Ciri-ciri Temen Yang Gak Asyik


Temen, setiap orang pasti punya temen. Mahluk ini banyak jenisnya, ada yang baiknya di awal tapi ngeselin di belakang. Ada yang ngeselin di awal tapi baik di belakang, ada juga yang ngeselin di awal dan terus ngeselin sampai di belakang, tapi ada juga yang baik di awal dan terus baik hingga di belakang. Ada yang ngeselin tapi juga ngangenin, ada yang nongol pas lagi gak diharepin kemudian menghilang ketika diharepin. Tapi di antara semua mahluk yang bernama temen, ada satu yang ngeselin yaitu temen yang suka makan temen.
Sebagai manusia sosial, udah pasti kita gak lepas dari yang namanya temen. Seiring bertambahnya usia maka bertambah pula teman kita. Temen bisa didapat dari mana saja, dan dikelompokkan menjadi beberapa bagian. Ada temen satu gangan, temen satu sekolah, temen satu kerja, temen media sosial, dan kita temenan aja ya, kamu terlalu baik sih buat aku. #lohh


Dan dari yang namanya proses pertemanan bertahun-tahun, kita bisa tahu sifat-sifat seseorang karena seringnya bergaul dengan mereka. Di kesempatan kali ini gue mau ngebahas tentang temen-temen yang gak asyik, yang suka ngeselin dan terkadang ngebetein.  Semua ini berdasarkan pengalaman yang pernah gue temuin, jadi jangan protes ya kalau ada di antaranya yang gak sesuai dengan pendapat kamu. Suka-suka yang nulis lah. Oke yuk mari, kita mulai.

1.      Suka Telat

Yang pertama-tama gue mau bahas tentang temen yang hobinya telat, suka ngaret, janjiannya jam berapa eh datengnya jam berapa. Janjinya mau dateng ke rumah jam 2 siang buat ngerjain tugas bareng temen-temen, eh si dia malah dateng jam 7 malem ketika tugas-tugas udah pada kelar, dan dia dengan santainya terima bersih. Udah gitu seperti gak punya dosa, gak minta maaf, malah si dia ngasih-ngasih alasan yang gak jelas, alasannya seperti lagi nemenin kucing lahiran, habis bantuin tetangga buat benerin gentengnya, habis jalanan macet parah gara-gara Si Komo lewat, dsb. Kesel kan kalau punya temen yang suka telat, kalau telatnya sekali dua kali sih masih bisa dimaklumi, tapi kalau telatnya sering sih ini namanya minta dijutekin rame-rame.

2.      Suka Nyuruh-Nyuruh


Tipe temen kek gini biasanya dia suka bossy kalau pas lagi ngumpul bareng. Orangnya ngeselin banget karena kerjaannya nyuruh-nyuruh mulu udah kek majikan. Kalau lagi kerja kelompok si dia suka banget ngebagi tugas untuk temen-temennya sementara setelah tugas sudah dibagi, eh si dia malah nyantai gak ikut ngerjain tugas, malahan dia asyik sendirian di pojokan sambil mainin Get Rich di hapenya. Temen kek gini biasanya adalah anak manja yang kalau lagi di rumahnya apa-apa kudu harus diambilin. Misalnya mau makan harus diambilin pembantu, disuapin juga ama pembantu. Dia juga kalau mandi maunya dimandiin, disabunin, disamphoin, padahal anuannya udah penuh dengan bulu.
Hati-hati kalau kamu punya temen kek gini, bisa-bisa pas dia laper kepengen makan nasi Padang, kalian disuruhnya ke Padang buat beli nasi doang.

3.      Suka Gak Mau Kalah


Repot juga sih kalau punya temen yang gak mau kalah. Apa-apa yang sedang kita perdebatkan dia selalu saja tampil sebagai orang yang merasa paling bener. Kalau lagi rapat mengenai sesuatu, dia bakal ngotot mengajukan pendapatnya, seringnya dia malah gak menghargai pendapat orang lain. Orang kek gini ngeselin banget karena sifat egoisnya yang tinggi. Kalau kita pinter dia merasa dirinya yang lebih pinter. Kalau kita ganteng, dia ngakunya malah lebih ganteng, kalau kita baru aja keserempet motor eh dia ngakunya baru aja diserempet mobil kontainer.
Sama seperti temen gue yang namanya Udin. Udin ini orang yang maunya menang terus, pokoknya gak ada kamus kalah di dirinya. Pernah suatu waktu Udin bertemu temannya yang bernama Dirno. Temennya ini baru aja dapet motor dari hadiah ciki-ciki.
Dirno  : “Eh, Din. Liat dong ini, gue dapet motor dari hadiah ciki-ciki.”
Udin   : “Ya, elo. Udah kek orang susah aja. Gue aja yang sering dapet SMS yang isinya bahwa gue dapet undian mobil gratis gak pernah gue ambil.”
Dirno  : -____-
Emang ya, punya temen yang gak mau kalah itu ngeselin banget. Pokoknya ada aja cara dia ngeles buat ngalahin kita. Biasanya juga, orang jenis ini kalau ngomong ketinggian, saking tingginya dia bicara kita kudu naik di meja biar bisa ngimbangin omongannya. Yang bikin capek temenan ama orang yang ngomongnya tinggi banget adalah, kita harus kuat sabar, kuat iman biar gak terjadi kekerasan dalam pertemanan.

