang salah.
“Pak Doyok itu siapa ya?” tanyanya dengan suara sedikit keras ke arah guru-guru yang lain. Tapi gak ada satu pun guru-guru di ruangan itu yang tahu.
“Eh maaf, Bu. Pak Subiyanto maksudnya.” Potong gue cepat.
Ucapan gue barusan kontan ngebuat ruangan yang tadinya senyap berubah jadi riuh ramai. Satu ruangan itu ketawa ngakak sejadi-jadinya, cuma gue doang yang gak ketawa dan tampak ketakutan serta langsung pucat.
“Uhhh sial, gue salah ngomong.” Gumam gue dalem hati.
“Ohh jadi pak Doyok itu pak Subiyanto.” Ucap ibu guru itu menegaskan.
Gue gak jawab, cuma bisa mesem-mesem serbasalah. Malunya minta ampun diketawain guru-guru seruangan.
“Ha… ha…. Ha… ada-ada aja pak Subiyanto dipanggil pak Doyok.” Seru salah satu guru di ruangan itu yang langsung kembali disambut gelak tawa.
“Lain kali, jangan nyebut nama itu lagi ya.” Katanya sambil nyubit perut gue. “Gak sopan manggil guru dengan nama sebutan seperti itu.” Ujarnya.
Gue masang tampang menyesal. “Iya, Bu. Maaf. Keceplosan tadi.” Kemudian ibu guru itu ngasih kunci toiletnya ke gue. Dan gue pun meninggalkan ruangan itu sambil berjalan nunduk. Gue ngerasa muka ini seperti dipenuhi adonan semen.
Selama perjalanan menuju ke tempat pak Subiyanto, gue ketakutan. “Gimana kalau nanti guru-guru itu cerita semuanya, habislah gue.”
Dan benar aja, beliau akhirnya tahu. Pak Subiyanto yang baru aja ngembaliin kunci toilet ke ruang guru, langsung nyamperin gue. Gue panik dan pengen buru-buru langsung lulus sekolah.
“Kamu tadi bilang apa di ruang guru?” tanya pak Subiyanto waktu sampai di depan gue.
Gue langsung lemes dengar pertanyaan itu. “Engggg…. Engg…..!”
Temen di sebelah gue kebingungan ngeliat kelakuan gue yang tiba-tiba langsung aneh dan pucat.
“Ya udah, gak apa-apa. Lain kali jangan diulangin.” Ucapnya sambil ngacak-ngacak rambut gue.
“Iya, Pak. Maaf.” Kata gue sambil menyesal.
Pak Subiyanto akhirnya melanjutkan pelajaran olahraganya. Sementara gue jadi gak semangat ngikutin pelajarannya di siang itu.
Sejak kejadian itu, gue udah gak berani manggil beliau dengan sebutan pak Doyok di depan temen-temen gue. Dan sejak kejadian itu juga, gue gak berani nyebut guru-guru yang lain dengan sebutan-sebutan yang gak pantas. Karena memang, gak sepantasnya gue sebagai murid menghina mereka walau niatnya hanya cuma untuk bahan bercandaan aja. Sudah sepatutnya gue menghargai mereka atas ilmu yang sudah diberikannya selama ini.
Akhir kata, gue cuma bisa berterimakasih atas segala ilmu yang diberikannya selama ini. Semoga semuanya panjang umur, ditambahkan rezekinya dan diberikan kesehatan oleh Allah SWT aminnn…! (´`ʃƪ)

Leave a Reply