Apa Kabar Mantan Terindah?


Sudah sampai di minggu ke dua di bulan februari 2015, gue masih aja gak ketemu ide buat nulis apa. Dan gue yakin banget kalau para pengunjung blog ini terus kecewa karena belum ada updetan baru. Sama gaes, gue juga kecewa, hikksss *berpelukan*.
Karena kesibukan selama ini, yang harus nganter pacar sana-sini, pacar orang tapi, akhirnya baru sekarang bisa kesampean nulis lagi. Harap maklum ya para pembaca setia. :’)
Awalnya sih gue pengen banget nulis tentang tips-tips membina rumah tangga yang Samawa, atau tips merawat anak biar besarnya bisa jadi presiden, tapi rasanya belum waktunya buat nulis hal itu, jadi gue pilih tema yang lain aja, yaitu tema “Mantan”. Horeeee…..! kasih tepuk tangan dong.
Kenapa gue milih tema mantan karena hampir semua orang yang pernah pacaran tentunya juga punya mantan, dan setiap mantan pernah jadi yang spesial di hati seseorang. Ya mungkin termasuk kamu yang ampe hari gini masih gak bisa ngelupain mantan. Move on mbloooo…!


Dan ketika kita sudah lama gak ketemu mantan, tiba-tiba gak sengaja ketemuan, entah itu di mall, di pasar, di tempat pembuangan mantan, atau di manalah itu, maka kita biasanya akan melihat perbedaan yang signifikan, seperti misalnya bentuk tubuh mantan yang semakin aduhai, yang seperti gitar spanyol minta ditiup bukan dipetik. Padahal dulu bentuk body-nya seperti bas betot yang biasa dipakai banci-banci di lampu merah. Atau senyumnya yang dulu datar, gak ada enak-enaknya buat dilihat, eh sekarang senyumnya malah melengkung manis, seperti minta diajak ke pelaminan. Terkadang juga mantan malah terlihat lebih terurus sesudah putus. Duhh, jadi nyesel kan mutusin dia *curcol.
Ada banyak hal yang terjadi pada si mantan ketika sudah putus dengan kita. Dia punya kehidupannya sendiri dan begitu pun diri kita. Dan ketika bertemu dia kembali entah itu secara kebetulan atau memang udah suratan, ada aja hal-hal yang berubah dari dirinya dan begitu juga reaksi si dia pas ngelihat kita. Terkadang benih-beinih cinta bisa muncul kembali karena sudah lama gak bersua. Ketika bertemu mantan beberapa orang ada yang ngelempar senyum manisnya, ada yang menyapa dengan baik, tapi ada juga yang malah cuek bahkan cenderung jutek. Nah untuk itulah gue bahas di sini mengapa mantan bisa demikian. Yuk kita simak.

1.      Mantan Kelihatan Jutek
Pernah gak sih kamu gak sengaja ketemu mantan di suatu tempat, dan ketika kalian berhadap-hadapan secara kebetulan, kesan yang dia kasih ke kamu itu beda banget, seperti ngelihat musuh, malah cenderung ingin menyerang. Ciri-cirinya seperti ini: mata melotot, alis meruncing, mulut komat-kamit, gigi taring memanjang dan gak lama kemudian dia mengaum, “auuuummm….!”
Kalau ketemu mantan yang seperti itu berarti mantan udah benci banget ngeliat kamu, dia pengen kamu segera menghilang dari pandangannya, kalau bisa menghilang dari muka bumi ini. Saran gue sih, cepat ambil langkah seribu.
Kenapa sih mantan bisa demikian? Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan seorang mantan menjadi seperti itu, salah satunya mungkin kamu putus di saat yang gak tepat, semisal kamu putusan pas dia baru aja beliin kamu Iphone 6 seharga 15jt. Atau enggak, kamu mutusin dia ketika kalian baru aja nyebar undangan pernikahan. Tapi alasan terbesar kenapa mantan bisa jutek kalau ketemu kamu biasanya sih karena kalian putus gak dengan cara baik-baik. Mungkin putusnya secara tiba-tiba, kamu ninggalin dia tanpa alasan yang jelas, misalnya alasannya karena kucing kamu cemburu atau karena pacar kamu minumnya dari hidung. Kalau awal jadiannya baik-baik seharusnya putusannya harus baik-baik juga, gitu.



