Jangan Males



Setelah sekian lama blog ini terbengkalai, tanpa ada tanda-tanda kehidupan sama sekali, akhirnya Oblong memutuskan untuk kembali aktif menulis setelah tahun berganti menjadi 2016. Untuk itu, Oblong selaku penulis dari blog ini meminta maaf sebesar-besarnya bagi siapa saja yang telah sabar menunggu postingan baru di sini. Banyak faktor yang membuat kenapa blog ini telah lama gak diupdet, di antaranya adalah Oblong terlalu banyak mikirin mantan, melamun berharap jodoh cepat datang, sibuk ke sana-ke mari mencari jejak-jejak kenangan masa lalu. “Ah, bilang aja lo males nulis, Blong.”
Ya, memang, entah kenapa tahun kemarin Oblong males nulis, sering nunda-nunda dan akhirnya menjadi kebiasaan. Pernah suatu waktu sudah ada di depan komputer, buka Word, nulis beberapa baris, trus bingung mau ngapain, akhirnya gak jadi nulis. Pernah juga sudah nulis panjang, siap posting, tapi gak jadi karena kuota internet habis, akhirnya gagal posting karena kelupaan. Pernah juga udah selesai nulis, mau posting tapi nunggu tanggal baik, hari baik, jam baik, menit baik, detik baik, yang ujung-ujungnya gagal posting lagi. Gara-gara kebiasaan menunda-nunda itu akhirnya selama hampir setahun gak nulis satu tulisan pun di blog. Mungkin karena suka menunda-nunda itu akhirnya jodoh Oblong ditunda-tunda juga sama Tuhan. Hikss :’(
Benar kata orang tua, untuk memulai sesuatu itu sangat mudah, karena kita baru punya semangat yang tinggi, tapi tidak jika kita dihadapkan oleh waktu yang berkepanjangan, kita butuh konsistensi untuk melakukannya terus menerus tanpa kehilangan antusias sekalipun. Terkadang rasa lelah, rasa bosan, rasa tak percaya diri muncul tiba-tiba, dan itu bikin hati jadi baper, bikin males ngapa-ngapain. Konsistensi sangat sulit dilakukan, karena kita dipaksa bertahan oleh keadaan yang terkadang bikin kita gak nyaman. Sayangnya, selama di tahun 2015, Oblong kalah dalam melakukan konsistensi dan lebih memilih sibuk memikirkan jodoh yang gak datang-datang. Ah, ini pasti gara-gara mantan yang suka kepikiran. “Nyalahin orang terus lo, Blong…..!”


Dan sekarang, tepat di waktu yang mungkin tidak tepat, Oblong memaksa untuk menulis kembali. Terlepas tulisan ini bagus atau enggak, yang penting judulnya menulis agar semua kembali menjadi manis. Oblong mencoba untuk memulainya lagi tanpa harus menunggu semangat dulu baru melakukan. Karena menurut motivator yang suka berkata, “Salam super.” Semangat itu akan muncul kalau kita melakukan. Jadi hukumnya begini, tindakan akan memunculkan semangat, dengan semangat akan melahirkan tindakan-tindakan berikutnya. Jadi gak ada tuh di kamus motivasi yang mengatakan “Tunggu semangat dulu baru melakukan,” tapi “Lakukan dulu nanti semangat mengikuti.” Sebab tidak akan muncul semangat kalau kita diam saja. Gak percaya? Nih contohnya, kalau kita bangun tidur, diem di kasur, gak ngapa-ngapain, masih ditemenin bantal yang empuk, sembari ditemenin kenangan mantan, rasa malas pasti akan terus muncul. Tapi beda kasus kalau pas bangun tidur langsung pergi mandi, seketika semangat akan muncul dan kita akan siap menghadapi hari.
Nah buat kamu yang saat ini sering banget kena penyakit males gara-gara baru diputusin pacar, ditolak gebetan, keingetan mantan, gebetan ditikung teman, tugas sekolah banyak, tugas kantor numpuk, tagihan cicilan kredit di mana-mana, jodoh entah kemana, yuk gerak....!, yuk bertindak, jangan biarin rasa males itu menyerang dan menjadi kebiasaan yang gak produktif. Semakin kamu males, semakin susah buat keluar dari rasa males itu. Kalau sudah begitu, mana ada jodoh yang mau datang ke kamu. Gak mau kan dibilang jomblo tak laku-laku. Ihhh
Jadi buat apa nunggu semangat itu datang baru melakukan, kenapa gak melakukan dulu biar semangat itu datang dengan sendirinya.

Oblong rasa, sekian dulu tulisan pembuka blog ini di tahun 2016. Sampai ketemu di tulisan-tulisan berikutnya ya. Mmuacchhh….!


Leave a Reply