Titi DJ (Hati-hati Di Jalan)



Yang namanya kejahatan itu sebenarnya ada di mana-mana. Bisa di jalanan, di rumah, di mall, atau di sekolah. Coba aja lihat acara di tipi seperti Petroli, Busur, Tekape dsb. Mereka memberitakan tentang mayat mutilasi di jalan tol, perempuan dalam koper, penculikan anak SMP yang berawal dari fesbuk, sampai rakyat yang jadi korban PHP para politikus. Semua itu memperlihatkan betapa kejahatan ada di mana-mana dan merajalela. Bisa jadi, orang yang berbuat jahat itu ada di sebelah kamu, lagi merhatiin kamu. Hihhhhh....! 
Gue gak bermaksud buat nakut-nakutin kalian ya, cuma pengen ingetin aja kalau kita kudu waspada. Nah ngomong-ngomong kejahatan, gue mau cerita tentang pengalaman dengan yang namanya kejahatan. Kejahatannya gak gede-gede amat sih, tapi gak bisa dianggap sepele juga. Dan cerita ini terjadi di awal-awal gue merantau, sekitar dua belas tahun yang lalu, di ibukota tercinta yang katanya lebih kejam dari ibu tiri dan ibu mertua.
Dulu gue sering denger nasehat orang-orang yang bilang kalau punya barang bagus seperti perhiasan, handphone dan sebagainya, jangan dipamerin di depan umum, apalagi ditunjukin ke orang-orang sambil bilang “nih jam gua baru, nih hape gua baru, nih kalung emas gua baru beratnya aja 50kg, nih behel gua juga baru, nih pacar gua baru.”
        Menurut gue kata-kata itu bener banget, apalagi pas ngeliat kejadian di depan mata gue sendiri. Kejadiannya tentang penjambretan di terminal Senen. Sialnya, gue dua kali ngelihat kejadian yang sama di tempat yang gak begitu berjauhan. Gue gak bermaksud untuk nakut-nakutin atau ngejelek-jelekin terminal Senen, tapi ini buat kamu aware aja bahwa kejahatan itu ada di mana-mana.
Kejadian pertama waktu itu gue baru aja pulang dari Plaza Atrium. Seperti biasa, hampir setiap hari sabtu sehabis gue nguli di pabrik, gue sempet-sempetin maen ke Senen buat jalan-jalan dan refreshing. Walau gak beli, setidaknya gue bisa ngerasain gimana sih ademnya tempat perbelanjaan bagi orang-orang Jakarta.
Sepulangnya dari Atrium, gue jalan menuju terminal, lewatin jembatan penyebrangan trus masuk ke jalan kecil di depan kios-kios penjual buku bekas. Di terminal udah banyak angkot, bus, metromini, kopaja yang ngumpul dan pada ngantri. Karena ingin cepet nyampe rumah, gue milih naek metromini 07 menuju Semper. Lagipula gak mungkin banget dong gue yang pulangnya ke arah Tanjung Priok kudu naek bus ke arah Kalideres.
Gue duduk di sudut belakang deket jendela. Kebetulan semua jendela kebuka lebar dan angin sore Jakarta yang masih panas masuk ke dalam dengan gampangnya. Di dalem metromini itu belum banyak penumpangnya dan supirnya aja masih santai di warung sambil ngopi-ngopi. Di depan gue ada perempuan yang duduk sendirian di deket jendela, dia duduk sambil nunduk seperti lagi mikirin pacarnya yang selingkuh ama anak pejabat. Di lehernya ada kalung emas yang kelihatan jelas, kira-kira sih beratnya 10gram-an gitu.
Waktu itu gue gak begitu merhatiin perempuan itu dan sibuk ngelihat suasana terminal yang panas dan sumpek sambil ngelamun suatu saat nanti gue jadi orang kaya trus bisa belanja-belanja di tempat yang baru aja gue sambangin. Tapi saat gue masih asyik ngelamun, tiba-tiba ada tangan kekar muncul di depan gue. Tangan itu hitam dan ada urat-urat ototnya yang besar. Tangan itu datangnya dari luar jendela. 
Degg….! 
Gue sempet kaget karena gue pikir itu tangan setan. Selang beberapa kemudian, perempuan di depan gue teriak-teriak seiring dengan tangan kekar itu menghilang.