2.      Mantan Cuek
Duhh salah apa sih kamu kalau ketemu mantan yang cuek, yang pura-pura gak kenal, pura-pura hilang ingatan padahal sebelum putus kalian saling sapa, saling telepon, sering bergandengan tangan ke mana-mana, sampe-sampe makan aja harus sepiring berdua. Mantan seperti ini kalau disapa duluan bakal bilang, “Eh kamu siapa? Emang kita kenal? Aku ada di mana? Namaku siapa?” -____-“!
Sedih ya kalau punya mantan yang tiba-tiba lupa ingatan, yang lebih sedih lagi kalau lupa ingatannya cuma kepada diri kita, ke temen-temennya biasa aja. Udah kitanya mencoba ramah, eh dianya malah masang tampang datar. Siapa yang gak kesel coba?! Mungkin kalau kamu ketemu mantan yang seperti ini bisa langsung telepon rumah sakit jiwa terdekat, biar bisa ditanggulangi secara cepat dan tepat.
Tau gak kenapa mantan jadi pura-pura gak kenal kalau pas ketemu kamu? Dari penelitian yang gue lakuin, biasanya mereka berbuat demikian karena mantan gak mau inget sama masa lalunya lagi. Dia gak mau perjuangan untuk move on selama ini tiba-tiba rusak begitu aja hanya gara-gara gak sengaja ketemu kamu. Atau mungkin juga, mantan yang cuek dan pura-pura gak kenal ini adalah mereka yang takut kalau barang-barang pemberian kamu bakal diungkit lagi, dia takut kamu tagih dan bilang gini, “Eh, Balikin dong batu cobek yang aku pernah kasih di hari valentine tahun lalu. Aku mau gosok batu cobek itu biar bisa jadi batu cincin. Kan lumayan kalau udah jadi batu cincin harganya bisa mahal.”
Tapi, secuek apa pun mantan kamu, cobalah kasih dia senyum ramah yang kamu punya.



3.      Mantan Menghindar
Suatu ketika Udin, temen baik gue, lagi jalan di sebuah gang yang di kanan kirinya tembok tinggi. Entah ini sebuah kebetulan atau tidak, secara gak sengaja Udin ngelihat mantannya di ujung gang itu. Gang itu ujungnya tanah lapang yang di pinggirnya ada semak-semak, tempat anak-anak kecil suka main bola dan tembus ke jalan raya. Karena udah lama jomblo dan lama gak ketemu mantannya, Udin sumringah dan dengan berlari ia mencoba menghampiri mantan terindahnya itu. Niatnya sih dia pengen pedekate lagi, syukur-syukur bisa diajak balikan.
Eh tapi tuh cewek malah menghindar, pergi ke balik semak-semak dan menghilang. Udin pun keheranan kemudian mencarinya, dia nekat menyusuri semak-semak yang gelap meski risikonya bakal dipatok uler. Hingga di semak-semak yang rimbun, Udin mendengar ada suara desahan. Dia pun menghampirinya pelan-pelan. Jreng…jrenggg….! Betapa kagetnya Udin ketika tiba-tiba sebuah tangan muncul, mengarah kepadanya. Udin tak bisa bergerak, mulutnya menganga lebar, kemudian tangan itu langsung menempel di wajahnya begitu keras. “Prakkkkk….!” Sebuah tamparan mendarat mulus di pipi Udin. Selanjutnya keluar suara yang sedang kesal, “Dasar lu, Din. Lu gak pernah berubah ya, mantan pipis masih aja mau lu intipin.” Ucap perempuan itu sambil berlalu pergi. Tinggallah si Udin yang bengong-bengong sendirian dan gagal buat ngajak balikan.
Kalau kamu punya mantan yang menghindar pas ketemu, atau mungkin dia gelisah dan pengen buru-buru pergi ketika disapa, bisa jadi itu disebabkan sama bau badan kamu yang gak ketulungan. Coba deh sebelum keluar rumah, jangan lupa keteknya dikasih aroma terapi biar mantan gak menghindar gitu aja. Kalau kamu udah wangi tapi mantan masih juga menghindar pas ngelihat kamu, gak usah khawatir, bisa jadi dia lagi kebelet pipis seperti mantan Udin tadi. Tapi kalau ternyata dia emang benar-benar menghindar buat ketemu kamu, bisa jadi dia lagi trauma karena kemarin abis didatengin debt collector yang tampangnya serem-serem mirip kamu. Jadi gak usahlah diambil pusing kalau mantan menghindar, toh pada akhirnya dia akan ngerasa gak enak sendiri. Yang penting sih kamu gak sakit hati, senyumin aja.



