Sehat Itu Harus



Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 31 Juli 2016, Oblong membaca dua kabar berita yang ngagetin dan bikin sedih di hari yang sama. Berita pertama datangnya dari seorang teman yang dulu pernah satu sekolah. Kabar sedih ini Oblong dapet dari facebook. Oblong gak menyangka kalau dia pergi secepat ini karena beberapa bulan yang lalu, dia memposting beberapa foto di facebook dengan keadaan normal. Dari fotonya terlihat kalau dirinya sehat-sehat aja, gak ada keanehan di tampilan fisiknya. Badannya lumayan proporsional, gemuk enggak, kurus juga enggak dan agak berotot. Postingan foto-foto di FB nya pun gak ada tanda-tanda kalau dia menderita penyakit berat. Tapi siapa nyana, tiba-tiba hari itu muncul kabar di wall FB kalau dia meninggal dunia di salah satu rumah sakit di Batam. Dari kabar yang beredar, dia menderita penyakit meningitis dan infeksi paru-paru. Dari foto terakhir yang diunggah temen-temen saat sebelum meninggal, tubuhnya kelihatan kurus kering, tidur di ranjang rumah sakit dengan infusan menggantung di sampingnya.
Berita sedih berikutnya pun muncul di hari yang sama, kali ini datang dari salah satu penyanyi muda terkenal, bersuara emas jebolan Indonesia Idol 2, Mike Mohede. Kabar ini gak disangka karena penyanyi berbadan gempal ini tiba-tiba diberitakan meninggal dunia, padahal sebelumnya tak ada kabar berita yang menyatakan kalau dia sakit. Awalnya Oblong gak percaya, ah mungkin ini cuma berita hoax, sekarang kan lagi ngetrend berita yang gak jelas sumbernya. Tapi pas mantengin Twitter, berita ini muncul terus di TL. Dari orang biasa, kalangan artis, hingga teman-teman dekatnya memposting berita ini. Jelas sekali kalau berita mengenai Mike Mohede ini benar adanya. Ya, Mike meninggal dunia karena serangan jantung, tepat di hari yang sama dengan teman Oblong. Ada kesamaan dari mereka berdua. Mereka meninggal di hari yang sama, di usia relatif muda, 30an.


