Tips Menghadapi Ujian


Haeee, ketemu lagi nih sama gue Oblong yang kali ini akan ngebahas hal yang sangat serius, tentang hubungan kita selama ini #ehh. Bukan itu ding, maksud gue, kali ini gue mau ngebahas mengenai caranya bisa melewati ujian dengan lancar dan tentunya hasilnya bisa memuaskan.
Tulisan ini gue tujukan buat kamu yang bentar lagi menghadapi Ujian Nasional, atau ujian-ujian lainnya. Hanya saja ini gak berlaku buat kamu yang bakal ikut ujian calon menantu oleh kedua orangtua pacar. Oh iya, tulisan ini gue buat berdasarkan hasil pengalaman pribadi selama ini dan juga melihat-lihat kebiasaan temen waktu masih sekolah dulu. Dan semoga aja tulisan ini bisa menginspirasi kamu-kamu yang masih sekolah untuk bisa mempraktekkannya biar bisa mendapatkan nilai yang diharapkan. Jadi keinget sama pepatah yang bilang gini, “Kalau di sekolah, kita belajar lalu diuji. Tapi di kehidupan nyata kita diuji kemudian kita belajar.” Yuk lanjut bacanya.

1.      Atur Jadwal


Untuk hal pertama yang harus dilakuin bagi kamu yang akan menghadapi ujian, baik itu Ujian Nasional ataupun ujian kenaikan tingkat, yang pertama kali adalah membuat jadwal belajar. Jadwal belajar bisa kamu atur sesuai dengan kebiasaan kamu. Pilih waktu-waktu tertentu yang sekiranya nyaman dan bisa buat kamu fokus belajar. Misalnya kamu suka belajar setelah pulang sekolah, atau pada saat subuh. Cari juga tempat belajar favorit kamu, misalnya, di ruang tamu, di dapur, di kamar mandi, di atas genteng, di toilet umum, dll. Pokoknya pilih waktu dan tempat yang bikin kamu nyaman buat belajar. Bukan hanya itu, buat juga suasana agar sesuai dengan selera kamu. Misalnya memutar musik klasik untuk menemani kamu belajar, menyewa topeng monyet supaya kamu semangat untuk belajar atau pasang foto mantan biar kamu bisa termotivasi belajar giat dan menunjukkan kepadanya bahwa dia salah telah mutusin kamu.
Kalau dulu gue sendiri biasanya belajar itu malam sebelum tidur dan pagi sehabis shalat subuh. Belajarnya juga hanya di kamar aja sambil ditemenin radio kesayangan. Maklum waktu masih sekolah dulu gue kere, belum punya komputer, mini compo juga gak punya. Sementara sore biasanya gue main ke tempat temen atau santai-santai di rumah aja, menenangkan pikiran karena sudah belajar di sekolah. Kebanyakan orang gagal belajar karena dia gak punya jadwal. Mereka gak punya skala prioritas, sehingga gak tau kapan waktunya belajar kapan waktunya main.

2.      Fokus dan Disiplin Belajar


Kalau sudah punya jadwal waktu belajar, ya harus disiplin. Kebanyakan dari kita kan kalau udah waktunya belajar, buku udah kebuka, eh ada bbm masuk, temen ngajak chat, eh akhirnya waktu 2 jam buat belajar habis hanya untuk ngobrolin hal-hal yang gak jelas. Sekarang ini jamannya media sosial. Internet udah ada di genggaman kita, selain bisa buat tambah ilmu tapi hal ini juga bisa menghambat. Dengan adanya hape canggih di tangan kita, maka dengan mudahnya membuat kita terpancing untuk berlama-lama di dunia maya, entah itu buka facebook, twitter, baca blog dsb. Gue sendiri aja kalau lagi fokus nulis sering juga tergoda sama bunyi “tring..!” di hape, padahal gue tau banget kalau itu hanya BC yang isinya “Sebarkan BC ini maka batre hape kamu akan terisi penuh.” Gue itu jomblo, dan gak akan pernah dapet kiriman SMS ucapan dari pacar.
Kadang juga kalau gue lagi nyari sebuah materi buat ditulis, kemudian browsing di internet, bisa gak sengaja tersesat di media sosial, menghabiskan waktu berjam-jam di sana, hasilnya sudah bisa dipastikan gue bakal gagal nulis deh. Haduuh pusing pala barbie.
Kadang gue merasa kasihan juga sama anak-anak jaman sekarang. Punya banyak fasilitas tapi malah bikin mereka gak bisa fokus. Jadi pinter-pinter aja memanfaatkan apa yang kamu punya. Fokus dan disiplin belajar itu harus jadi hal yang utama.