“Jambret….! Jambret….!” Teriak perempuan itu panik.
Bener aja, itu emang tangan setan dalam tubuh manusia. Gue yang ada di belakangnya dan beberapa penumpang sontak kaget.
“Jambret…! Jambret apaan.” Pikir gue. Tapi pas gue liat, perempuan itu teriak-teriak sambil megangin lehernya yang sekarang tanpa kalung.
Sebagai laki-laki sejati, gue dan beberapa penumpang lelaki lain turun dari metromini. Tapi sayangnya, kita gak tahu ke mana tuh jambret lari, dan kami juga gak tahu muka jambretnya seperti apa, soalnya tiba-tiba lelaki itu menghilang. Mau gak mau gue ama yang lain cuma bisa pasrah dan kembali ke dalam metromini. Di dalamnya, perempuan itu cuma bisa nangis meratapi nasibnya. Waktu itu gue nyesel gak bisa nolong dia dan gue lebih nyesel lagi kenapa bukan gue duluan yang jambret tuh cewek, ehhhh..!
Kejadian kedua masih di kendaraan yang sama, waktunya sedikit berbeda. Kejadiannya pas hari minggu siang. Sejak kejadian tempo hari, gue dah gak berani naik bus di dalem terminal dan lebih milih nongkrong di lampu merah depan pasar Senen, sebelum stasiun. Di situ suasananya lebih ramai dan gue baru tahu kalau kebanyakan orang lebih memilih nunggu di tempat itu ketimbang di terminal. Selain itu, kalau dari Plaza Atrium ke pertigaan itu juga gak terlalu jauh. Tapi emang yang namanya otak kriminal, mereka bisa beraksi di mana aja.
Siang itu, gue lagi-lagi duduk di belakang, deket dengan jendela. Tapi kali ini gue milih duduk di jendela dekat pintu, biar bisa godain keneknya. Selain anginnya banyak, di situ gue bakal gampang kalau mau turun. Waktu itu penumpang lumayan rame dan gue kira keadaan akan baik-baik aja. Pas mobil jalan dan udah mau deket stasiun Senen, dua orang naik berpakaian perlente, baju lengan panjang dengan celana jeans. Yang satu masuk ke dalam, yang satunya lagi diem di pintu ngalangin kiper, ehhh ngalangin kenek ding. Suasana berjalan seperti biasa dan tibalah metromini terseok-seok naik ke fly over Galur dan kejadian itu pun berlangsung.
Seorang lelaki tiba-tiba turun secepat kilat, kemudian disusul sama lelaki yang ada di pintu. Gue pikir mereka salah naik metromini, tapi berselang beberapa detik kemudian.
“Jambret….! Jambret…!” teriak perempuan yang duduk di dekat pintu belakang.
Lagi-lagi gue ngerasa pernah dengar teriakan kek gitu. Ini seperti dejavu.
Penumpang langsung panik dan mencari-cari jambret yang dimaksud. Tapi sayangnya dua lelaki itu udah nyebrang trus ngilang di gang sempit. Sebagai lelaki sejati, gue dua kali gagal melakukan penyelamatan dan merasa gue emang gak cocok jadi super hero. Jangankan buat nyelamatin orang, nyelamatin cinta sendiri aja gak becus. Yang ada kini tinggal perempuan itu yang terus-terusan nangis di dalam metromini karena kehilangan kalung emasnya.
Entah kenapa gue dipertontonkan kejadian seperti itu lagi, mungkin ini sebagai pelajaran buat gue untuk lebih berhati-hati dan mengikuti nasehat orangtua dulu. Namun yang namanya kejahatan bukan penjambretan aja, ada juga kejahatan lain dan apesnya gue akhirnya ngalamin kejadian yang satu ini, pemalakan.
Dulu di sekitaran plaza Koja pada malam hari banyak pedagang kaki lima yang berjajar di bahu jalan. Orang-orang sering menyebutnya sebagai pasar Permai. Malam itu, gue ama Kian, temen satu pabrik, baru aja pulang dari Permai, biasa abis gajian trus belanja-belanja gituh. Pulang dari sana gue dan kian jalan ke arah pertigaan Mambo untuk naik metromini menuju Cilincing. Sebenernya gue tau banget kalau tempat itu banyak preman yang nongkrong dan suka malak-malakin supir angkot dan bus. Tapi anehnya malam itu gue gak nyadar berhasil memancing mereka.