4.      Mantan Ngasih Senyum
Oh indahnya jika gak sengaja ketemu mantan di jalan dan dia ngelempar senyum kepada kita. Duhh bawaannya pengen menghentikan waktu, kembali ke masa lalu, kembali ke waktu di mana kami berdua di taman, beralas tikar plastik di dekat tugu Monas, sambil bercanda senang serta riang. Sepulangnya dari Monas kami nebar paku bareng-bareng di jalan, biar omset bisnis tambal ban kami meningkat sehingga kami bisa menikah dengan cepat. Sayangnya cerita manis itu sudah berakhir, punah dikikis jaman.
Memang ada perasaan gimana gitu kalau disenyumin mantan yang udah lama gak ketemu, apalagi kalau dia adalah mantan terbaik yang pernah kita miliki. Dengan begitu maka akan muncul pepatah baru “Sepandai-pandainya move on kalau disenyumin mantan bakal gagal juga.”
Tapi sayangnya, jarang loh mantan yang mau senyum kepada seseorang yang pernah disayanginya, entah karena masih merasakan sakit hati, entah karena gengsi, atau bisa jadi karena malu. Kalau kebetulan kamu punya mantan yang masih suka tersenyum melihat kamu, harusnya kamu bisa bersyukur pernah memilikinya, sebab sampai kapan pun kamu bakal berkesan di hatinya #eaaaa.
Biasanya orang-orang yang putusnya dengan cara baik-baik maka hubungan setelah percintaan akan menjadi baik-baik juga. Gak akan ada twitwar di TL, bongkar-bongkar aib, twit kasar tapi no mention, tulisan caci maki di media sosial atau nyebar-nyebar foto-foto mesum seperti yang banyak diberitakan akhir-akhir ini. Jadi usahakan deh buat kamu yang mau putusan, jaga perasaan masing-masing, putuslah dengan cara yang elegan. Seperti yang pernah gue sebutin tadi, “Kalau jadiannya baik-baik, mestinya putusannya juga harus baik-baik juga. Ya udah, putusin aja pacar kamu sekarang. (*Jomblo lagi ngompor-ngomporin putus)



Dari sekian hal yang gue tulis di atas, pasti salah satunya pernah kalian rasain. Dan semoga aja yang mantan kamu lakuin adalah yang di nomor 4. Gak jadi masalah kalau seseorang yang pernah baik di hati kini menjadi baik di hati orang lain. Mantan hanyalah mantan, seseorang yang akan selalu dikenang.


Nah, gimana sama tulisan gue kali ini, pasti cocok nih buat kalian yang masih pengen ketemuan sama mantan atau mungkin baru aja gak sengaja ketemu mantan. Ketemu mantan sih boleh aja, asal jangan ngemis-ngemis minta balikan ya. Oke segitu aja dulu tulisan gak penting gue kali ini. Semoga aja para mantan di luar sana bisa memberikan senyum terbaiknya untuk para bekas pacarnya.  Bye! ;)

Leave a Reply