Ketika Cinta Menyapa


Ada yang pernah jatuh cinta? Atau mungkin sekarang lagi jatuh cinta. Oh senangnya, dunia pasti serasa milik kalian berdua. Jatuh cinta itu hal yang biasa, yang sering banget dirasain sama anak muda jaman sekarang. Dilirikin dari jarak jauh ama cowok ganteng aja udah jatuh cinta, dipinjemin buku pelajaran ama cewek cantik temen sekelas aja udah jatuh cinta. Gak sengaja kena bola basket aja langsung jatuh cinta ama anak basket. Duhh, dunia remaja itu emang sulit dimengerti ya.



Berkaitan dengan hal yang di atas, kali ini gue mau nulis sesuatu mengenai orang yang lagi kasmaran alias jatuh cinta, terutama bagi yang baru aja jadian. Tau sendiri kan, kalau orang baru jadian itu kek dia baru aja dapet durian runtuh, seakan-akan dirinya sendiri yang paling beruntung di dunia. Apalagi bagi yang jomblo akut, yang menjomblo dari jaman akun twitter Radityadika masih berfollower 1 orang, punya pacar itu udah berasa kek di surga. Boleh aja sih senengnya demikian, tapi ya jangan terlalu seperti itu, sebab jika pada kenyataan besok atau lusa kalian putus di tengah jalan gimana, pasti berasa sakit banget kan. Sakitnya tuh pasti seperti jerawat batu yang nongol di puncak hidung.

Melihat fenomena anak muda yang sedang jatuh cinta, gue pun akhirnya memutuskan untuk meneliti tingkah laku mereka, baik itu tingkah laku di dunia nyata maupun di duni maya, terkadang juga sedikit di dunia ghaib melalui penerawangan mata bathin #halahh. Metode yang gue pilih dalam penelitian ini adalah Random Korelasional Komperatif yang artinya gue aja gak tau. Maklum sih, waktu pelajaran metode penelitian di bangku kuliah, gue jarang masuk kelas. Ya setidaknya, ada metode yang gue sebutin biar penelitian ini terkesan bisa dipertanggungjawabkan #gitu.

Ada banyak hal-hal yang dilakuin sama orang-orang yang baru aja jatuh cinta yang bikin gue geleng-geleng kepala sambil nyebut “Astaghfirullah…!” Mungkin beberapa orang menganggapnya biasa, tapi bagi gue itu LUARRR BIASAAA…..! (Awas jomblo lagi sewot). Bisa jadi salah satu yang akan gue jabarin di sini sering kalian atau temen kalian lakukan. Apa itu, yuk diperhatikan baik-baik, secara seksama, dengan serius, jangan becanda.

1.      Telponan Ampe Pagi



Gue pribadi masih gak ngerti ama orang yang bisa telponan ama pacar ampe pagi. Padahal dia mulai telpon dari jam 7 pagi sampai ketemu pagi lagi. Udah kek pangangguran aja. Kalau boleh ngaku, gue ini orang yang paling gak bisa ngomong lama-lama di telepon, selain karena gak punya pulsa yang banyak, gue juga gak punya bahan pembicaraan yang banyak.

Tapi berbeda dengan mereka yang sedang jatuh cinta, selalu aja ada bahan pembicaraan, mulai dari kucing tetangga yang hamil, ampe pembantu tetangga yang udah punya gebetan baru, ya seperti yang dilakuin Samiun, temen gue ini pas dia punya pacar baru. Waktu itu gue nginep di tempat dia. Kebetulan Samiun lagi jatuh cinta sama pujaan hatinya, anak pemilik kontrakan yang rumahnya cuma lima langkah, pas lah sama lagu “Pacar Lima Langkah”. Namanya Nita, tapi nama panjangnya bukan Granita Cappucino ya. Gue yang niatnya nginep di kontrakannya untuk nemenin dia ngobrol pas malem minggu, eh malah dicuekin. Samiun asyik telponan ama pacar barunya sementara gue sibuk ngobrol ama pantat panci yang digantung di tembok dapur #hikss.

Waktu gue mau tidur, gue iseng-iseng dengerin obrolan dia. Awalnya sih obrolannya standar banget, nanya apa kabar, padahal baru aja tadi jam 11 malem mereka ketemuan. Udah gitu Samiun nanya lagi, “Udah makan?” padahal mereka tadi baru aja makan bareng di warung pecel lele di pinggir jalan. Abis itu Si Samiun nanya lagi, “Lagi ngapain?” padahal jelas-jelas si Nita lagi teleponan sama dia. Mendengar obrolan itu, gue ngerasa geli banget, seperti tengkuk ditemplokin kecoa. Karena kesel, gue pun nyeletuk, “Gak sekalian nanya kapan dikuburnya?”.
Obrolan itu terus berlanjut, mereka bercanda, ketawa-ketawa sambil cekikikan. Tanpa sadar gue pun terus mantengin obrolan mereka kek pendengar setia radio yang lagi nyiarin serial drama Brama Kumbara. Hingga akhirnya gak berasa udah jam dua pagi dan mereka masih ngobrol. Emang sih mereka sepertinya udah gak semangat gitu. Mungkin karena ngantuk. Ujung-ujungnya mereka mencoba mengakhiri obrolannya.
Samiun     : Eh beib, udahan dulu ya. Aku ngantuk nih.
Nita          : Iya sayang, aku juga.
Samiun     : Ya udah, kamu duluan ya yang matiin hapenya.
Nita          : Kamu dulu dong, Say.
Samiun     : Kamu dulu.
Nita          : Ihhh, kamu dulu dong.
Samiun     : Kamu aja ya.
Nita          : Enggak, kamu dulu.
Begitu seterusnya, dan tanpa mereka sadari matahari udah muncul dari timur sementara gue ikutan nyimak sampai gak tidur-tidur.