Dulu, temen waktu masih kerja di pabrik juga ada yang meninggal di usia muda, pemuda yang umurnya belum sampai 30. Kena penyakit kanker otak. Awalnya sih dia sering ngerasain sakit kepala. Dia pikir itu cuma sakit kepala biasa. Tapi kalau kambuh, sakitnya gak ketulungan. Ketika sakitnya kambuh, dia bisa minum obat sakit kepala 5 biji, diminun sekaligus. Awal-awal sakit kepalanya muncul. dia minum 1 biji aja langsung sembuh. Tapi lama kelamaan 1 biji gak cukup, minum 2 biji baru mempan. Sayangnya, setelah itu sakit kepalanya gak sembuh kalau hanya 2 biji, dia minum 3 biji sekaligus, begitu seterusnya. Terakhir Oblong dengar, sebelum penyakit merenggut nyawanya, dalam sehari dia bisa minum obat sakit kepala 10-20 biji. Karena dia meninggal di kampung halamannya di Bima, hanya foto terakhir sebelum meninggal yang bisa Oblong lihat. Tubuhnya kering tinggal tulang, dibungkus kulit tipis berkerut-kerut. Wajahnya cekung seperti kakek yang kehabisan gigi. Padahal waktu sehat, badannya besar dan kekar.
Kalau dipikir-pikir, kenapa ya usia muda bisa rentan juga terkena penyakit kronis, penyakit berat yang biasa diderita oleh orang berusia di atas 50an. Bukankah usia muda ini memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik ketimbang orang tua. Seharusnya usia segitu adalah usia prima untuk beraktifitas. Tapi kenapa justru malah sebaliknya. Benar kata orang-orang, penyakit sekarang gak pandang bulu, gak pandang usia. Siapa aja bisa kena penyakit berat. Gak peduli kamu miskin atau kaya, gendut atau kurus, ganteng atau enggak, cantik atau kurang cantik, jomblo atau punya pacar, semua bisa kena penyakit.
Ajal memang pasti datang, hanya saja kita gak tahu itu kapan. Tapi tahu gak sih kalau tanpa sadar kita itu sering mengundang ajal untuk datang lebih cepat. Mungkin kalian yang baca tulisan ini heran, “Kok bisa, Blong? Maksudnya gimana”. Jadi gini, Oblong jelasin sedikit. Orang meninggal itu banyak penyebabnya, ada yang karena kecelakaan dan ada yang karena sakit ada juga yang karena sudah tua. Tapi di sini Oblong mau ngebahas tentang orang yang meninggal karena sakit. Pernah gak denger kabar kalau ada tetangga yang semalam masih asyik begadang main kartu di pos ronda, eh paginya udah wassalam. Pernah juga gak dapet kabar, saudara yang tadinya sehat, tiba-tiba jatuh di kamar mandi, lalu beberapa hari kemudian meninggal karena koma? Kelihatannya aneh ya, kok orang sehat bisa tiba-tiba meninggal.
Mungkin banyak dari kalian yang gak tau kalau orang sehat itu belum tentu benar-benar sehat, tapi bisa aja dia sehat tapi bermasalah. “Maksudnya apa nih, Blong?” Maksudnya gini, kita melihat seseorang sehat itu karena mereka bisa beraktifitas seperti biasanya, entah itu pergi ke pasar, ke kantor, ke mall. Tapi kita gak tahu kalau di dalam dirinya terdapat penyakit seperti asam urat, asam lambung, maag, diabetes dan yang paling terkenal adalah penyakit jantung. Dan tahu gak kalian kalau penyakit pembunuh no.1 itu adalah jantung koroner. Penyakit jantung ini sering disebut sebagai the silent killer. Ngeriw ya istilahnya.
Kebayang gak sih kita yang usianya muda, hidup seenaknya aja tanpa memikirkan apa itu kesehatan. Makan sembarangan, ngerokok sambil ngisepin asep knalpot, mabok dicampur lotion pengusir nyamuk, pakai narkoba, kebanyakan mikirin mantan, dll. Itu semua mengundang penyakit dan juga kematian. Kalau tubuh kita udah rentan sakit, ajal pun pasti gak jauh-jauh. Berapa banyak orang yang mati karena miras oplosan, berapa juga orang yang tewas karena overdosis narkoba, meninggal karena kanker paru-paru, dsb. Jadi dalam kata lain, gaya hidup kita ini yang sebenarnya tanpa sadar memanggil ajal untuk datang lebih cepat. Coba seandainya kita sehat dan bugar setiap saat, pasti kemungkinan untuk meninggal karena penyakit itu relatif sangatlah kecil. Kalau kita sehat, tubuh bisa melawan penyakit secara alami, kita bisa berumur panjang, dengan berumur panjang kita bisa menikmati hidup ini dan berbuat baik kepada banyak orang. Kalau bisa kita ambil kesimpulan, sebenarnya kita bisa “mengakali” usia kita dengan menjaga kesehatan. Namun kita bisa juga mempersingkat usia dengan hidup serampangan.
Ada istilah, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Lalu gimana caranya supaya kita bisa menjaga kesehatan? Nah, dalam kesempatan inilah Oblong mau berbagi tulisan kepada kalian. Tulisan kali ini emang agak serius, karena ini menyangkut masa depan kalian juga. Jangan sampai, udah jomblo, kere, sakit-sakitan pulak. Mana ada cewek yang mau. Dan berikut hal-hal yang harus dilakuin biar tetap sehat sepanjang hari. Yuk, disimak.