Gue ama kian jalan santai di bawah lampu remang-remang. Pas tepat di perempatan Mambo, gue gak sadar ngeluarin uang dari kantong buat siapin ongkos nanti. Sialnya, tindakan gue itu rupanya memancing kejahatan. Gak lama berselang ada beberapa anak kecil yang nyamperin kita. Gue pikir itu anak kecil cuma pengen nanya-nanya atau ngasih tau kalau kita ini ganteng banget, tapi gak taunya dia malah minta uang. Ngeliat badannya yang kecil-kecil, kita gak peduli dan nyuekin mereka.
“Bang, minta duitnya?” kata anak-anak itu.
Gue ama kian seolah-olah gak denger dan terus jalan.
“Bang minta duitnya.” Suara salah satu dari mereka sedikit keras dan kek mengancam.
“Gak, gak ada.” Ucap gue santai.
Eh anehnya, anak-anak itu terus nguntilin kita sambil terus minta uang. Tapi tetep gue ama kian gak peduli. Dalam hati, gue pengen jitak-jitakin nih anak satu-satu. Kalau mau minta uang ama bapaknyalah, jangan ama gue. Dan tanpa kita sadarin, ada abang-abangan yang ngikutin trus ngerangkul kita dari belakang. Awalnya gue pikir dia temen satu pabrik, tapi pas gue liat tampangnya kok enggak gue kenal ya. Rupanya dia tuh atasan preman-preman kecil yang masih terus ngikutin kita.
“Ehh, lu anak mana?” tanya orang itu dengan suara keras.
Gue langsung diem, Kian juga. Gue langsung ciut, Kian juga. Gue tetep diem tapi Kian enggak.
“Gue anak Cilincing.” Jawab Kian cepat. “Eh lo kenal Beceng, gak?” tanyanya sok akrab. Seperti biasa, Kian ini orangnya emang sok akrab ama siapa aja.
“Beceng, Beceng mana?” lelaki itu kek kebingungan.
Kian langsung menjawab. “Beceng, masa lo gak tau sih, dia preman Cilincing. Itu temen gua tuh. Biasanya juga dia kalau malem nongkrong di sini.” Ucapnya penuh yakin.
Mendengar ucapan barusan preman itu kek takut-takut. Trus dia bilang. “Emang orangnya kek gimana sih?”
“Orangnya gede, tinggi, hitam, rambutnya gondrong dan banyak tatonya.” Kata Kian cepat. “Dia baru aja keluar dari penjara.” Sambungnya.
Laki-laki itu diem, anak-anak kecil yang tadi nguntilin langsung berhenti, gak ngikutin kita lagi.
“Minta duitnya dong, Boy. Boleh, gak?” kata orang yang tubuhnya sedikit tinggi dari kita. Nada suaranya sedikit lebih sopan dari yang tadi.
“Oh minta duit.” Ucap Kian santai.
Kian langsung ngelirik gue seperti ngasih kode. Dengan cepat gue ngeluarin duit dari kantong. Duit yang tadinya gue siapin buat ongkos naik metromini, langsung gue serahin ke dia. Setelahnya, orang itu pergi bareng anak-anak kecil tadi. Jumlah uangnya sih gak banyak, cuma dua ribu perak. Tapi caranya itu yang bikin gue gak ikhlas ngasinya. Akhirnya, kita pun selamat.
Pas di metromini menuju Cilincing gue tanya dia.
“Emang lu kenal, Beceng?”
“Beceng, Beceng siapa?” Kian kebingungan.
Gue juga bingung, “Loh, tadi yang lu sebutin itu siapa?”
“Ohh, Beceng itu. Itu gua asal nyebut aja.”
“Ahh dasar gila, Lu.” Ucap gue sedikit mikir. “Emangnya buat apa?”
Kian langsung jawab cepat. “Buat jatuhin mental dia. Nama Beceng kan kedengerannya serem.”
“Jatuhin mental, apa maksudnya.” pikir gue. Trus dia cerita semuanya.