2.      Masang Profil Picture Lagi Berdua



Ah kalau yang ini sih udah pasti banyak orang yang ngelakuin. Di mana-mana dia pasang PP lagi berdua. Entah itu di twitter, di path, di facebook, di instagram, di tiang listrik, di tembok rumah orang, pokoknya di mana aja yang ada ruang kosong pasti dipasang foto mereka berdua. Mereka ini orang yang lagi pacaran apa caleg yang lagi kampanye sih?. Foto mereka biasanya lagi berdua, difoto make tongsis, terus bibir dimonyong-monyongin biar dibilang mereka mirip. Kalau udah bosen pasang foto berdua, mereka biasanya masang foto pacar yang lagi sendirian. Kalau ini juga udah bosen, biasanya mereka masang gambar yang kembaran, entah itu meme atau kalimat motivasi cinta dan ini kadang bikin kita pusing liatnya. Intinya sih, yang penting mereka kelihatan kompak, biar dibilang sehati.
Mungkin bentuk kealayan seseorang sudah berubah seiring berjalannya waktu. Karena udah jarang anak alay yang nulis k3k G1n1 maka sekarang anak alay bisa dilihat dari profil picturenya di sosmed.

3.      Pakai Kaos Couple



Pernah gak sih kamu pas lagi jalan ke mall ketemu anak kecil yang bajunya kembar terus mukanya juga kembar, ih pasti lucu abizzzz...!. Nah pernah juga gak kamu ketemu sama orang yang bajunya kembaran sama kita, padahal dia sama kita gak kembar dan gak kenal sama sekali. Kalau pernah, pasti malunya minta ampun, tengsin abizzzz...!. Bawaannya muka pengen langsung diumpetin di ketek, dan pas nyampe rumah bajunya pengen banget dirobek-robek. Gimana gak kesel coba kalau pakaian yang kita anggap udah paling keren dan bikin kita lebih percaya diri eh ternyata ada yang nyamain. Tapi untuk mereka yang sedang jatuh cinta, memakai baju kembaran itu suatu yang lumrah, sesuatu yang justru membuat mereka berbeda dengan pasangan yang lain. Walau yang satu kulitnya putih seperti susu, yang satunya lagi kulitnya hitam kulit manggis, mereka tetap pede untuk terlihat kembaran. Mereka biasanya jalan berdua sambil gandengan tangan ke mana-mana. Udah gitu kalau gandengan tangan kadang gak merhatiin orang-orang di sekitarnya, yang ada mereka kalau jalan sering ngalangin orang lain yang mau lewat.

4.      Selalu Ngomongin Pacar



Ini nih yang bikin banyak jomblo males temenan ama temen yang baru aja punya pacar. Bukannya apa-apa, mereka tiap hari, tiap waktu, tiap detik, yang diomongin pacarnya terus. Kalau lagi ngobrol di angkot tiba-tiba dia ngomongin pacarnya, pas lagi kerja kelompok dia tiba-tiba ngomongin pacarnya, pas lagi telpon-telponan eh dia mengalihkan pembicaraan ke soal pacarnya, pas lagi benerin genteng, eh dia juga ngomongin pacarnya. Duhh banget kan? Padahal yang punya pacar kan gak cuma dia aja, gue juga punya pacar keleusss, tapi udah lama putus sik. 

5.      Update Status Terus


Sekarang itu zamannya media sosial, dan hampir setiap anak muda di muka bumi ini punya sosial media. Gak heran deh kalau lewat media sosial kita bisa mengetahui seseorang itu sedang apa, sedang ke mana bahkan sedang merasakan apa. Begitu juga bagi yang baru aja punya pacar, kita bakal mudah mengetahuinya lewat status media sosial yang dia punya, baik itu di twitter, facebook, path, instagram, dll. Ya ini dia yang sering banget dilakuin ama orang yang baru aja jatuh cinta. Statusnya bakal berganti setiap sepersekian detik. Di setiap media sosial yang dia punya bakal updet status yang sama. Belum lagi statusnya itu biasanya mengarah ke seseorang yang baru aja dicintainya. Gak cuma itu, biasanya mereka sering banget kelihatan sedang mensen-mensenan di TL, komen-komenan di facebook, mengumbar kemesraan seolah-olah gak peduli sama perasaan jomblo yang ada di sekitarnya. Gak sedikit dari status seseorang itu kita bisa tahu kalau mereka sedang jatuh cinta, tapi dari statusnya itu pula kita bisa tau kalau dia udah putusan.

Nah itu tadi kebiasaan yang sering dilakuin sama orang yang ketika cinta sedang menyapanya. Dan gue rasa, beberapa di antaranya sering banget kalian lihat di kehidupan sehari-hari atau bahkan itu yang kalian lakuin kalau pas sedang jatuh cinta. Oke deh, segitu aja dulu tulisan dari gue kali ini, semoga suka, semoga senang. Sampai ketemu di tulisan berikutnya. Bye~

Leave a Reply