Tips Menolak Pacaran


Belakangan ini gue agak miris ngelihat anak-anak jaman sekarang yang kecil-kecil udah pacaran, udah mesra-mesraan di depan umum. Masih kecil aja udah pacaran, gue aja yang udah gede gak pacaran. Hihhh…! Mau jadi apa kalian kalau udah gede nanti?! Kezel…! K
Gimana gak miris coba kalau ngelihat mereka masih kecil udah suka jalan bareng, gandengan tangan, terus buat status cinta di media sosial, pake gambar-gambar love lagi, hueksss. Dek, dek, kakak aja yang udah segini tuanya masih aja jomblo. Kamu gak kasihan sama kita-kita yang STMJ (Sudah Tua Masih Jomblo). Kalian tega ya mempertontonkan kemesraan itu di depan kami semua. Hiksss..! L
Beberapa kali saat gue keluar rumah dan ngelewatin taman, pasti aja ketemu anak sekolah yang masih pakai baju esempe mojok di bawah pohon, berduaan seolah-olah taman itu milik mereka berdua. Mereka terus mengumbar kemesraan tanpa ada rasa risih dilihatin ama orang-orang yang lewat. Itu yang gue lihat langsung, belum lagi dengan kabar yang gue baca di media online, malah ada anak-anak SD yang sudah pacaran layaknya orang dewasa. Oh my god…! Sebegitu cepatnya kah pertumbuhan anak-anak jaman sekarang.
Padahal pacaran itu kan gak segampang itu. Yang namanya pacaran butuh biaya, butuh uang buat beli hadiah kalo pas ultah, butuh uang untuk beli cokelat pas valentine, butuh uang supaya bisa ngajak pacar nonton di bioskop atau makan di kafe.  Lah, terus yang jadi pertanyaannya adalah mereka dapet uang dari mana?! Hasil ngepet? Hasil malak temen sekolah? Habis dapet warisan? Tapi sepertinya sih kebanyakan mereka dapet uang dari hasil minta ke orangtua. Kemungkinan mereka dapet uang buat nraktir pacar dari sisa uang saku, namun gak sedikit yang rela ngebohong ke orangtua buat dapetin uang lebih biar bisa nraktir pacar. Alesan minta uang biasanya buat bayar SPP, bayar buku LKS, bayar uang kebersihan, bayar uang sampah, bayar uang siskamling, bayar iuran ibu-ibu PKK, pokoknya iuran apa aja yang bisa dijadiin alasan.


Menurut gue, banyak penyebab kenapa semua itu bisa terjadi, di antara penyebabnya adalah tontonan televisi yang tidak mendidik, lingkungan sekitar tempat tinggalnya, media internet yang tidak terkontrol. Contohnya aja televisi, sekarang berapa banyak sih tontonan buat anak-anak? Bisa dihitung dengan jari. Berapa banyak sih sinetron yang mendidik, hampir gak ada. Yang ada hanya mengedepankan percintaan remaja yang dibalut dengan tema-tema gak jelas, seperti Ganteng-Ganteng Sering Galau. Gue bingung, nilai moral dari sinetron itu apa cobak?! Selain cuma ngajarin gimana caranya jadi manusia serigala yang baik dan benar. Pada akhirnya mental anak-anak sekarang pun rusak karena tontonan di televisi.
Pacaran itu gak sesimpel apa yang ada dipikiran mereka. Lirik-lirikan, jatuh cinta pada pandangan pertama, ngajak kenalan, kemudian besoknya jadian. Pacaran itu gak segampang jadian, terus jalan bareng, seneng-seneng, kemudian kalau bosen putus gitu aja. Ngucapin cinta itu emang harus benar-benar dari dalam hati, bukan cinta yang ada di bibir doang.  Pacaran itu harus dimulai dari kenalan, penjajakan dengan cara rutin ketemu sambil ngobrol-ngobrol biar lebih kenal satu sama lain, jika dirasa cocok maka akan muncul benih-benih cinta di sana, kemudian barulah mengungkapkan perasaan, dan bila diterima maka bisa berlanjut ke tingkat hubungan selanjutnya, pernikahan.
Mungkin ada sebagian kalian yang mengatakan, duh ribet amet sih kalau pacaran model begitu. Pacaran kan cuma untuk seneng-seneng aja. Iya sih, gue juga ngerti kalau pacaran itu buat seneng-seneng, masa iya pacaran buat bikin sengsara, siapa yang mau?! Eh tapi, ada juga sih orang yang niatnya pacaran biar bisa seneng-seneng tapi malah dibuat sengsara ama pacarnya, #ehhh.
Menurut gue mah yang harus diperhatiin bahwa pacaran itu gak boleh hanya sekedar pacar-pacaran aja, atau pacaran hanya karena gak mau diledekin jomblo ama temen-temennya. Pacaran itu harus tulus dari dalam hati, biar pacarannya sehat, biar bisa terus berada di jalan yang lurus hingga ke jenjang pernikahan. Ya mungkin ini yang ngebedain jalan pikiran orang dewasa dengan remaja. Kalau orang dewasa pasti mikirnya jauh ke depan, saking jauhnya akhirnya mereka lama dalam mendapatkan pacar, hikss…!. Tapi it’s okay, karena orang dewasa mikirnya gak hanya pacaran, tapi memikirkan tentang pernikahan juga. Orang dewasa lebih suka lama memilih asal dapat pacar yang benar, ketimbang cepat tapi dapetin orang yang salah. Tapi lebih bagus sih gak usah pake acara pacaran, langsung nikah aja. Seperti orang-orang jaman dulu yang dijodohin, dan hasilnya kebanyakan pernikahan mereka bisa langgeng ampe sekarang.
Di luar semua kemirisan itu, untungnya gak semua anak-anak dan remaja mau pacaran di usia dini. Ada mereka yang lebih memilih untuk fokus ke pendidikan ketimbang sibuk-sibuk pacaran. Mereka biasanya lebih suka membahagiakan orangtuanya lebih dulu ketimbang orang lain. Nah buat kamu yang memilih gak mau pacaran dulu tapi ada cowok yang mau nembak, dan kamu bingung cara nolaknya gimana biar si dia gak sakit hati, maka kamu bisa kasih alasan-alasan yang udah gue intisarikan di bawah ini. Yuk disimak.