3.      Jaga Kondisi Tubuh


Kalau belajar sudah terbiasa di waktu-waktu yang sudah ditentukan, yang harus kalian lakukan adalah menjaga kondisi tubuh. Apa aja yang bisa bikin kondisi tubuh bisa ambruk? Pertama pola makan dan jenis makanan yang kamu makan. Yang kedua istirahat yang gak cukup. Ketiga adalah mikirin mantan. Sebab buat apa kamu belajar giat tiap malem sampai dini hari, lupa tidur dan kurang istirahat, makannya pun mie instan terus. Pas di hari ujian, kamu diopname selama sebulan. Sedih kan?!
Dari kebanyakan temen gue yang melakukan sistem kebut semalam, hasilnya gak ada yang maksimal, malahan nilai-nilainya drop semua. Di saat ujian, gue sering sedih ngeliat mereka yang terus nguap-nguap di dalam kelas, kek ikan mas koki jomblo di dalam toples bekas rengginang. Karena kecapean belajar ampe pagi mereka pun gak bisa konsentrasi buat ngejawab soal-soalnya. Semua pelajaran yang coba dihapalnya sejak semalam akan hilang semua karena kelelahan.
Sekarang itu udah gak jamannya belajar pakai cara SKS (Sistem Kebut Semalam). Sekarang jamannya belajar pakai cara SBS (Sistem Belajar Santai) Belajar sehari 2 jam saja tapi rutin dilakukan setiap hari.

4.      Review


Kalau penjelasan di poin 1-3 itu ngebahas tentang apa yang bagusnya dilakuin saat pra ujian, di poin 4 dan seterusnya gue bakal ngebahas saat mulai ujian. Kalau kamu sudah belajar, paginya saat sebelum berangkat ke sekolah, kamu bisa review sedikit mengenai apa yang sudah kamu pelajari. Cukup baca cepat aja untuk mengingat-ingat kembali atas apa yang sudah kamu pelajari selama ini. Hal ini bisa membuat ingatan kamu semakin kuat. Biasanya kalau kamu paham akan suatu materi, maka kamu akan ingat dalam jangka waktu yang lama. Berbeda jika kamu belajar hanya dengan sistem menghafal, dan itu dilakukan hanya dalam satu malam. Sudah dipastikan apa yang dipelajari akan cepat lupa. Karena ilmu yang didapatkan itu tidak mengendap di dalam otak.

5.      Siapkan Mental


Mental itu sangat penting saat kita mau menghadapi ujian, seberapa pun banyaknya materi yang kamu pelajari, akan sulit untuk diingat kembali jika mental kamu turun. Kenapa mental bisa turun, biasanya sih karena kurang belajar, gak yakin sama diri sendiri, takut gagal yang berlebihan. Kalau sudah begini, yang rugi ya kamu sendiri. Tapi kalau kamu sudah belajar tekun, sudah belajar dari jauh-jauh hari, biasanya mental kamu akan tumbuh dengan sendirinya. Kamu bakal yakin bisa melewati semuanya.
Ini hanya masalah mindset aja kok. Banyak dari kita menganggap ujian itu momok yang menakutkan. Lalu kenapa gak kita rubah cara pandang kita melihat ujian. Coba ujian kita anggap sebagai teman yang akan menunjukkan seberapa jauh kemampuan kita, teman yang akan memperlihatkan sudah seberapa banyak ilmu yang kita serap, maka ujian akan dirasakan begitu menyenangkan.