4.      Suka Menghilang


Punya temen yang seperti ninja? Suka ngilang mendadak entah kemana, tapi bisa tiba-tiba nongol di depan kita kalau lagi ada maunya. Orang kek gini akan dateng kalau lagi butuh, tapi pergi entah ke mana kalau lagi seneng. Persislah seperti jelangkung yang datang gak diundang, tapi pulang minta ongkos. Yang namanya temen harusnya suka maupun duka kudu tetap bersama. Jangan pas kita lagi suka, lagi banyak uang, lagi seneng-senengnya nraktir temen-temen, eh ujuk-ujuk dia nongol. Giliran kita lagi berduka karena dompet udah kosong, di rumah cuma bisanya makan mie instan, yang satu bungkus harus dibagi dua, separuh buat pagi, sisanya buat malem, eh dianya menghilang, lenyap bak ditelan bumi. “Di situ kadang saya merasa sedih.”

5.      Suka Ngutang, Males Bayar


Ih semoga ini gak terjadi deh sama kamu, punya temen yang suka ngutang tapi males bayar. Ada temen gue yang beberapa kali ngutang tapi bayarnya males. Kalau ditanya, “Eh utang lo yang 20rb kapan dibayar? Gue lagi butuh uang nih buat beli mi instan stok seminggu.” Seketika dia diem dan memasang tampang wajah memelas. “Duh, aku lagi gak punya uang. Usaha melihara tuyul milik ayahku lagi bangkrut, jadi aku gak dapet kiriman uang. Siang ini aja aku bingung mau makan apa karena uangku habis. Aku bayarnya bulan depan ya.” Abis dia ngomong gitu, siangnya dia jalan sendirian ke mall, belanja-belanja terus mampir makan di keepcih. Bangke banget, kan?!
Emang paling ngeselih deh orang yang jenis satu ini. Rajin ngutang tapi males bayar. Orang kek gini biasanya orang yang suka senang-senang, mementingkan dirinya sendiri ketimbang orang lain. Jadi jangan pernah tertipu lagi ama tampang melasnya kalau lagi ngemis-ngemis mau minjem uang. Gue pernah punya pengalaman, uang dipinjem sodara, padahal uang itu niatnya buat bayar semester tiga bulan ke depan. Katanya sih mau dibalikin dua minggu kemudian, tapi nyatanya pas tagihan uang semester datang, uang itu gak ballik. Terpaksa deh gue ngutang sana-sini ke rentenir di pabrik biar bisa bayar kuliah. Dan nasib uang gue itu gak balik sampai hari ini.
Oh iya, pesen aja nih buat temen-temen, kalau mau minjemin uang jangan terlalu ngarepin buat balik deh. Kalau takut uangnya gak balik, mending gak usah minjemin. Gue udah sering banget sih minjemin uang tapi ujung-ujungnya gak balik. Cewdih :’). Gue sih mikirnya simple aja, uang yang dihutangin itu pasti bakal balik, tapi dengan cara yang lain.

Dari tulisan gue di atas, kalian bisa menilai temen-temen yang kamu punya. Tapi jangan temen aja yang dinilai, diri kita juga, karena kita juga kan adalah temen dari orang lain. Kalau dari penjelasan gue di atas ada yang sering kalian lakuin, coba deh dirubah, gak usah dirubah drastis, dikit-dikit aja dulu, nanti lama kelamaan bisa kok. Kalau semua itu bisa dirubah maka temen pun akan senang.

Yapzz, sekian lagi tulisan singkat gue kali ini. Sampai ketemu di tulisan berikutnya. Bye~

Pict : memegen.com, mobavatar.com

Leave a Reply