“Sebenernya gue nyebut itu biar dia nyangka gue temennya salah satu preman di Cilincing. Dengan begitu, dia bakal sedikit segan minta duit ke kita. Pasti orang tadi rada-rada takut juga.” Terangnya.
“Ahh dasar orang Medan. Ada aja akal-akalannya.” Gumam gue dalam hati, trus gue ketawa gede di dalam metromini. “Ha… ha…” dan dia juga ikut ketawa kenceng. Sohib gue yang satu ini emang panjang akalnya.
Dari pengalaman itu gue akhirnya belajar, kalau lagi ngadepin kejadian serupa, gue harus tenang dan ngelakuin hal yang sama. Dan rupanya kejadian pemalakan kembali terjadi. tapi sayangnya gue sendirian.
Waktu itu gue baru aja pulang nguli di pabrik dan pengen berangkat ke kampus yang ada di bilangan Senen. Biasalah, walau gue buruh pabrik, tapi gue gak lupa untuk ngelanjutin pendidikan dengan biaya sendiri. Pas nyampe di terminal Tanjung Priok, gue langsung naek mobil patas 14 jurusan Tanah Abang yang lagi ngetem. Kebetulan waktu itu mobil masih relatif sepi dan gue duduk sendirian di bangku barisan tengah dekat jendela. Gak lama kemudian ada seseorang yang tiba-tiba duduk di samping gue. Dia duduk sambil ngebawa koran kriminal yang gambarnya ada mayat yang berdarah-darah. Dari tempat gue duduk, gue bisa lihat gambar itu dengan jelas. Anehnya kenapa nih orang duduk di samping gue sementara bangku lain masih banyak yang kosong. Ada dua kemungkinan dengan orang ini. Yang pertama dia ini gay yang ingin kenalan ama gue, yang ke dua dia berniat jahat. Dan rupanya kemungkinan yang ke dua itu yang terjadi.
“Mas, minta uangnya.” Ucap lelaki yang bawa koran itu. “Gua baru aja keluar dari penjara.” Sambungnya lagi.
Deg….!
“Sial, gue dipalak lagi.” Pikir gue. “Kenapa gue jadi apes gini sih. Apa salah aimmm ya Tuhan?”
Untungnya gue keinget dengan kejadian waktu itu. Dengan cepat gue buat diri ini setenang mungkin dan terlihat santai. Padahal hati gue grogi dan sedikit panik.
“Mau berapa?” tanya gue penuh pede. Gue sih berharap dia cuma minta goceng.
Dia natap gue tajam, matanya seperti mengintimidasi. “Gocap.”
“HAHHHHH...! Gocap, gile lu. Itu buat makan gue seminggu tauk.” Teriak gue dalem hati. Tapi gue diem aja sekalian mencari jalan keluar. “Kalau gue lompat jendela, gak mungkin. Jendelanya sempit. Kalau gue ngelawan takutnya dia bawa pisau. Kalau gue pura-pura jadi orang gila, gak mungkin. Pakaian gue aja lumayan rapih. Kalau gue pura-pura jadi patung, dia bakal grepe-grepe tubuh gue buat ngambil barang-barang yang gue bawa. Gimana ini?”
“Lu gak mau kan jadi korban seperti di koran ini.” Ucap dia sambil nunjukin koran “Lampu Biru” yang terkenal dengan berita-berita kriminal dan headline yang aneh terkesan bombastis.
Gue masih diem di tempat, ngelirik bentar gambar itu. Untungnya penumpang udah mulai banyak dan bus mulai berjalan. Pas bus jalan, gue berpikir buat ngelawan nih orang yang kebetulan ukuran badannya sepantaran dengan gue, dan usianya juga gak beda jauh.
“Kalu gue lawan, nih orang pasti habis kalo digebukin rame-rame ama penumpang.” Pikir gue. Tapi gue berpikir ulang. “Iya kalau penumpangnya mau bantuin, kalau kagak, gue yang habis.”
Akhirnya gue nyari jalan lain yang lebih aman dan sekaligus mencoba cara yang dulu pernah dipakai Kian.
“Kalau segitu gue gak ada. Kalau lu mau, nanti gue mintain ke abang gue Beceng, preman Plumpang.” Ucap gue bernada santai.