1.      Olahraga


Hal yang pertama yang sudah banyak kalian tahu biar bisa sehat adalah dengan olahraga. Tapi “Males”, itu kata yang sering diucapin kebanyakan anak muda kalau denger kata olahraga. Mau sih sehat, tapi olahraga mah ogah, ah. Capek. Udah kebayangkan kalau olahraga itu bikin tubuh kita capek, pegel-pegel, lelah. Namun, di balik semua itu, tubuh kita bakal sehat, aliran darah kita lancar, pikiran kita jernih, dan yang pastinya badan kita termasuk hati kita akan kuat kalau lihat gebetan udah jalan duluan sama orang lain. Tapi gak semuanya anak muda males sih, buktinya tempat gym masih ramai. Di car free day juga kebanyakan diisi sama anak muda, yang entah buat olahraga atau cuma buat cuci mata. Olahraga itu sebenarnya mudah buat dilakuin kalau sudah menjadi kebiasaan. Sama seperti kamu nginget kenangan mantan, jadi terbiasa karena sudah biasa. Sayangnya sebagian dari kita ini belum terbiasa. Kenapa belum terbiasa? Karena gak pernah dilakuin rutin sejak kecil. Kebiasaan kita cuma mantengin HP, ngetwit, posting foto di IG, buat status di FB, abis itu stalkingin sosmed gebetan. Eh gak taunya, dia udah punya pacar duluan. Abis itu kamu kepikiran, jadi beban pikiran, karena gak kuat, kamu pun minum kopi dicampur sianida. Setelahnya kamu lelah, kamu tidur, tidur untuk selamanya. Kemudian wassalam.
Coba mulai sekarang kamu belajar olahraga, gak usah olahraga mahal seperti main golf, main sky di eropa. Atau jangan juga olahraga yang berat-berat dulu, misalnya jangan berenang melintasi dua benua, jangan lari marathon keliling dunia atau angkat barbel yang beratnya seberat kenangan mantan. Olahraganya cukup jogging aja di sekitar rumah, atau main sepeda keliling komplek sambil nangkepin Pokemon. Tapi olahraga yang satu ini jangan dilakuin ya, jangan olahraga lari, lari-lari di pikiran mantan. Kalau kamu masih males juga olahraga, coba deh kamu ke mana-mana jalan kaki. Ke mini market jalan kaki, ke sekolah jalan kaki, ke mall jalan kaki, ke hati mantan kalau bisa juga boleh jalan kaki. Kenapa jalan kaki? karena jalan kaki ini olahraga murah yang menyehatkan jantung.

2.      Istirahat Yang Cukup


Hayo, siapa di antara kamu yang baru bisa tidur malam kalau ayam sudah berkokok. Atau tidurnya kalau sudah selesai nelponan sama pacar semaleman, itu pun pas adzan subuh sudah berkumandang. Atau kamu baru mau tidur kalau pacar sudah ngirimin ucapan selamat tidur. Lalu gimana kalau pacar kamu kelupaan ngucapin. Yang ada, kamu malah gak tidur-tidur semaleman, trus besoknya kamu ngambek ke pacar dan minta putus. Tapi sebelum minta putus, kamu harus minta apartemen, minta mobil, minta cincin berlian dulu ya, biar gak nyesek-nyesek amet kalau sudah putus.
Yang namanya tubuh manusia itu butuh istirahat. Di jam-jam tertentu, khusunya malam hari, tubuh harus meregenerasi sel dan memperbaiki tubuhnya sendiri. Dan itu semua bisa bekerja dengan maksimal ketika kita tidur. Bayangin deh kalau kita gak tidur, entah itu karena keinget cicilan handphone yang gak lunas-lunas, keinget pacar yang ditikung temen, atau keinget jagoan yang kalah pilpres kemaren. Tubuh kita dipaksa untuk terus aktif dan terjaga sepanjang malam, ujung-ujungnya sel kita tidak terganti, dan tubuh kita tidak bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Lalu gimana kalau itu dilakukan terus menerus, maka tubuh kamu bakal ambruk dan siap-siap buat diopname di rumah sakit terdekat dengan biaya yang gak sedikit. Pernah gak kamu denger orang batuk-batuk pas tengah malam, padahal dia gak lagi sakit batuk. Sebenarnya itu adalah cara alami tubuh memperbaiki paru-parunya. Kamu juga pernah gak ngerasa setiap pagi selalu pengen buang air besar. Karena memang, di jam-jam tertentu pada dini hari, saluran pencernaan melakukan proses pembersihan.
Sudah berapa banyak para maniak gamers yang meninggal gara-gara main game sampe gak tidur beberapa hari. Dan berapa banyak juga berita tentang orang yang mengalami mati batang otak (Brain Death) karena gak pernah beristirahat. Kondisi ini di mana jantung masih berdetak sementara darah dan oksigen tidak mengalir ke otak. Penyakit ini pun berujung pada kematian. Jadi, istirahat yang cukup itu penting.