1.      Orangtua Galak


Kalau ada cowok yang suka ama kamu, terus dia ngasih kode-kode, cuekin aja, tungguin apakah tuh cowok berani ngomong cinta apa enggak. Kalau dia gak ngutarain perasaannya dan terus-terusan ngasih kode, berarti kamu aman. Cuekin aja orang kek begitu, ntar dia bakal nyerah lalu mundur secara teratur. Tapi kalau si dia ternyata ngucapin cinta maka kamu bisa kasih alasan pertama ini buat menolaknya, coba bilang ke dia kalau orangtua kamu galak. “Eh bapak aku galak loh. Bapakku sering marah-marah gak jelas gitu, kadang dia marah karena kucing tetangga masuk ke rumah tanpa ngucapin ‘Assalamualaikum’, kadang juga dia marah kalau anak-anaknya masuk rumah lewat plafon, tapi yang lebih bikin dia marah kalau ngeliat wajah orang yang ngeselin seperti kamu, duh dia bakal marah besar. Kemarin debt kolektor yang mukanya mirip kamu nagih hutang ke rumah aja kabur tunggang-langgang. Kalau kamu mau pacaran ama aku, coba deh main ke rumah, gak usah ngucapin ‘Assalamualaikum’ terus masuknya lewat plafon sambil nunjukin muka kamu yang ngeselin itu. Moga aja kamu keluar masih dalam keadaan bernyawa.” Biasanya kalau udah dikasih tahu kalau orangtuanya galak biasanya cowok akan berpikir ulang buat deketin kamu. Si dia bakal mikir seribu kali buat macarin kamu. Gimana gak mikir kalau nanti pas pacaran, setiap malam minggu dia bakal ketemu bokap kamu yang katanya galak banget itu. Denger batuknya aja bisa bikin tuh cowok ciut, gimana kalau denger marahnya. Dan kalau akhirnya si dia jadian sama kamu maka acara malam mingguan di rumah kamu bakal jadi malam-malam yang menyeramkan dalam hidupnya.

2.      Udah Dijodohin


Kalau alasan orangtua galak gak mempan dan dia masih nekat buat mau dateng ke rumah, coba pakai alasan berikutnya, bilang kalau kamu itu udah dijodohin sama lelaki anak kaya raya, mobilnya ada sepuluh, ferrari semua, punya rumah mewah, isinya lemari mewah semua, isi lemarinya batu akik semua. Kamu juga bisa bilang kalau orangtuanya punya rekening gendut, anak-anaknya juga punya rekening yang bakal ikutan gendut. Bisnis bapaknya itu bisnis jual beli batu akik, juga punya pabrik di Cikarang dan Tangerang. Dia juga punya apartemen di mana-mana, belum lagi rukonya ada di Mangga Dua, Kelapa Gading, di Serpong, dll. Pokoknya kamu ceritain aja kalau jodoh kamu itu anak orang kaya banget, yang sulit ditandingi kekayaannya. Orang paling kaya di kampung Bojong mah lewat sama kekayaan orangtua calon tunangan kamu. Kasih tau juga kalau kamu bakal nikah di Maldives, ke sana naik pesawat pribadi sekaligus nyewa satu pulau sendiri. Jangan lupa kasih tau juga kalau kamu bakal bulan madu ke Hawai, menikmati pantai yang indah di sana. Pokoknya buat orang yang nembak kamu merasa ciut nyali biar dia gak lagi-lagi deketin kamu.