Mendengar nama itu sepertinya lelaki di samping gue rada bimbang. Kali ini justru dia yang diam. Tapi anehnya orang ini gak mau pergi dan tetep di samping gue sampai bus jalan meninggalkan terminal.
“Gimana, lu mau turun bareng gue di Plumpang?” tanya gue lagi memaksa.
Lelaki itu diem dan sedikit grogi karena penumpang udah mulai penuh pas mendekati daerah Plumpang.
“Gimana, ayuk kita turun bareng di sini. Tuh abang gue ada sama preman-preman itu.” Ucap gue lagi sambil nunjuk segerombolan abang-abangan yang lagi ngatur metromini yang ngetem. Orang di sebelah gue sepertinya ciut dengan omongan gue barusan.
“Ya udah deh gak usah.” Ucap dia lemes. “Makasih ya.” Trus dia turun waktu bus udah mau nyampe di pintu tol Plumpang.
Setelah orang itu turun, gue ketawa cekikikan sendiri di dalam bus. “Mau aja tuh orang gue bego-begoin.” Ternyata tips dari Kian manjur. Mueheehee…! Dan uang gue lima puluh ribu rupiah pun akhirnya selamat sentosa.
   Mungkin itu cuma kebetulan aja karena gue ketemu ama orang yang sepertinya masih amatiran. Kalau ketemu ama yang professional, mungkin badan gue udah penuh ama jahitan bekas tusukan.
Untuk menghindari kriminalitas di ibukota atau dimanapun kamu berada, usahakan untuk tidak memancing mereka dengan pakaian atau perhiasan yang kamu kenakan. Dan usahakan juga kalau duduk di bus, di angkot atau di kendaraan lainnya untuk gak duduk sendirian, apalagi duduk di pojokan, melamun sambil menatap jendela seperti anak alay yang lagi galau.
Tips selanjutnya pilih transportasi yang kira-kira aman kalau pas lagi pulang malem banget, semisalnya jasa ojek. Kenapa mesti ojek, menurut temen gue yang cewek, yang sering pulang malem, ojek itu lebih aman ketimbang naik angkot, bus atau taksi. Ojek itu selain bisa cepat sampai rumah, dia relatif lebih aman. Kalau semisal kamu mau diapa-apain ama tuh tukang ojek, tinggal copot aja helmnya trus getok aja palanya dari belakang pakai hak sepatu kamu. Kalau misalnya tuh tukang ojek mau bawa kamu kabur tinggal cekek aja lehernya atau tinggal teriak-teriak aja, gampang kan. Coba misalnya kamu naik angkot, gimana mau nyekek atau teriak-teriak. Kalau lompat dari jendela, pasti risikonya lebih tinggi. Jadi lebih baik kamu ngeluarin uang sedikit lebih mahal ketimbang kamu nanti diapa-apain di dalem angkot kaca gelap.
Satu lagi nih pesan gue, kalau kamu akhirnya kejambretan atau kecopetan juga di dalem alat transportasi yang sering kamu gunakan, jangan langsung panik, tetap diam dan tenang, trus cari polisi terdekat. Karena kalau kamu panik, kejadiannya bisa seperti yang menimpa sepupu gue. Kejadiannya waktu itu dia baru pulang dari kerja, pas di angkot, dia kecopetan. Namanya perempuan, dia langsung panik, trus keluar dari angkot yang masih jalan untuk ngejar tuh pencopet. Tapi sayangnya, pas dia mau turun, ada mobil yang ngehantam kepalanya dari samping. Beliau langsung gegar otak dan meninggal di rumah sakit beberapa jam kemudian.
Kejadian itu ngebuat keluarga kami langsung berduka. Kami gak menyangka cuma gara-gara hape yang seharga dua jutaan, nyawa salah satu dari keluarga akhirnya melayang. Jadi pesan gue, kalau pun kamu akhirnya kecopetan atau kejambretan, tetap tenang, lapor polisi. Kalau pun barang-barang kamu gak bisa balik, jadikan itu pelajaran berharga di hidup kamu. Harta bisa dicari, tapi nyawa gak bisa diganti.

Ingat, kejahatan itu bukan hanya karena ada niat tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah….. waspadalahh….. *kata bang Napi.

Leave a Reply