6.      Rileks


Pada saat ujian, datanglah lebih awal dari biasanya. Kenapa harus begitu, biar kamu bisa tenang dan rileks saat mengerjakan soal. Coba bayangin kalau kamu bangun kesiangan, terus kejebak macet di jalan, pas udah sampai di sekolah, temen-temen kamu udah mulai mengerjakan soal-soalnya. Kebayang deh, kamu bakal panik, gak fokus dan kamu bisa gugup dalam mengerjakan soal-soal ujian. Jangan biarkan hasil belajar kamu selama ini rusak hanya gara-gara telat bangun. Kalau kamu sudah datang lebih awal, kamu bisa santai-santai menikmati waktu.
Ketika di kelas, usahakan kondisi tubuh kamu rileks. Duduk dengan posisi ternyaman. Pikirkan hal-hal yang membuat kamu bahagia, misalnya setelah kelar ujian, aku mau makan nasi padang ah. Setelah kelar ujian aku mau putusin si Doni ah, dia tuh suka banget selingkuhin aku. Kalau aku putus sama dia, aku pasti akan jadi jomblo yang paling bahagia sedunia. Kelar ujian aku mau tidur seharian ah. Pokoknya pikirkan hal-hal yang bisa membuatmu bahagia. Setelah soal ada di depan kamu maka pikiran kamu akan menjadi tenang dan rileks.

7.      Berdoa


Gue yakin banyak di antara kalian pas mau ujian berdoanya khusyuk banget, bahkan ada yang nginep di masjid, berdoa agar bisa menjawab soal-soal ujian. Biasanya isi doanya seperti ini, “Ya Tuhan, berikanlah aku kemampuan untuk bisa menjawab soal-soal itu dengan benar. Kalau jawabanku benar maka nilaiku akan bagus. Dengan begitu aku bisa membahagiakan kedua orangtuaku.” Doanya sih bagus, tapi kalau gak dibarengi dengan belajar, gimana bisa ngejawab soal-soal dengan benar. Saran gue sih, kalau mau berdoa cukup ini aja, “Ya Tuhan, berikan aku ketenangan dalam menjawab soal-soal ini.” Kenapa berdoanya seperti itu? Karena gue yakin banget, Tuhan akan ngasih yang terbaik kalau kita sudah melakukan yang terbaik juga.

8.      Percaya Pada Diri Sendiri


Apa sih yang terjadi kalau kita gak percaya sama diri sendiri, ya pastinya kamu bakal kebingungan pas ngerjain soal. Fokus kamu bisa berubah, dari fokus buat ngerjain soalnya, berganti fokus menjadi gimana caranya bisa dapet contekan dari temen sebelah. Yang ada nantinya kamu bakal clingak-clinguk, gelisah. Kalau kamu lagi apes, bisa-bisa kamu ketahuan pengawas dan disuruh keluar ruangan ujian. Duh, jangan sampai deh.

9.      Nikmati Prosesnya


Pada saat mengisi soal, nikmati prosesnya, seolah-olah kamu sedang menikmati makanan kesukaan kamu. Baca soalnya pelan-pelan, teliti dan seksama. Jangan terpancing untuk melihat hasil jawaban orang di sebelah kamu. Fokus saja sama soal dan jawaban yang kamu yakini. Toh buat apa dapat nilai bagus kalau hasil nyontek temen sebelah. Dan gak perlu buru-buru keluar ruang ujian, baca ulang soal-soal sampai kamu benar-benar yakin dengan semua jawaban itu.


Ya, sepertinya itu saja apa yang bisa gue sharing pada kesempatan ini. Semoga aja kalian yang akan menghadapi ujian bisa melewatinya dengan baik. Kalau sekiranya tulisan ini bermanfaat, silakan share ke temen-temennya ya. Bye~

Gambar : Kompasiana,com, republika.com, dakwatuna.com.

One Response so far.

  1. Unknown says:

    Ini berlaku buat ujian hidup juga, kak?
    Ujian sekolah aja ada remedial, masa mencintai si dia nggak ada? Hmmm :p

Leave a Reply