3.      Gaya Hidup Tinggi


Ini alasan yang bisa juga kamu gunakan untuk menolak seseorang. Kamu bisa bilang kalau biaya untuk gaya hidup kamu itu tinggi, Princess Syahrini mah lewattt. Kasih tau juga rincian biayanya perbulan, misalnya biaya beli lipstik 5jt, beli wedges 150jt, beli pakaian 200jt, beli tas branded 300jt, perawatan tubuh 30jt, biaya makan 10juta, biaya cadangan 20jt. Kemudian kamu totalin dan tunjukin ke dia. Kalau cowok yang nembak kamu itu orang kere pasti dengan cepat menyerah sambil lambai-lambaikan tangan ke kamera. Tapi kalau dia orang yang pantang menyerah, mungkin dia bakal ke Aceh, nyari batu giok yang beratnya 1 ton seharga milyaran rupiah.

4      Hilang Ingatan

Kalau alasan yang satu ini sering banget nih dilakuin banyak orang kalau lagi ditagih hutang. Mereka biasanya langsung pura-pura lupa ingatan, lupa segala-galanya. Dan alasan ini bisa juga kamu pake kalau mau nolak seseorang. Kalau ngomongin lupa ingatan jadi keinget ama temen gue yang namanya Udin. Dia pernah nembak cewek di mall. Awalnya tuh cewek seneng banget diajak Udin buat jalan-jalan, makan dan belanja-belanja. Tapi pas mau pulang, Udin ngajak perempuan itu untuk ngobrol di parkiran. Udin bermaksud untuk mengutarakan niat dan rasa sayangnya ke perempuan yang bernama Nia itu.
“Nia, boleh gak aku ngomong sesuatu.” Ucap Udin pas lagi berjalan menuju motornya di parkiran.
“Ngomong aja kali, Din. Gak usah malu-malu gitu.”
“Tapi kamu jangan marah ya?”
“Marah, buat apa?”
Udin seneng mendengar jawaban itu, dia segera memegang tangan Nia. “Aku sebenernya sayang sama kamu. Mau gak kamu jadi pacar aku?”
Selesai Udin mengucapkan itu, Nia tiba-tiba kejang, tenggorokannya tercekat, matanya melotot. Sebuah tangan menampar wajah Udin.
“Hehhh, kamu siapa pegang-pegang tangan saya. Emang kita kenal? Terus kenapa aku ada di sini bersama kamu. Aku di mana, aku dengan siapa, kita sedang berbuat apa, YOLANDAAAAA….!”
“Gubrakkkk…!” seketika Udin pingsan.

5      Punya Kelainan

Ada cara ampuh buat bikin cowok yang suka ama kamu tiba-tiba ilfil, bilang aja kalau kamu punya kelainan. Misalnya kelainan makan, kalau orang-orang biasanya makan nasi, kamu makan hati. Kalau orang-orang minum lewat mulut, kamu minum lewat hidung. Kalau orang lain pub jongkok, kamu pub kayang. Kemudian kamu bilang juga kalau kamu tidurnya gak merem tapi melek. Kamu juga bisa bilang kalau kamu pas malam bulan purnama bisa berubah jadi putri duyung. Atau gak kamu bisa bilang ke dia kalau waktu kecil nama kamu Suparjo. Kalau hal ini membuat dia masih ngotot ingin jadian sama kamu, kamu cukup bilang ini aja ke dia, “Maaf, aku gak bisa jadi pacar kamu. Kamu itu terlalu baik buat aku. Mending kita jadi adek-kakak an aja ya.” *Gubrakk…! Alasannya klise banget.

Nah itu tadi alasan-alasan yang bisa kamu gunain buat nolak seseorang yang menyukai kamu. Kalau dari semua alasan di atas gak mempan, mending kamu jujur aja ke dia. Jujur kalau kamu mau fokus ke sekolah, gak mau pacaran dulu. Bilang juga ke dia kalau kamu mau bahagiain orangtua dulu. Ingatkan dia juga kalau dia harus menyelesaikan sekolahnya, membahagiakan orangtuanya baru boleh membehagaiakan orang lain. Oh so sweet.

Oke sekian lagi tulisan gue kali ini. Semoga tips-tips di atas gak ada yang mempergunakan, karena seluruhnya itu ngaco. Tapi kalau ada yang mau mencoba ya silakan, tanggung jawab sepenuhnya ada di tangan kamu.

Leave a Reply