3.      Jaga Pola Makan


Tanggal muda makannya di Kaepceh, di Mekdi, di Starbak bareng pacar. Giliran akhir bulan dan kiriman belum dateng, makannya bakwan dingin, rengginang sisa lebaran, mie instan sebungkus berdua bareng temen di kosan. Kasihan temennya, diinget pas lagi susahnya aja. Menjaga pola makan ini juga sering banget diabaikan oleh kebanyakan anak muda jaman sekarang. Termasuk Oblong sendiri :’(. Yang penting enak, yang penting banyak, yang penting kenyang, yang penting murah dan yang paling penting sih dibayarin. Seringnya, kita juga makan itu bukan di waktu yang tepat, misalnya makan malam pas jam 24:00, makan malam tepat sebelum tidur, atau makan malam di rel kereta yang keretanya bentar lagi melintas. Sementara waktu ideal makan malam itu ya maksimal jam 19:00. Menurut penelitian, makan malam sebelum jam 19:00 itu bisa menghindari naiknya asam lambung, bisa mengurangi obesitas, dan juga bisa mengurangi kecenderungan makan yang berlebih.
Bukan hanya jam-jam makan yang harus diperhatikan, apa yang dimakan pun itu jauh lebih penting. Salah satu cara racun masuk ke dalam tubuh adalah melalui apa yang kita makan. Gak heran deh kalau banyak anak muda yang gak sadar kalau sebenarnya mereka sedang menabung penyakit setiap hari. Kalau nabungnya uang sih gak apa-apa, bisa banyak, bisa buat nikah. Tapi kalau nabung penyakit, seberapa pun uang yang kamu punya, bakalan habis buat berobat. Ih, kamu gak mau kan, uang yang ditabung selama ini buat nikah malah habis buat bayar rumah sakit.
Coba mulai sekarang, jaga pola makan. Hindari makanan yang berkolesterol tinggi karena ini pemicu penyakit jantung. Mulailah dengan gaya hidup sehat, sering-seringlah makan sayur dan buah-buahan. Jangan makan kenangan mantan terus, yang ada nanti malah kena kanker hati. Hehehe...
  

4.      Cek Kesehatan


Cek kesehatan berkala, ini untuk mengetahui apakah ada penyakit yang sedang menggerogoti diri kamu. Karena yang namanya penyakit kita gak pernah tahu. Tapi sayangnya kebanyakan dari kita malah takut untuk cek kesehatan. Katanya, kalau nanti tahu penyakitnya apa, malah jadi beban pikiran. Pemikiran ini salah besar, bukankah kalau kita tahu penyakitnya sejak dini, kita bisa tahu gimana caranya agar penyakit itu gak bertambah parah. Sama seperti kalau kamu suka sama seseorang, kalau kamu gak bilang, kamu gak akan tahu perasaan dia ke kamu itu seperti apa. Gimana kalau dia sebenarnya suka sama kamu, tapi karena kamu lama gak bilang, eh si dia akhirnya memilih orang lain. Sakit, kan? Begitu juga penyakit, kalau gak diperiksa dan tahu-tahu kamu udah kena kanker stadium tiga dan sebentar lagi menjelang empat. Pasti kamu akan jauh lebih panik. Dan kanker stadium empat ini akan sulit ditangani ketimbang kanker stadium satu dan dua. Hayo, mau milih mana, mencegah atau mengobati?

5.      Berdoa


Yang terakhir, yang jarang dilakuin sama kebanyakan orang adalah berdoa kepada Tuhan agar terus diberikan kesehatan dan umur panjang. Hal ini penting karena segala sesuatunya ada campur tangan Tuhan. Kita sehat, kita sakit semua itu ada campur tanganNya. Tapi itu semua dikembalikan kepada diri kita masing-masing, mau sehat atau sakit tergantung bagaimana kita memperlakukan tubuh kita sehari-hari. Jangan berdoa aja sementara kesehatan gak pernah dijaga. Karena kedua hal ini erat kaitannya. Jangan sampai kamu berdoa minta sehat, tapi pola hidup dan pola makannya gak pernah dijaga. Ya sama aja bohong.


Oke, mungkin sekian dulu tulisan Oblong kali ini. Semoga bisa dipetik jadi pelajaran dan dijalankan di kehidupan kita sehari-hari. Supaya kita bisa tetap sehat dan punya umur panjang. Akhir kalimat, malam ini malam minggu. Buat yang jomblo, gak usah terlalu mikirin mantan. Mantan sudah jalan sama yang lain. Saatnya kamu mikirin kesehatan dan mencari gebetan. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. Bye~

Leave a Reply