Move on, Why not?


“Mblo, lo kenapa?”
“Gue lagi galau cuiy.”
“Galau? Galau kenapa?”
“Gue susah move on.”
“Loh kok bisa? Kan lo gak punya mantan.”
“Eh iya, lupa.”
“……”
Untuk sebagian orang, move on itu gampang, tapi tidak untuk sebagian orang yang lainnya. Semua itu tergantung amal ibadah kalian masing-masing. Loh kok bisa? Ya bisa dong. Kalau apa yang kamu lakuin kepacar dengan niatan amal dan ibadah, kamu akan dengan mudah ngelupain apa yang sudah kamu berikan kepadanya. Kamu akan ikhlas, bahagia jika dirinya bersama yang lain. Itu berarti kamu bukan jodohnya dia. Tapi kalau yang kamu lakuin ke pacar hanya berharap pamrih, biar kamu dilihat orang-orang bahwa kamu gak jomblo seperti mereka, kamu bakal kecewa, dan gak terima jika dirinya lepas dari tangan kamu. Terus kamu malu karena harus kembali menjomblo.
Gue punya teman, namanya Miun. Hobinya suka makan timun. Emaknya doyan makan soun. Bapaknya demen sama aktor india bernama Mitun. Alhasil, lahirlah dia. Miun bukan orang yang punya tampang di atas rata-rata, tampangnya biasa aja, tapi lebih ganteng dari tutupan panci emak gue. Dia pandai bicara, mampu mengatur emosinya dan yang terpenting dia bukan orang yang mudah putus asa. Dia tipe orang yang selalu berjuang untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Dia juga orang yang sering menjadi pusat perhatian, untungnya dia gak menjadi pusat tata surya kita.
Dari pertemanan gue sama dia, gue berhasil ngitung berapa mantan yang dia punya. Dalam waktu satu tahun saja, dia punya mantan 9 orang. Sungguh suatu prestasi yang membanggakan baginya, dan bagi sohib-sohibnya. Dia menjadi panutan gue dan temen-teman. Sempet sih pengen gue sembah, tapi lantang dia bersabda, “Hai orang-orang yang beriman, jangan menyembahku, karena aku tak pantas disembah.”


Entah kenapa, setiap ia putus dengan pacarnya, ia dengan mudahnya mendapatkan penggantinya. Sepertinya, tidak ada kata sulit move on dalam kamus kehidupannya. Bahkan bisa dibilang, dia pantang galau kalau urusan cinta. Untungnya, setelah menikah, dia cuma punya satu istri dan menetap di hatinya sampai sekarang. Co cweet :’)
Waktu itu, gue sempat nanya. “Eh, lu, Miun Cakraborti. Kasih tau dong resep gimana lu bisa cepat move on. Gue mau tau aja sih.”
“Hehehe.” Dia terkekeh. “Lo mau tau aja, apa mau tau banget?”
“Mau tau aja, tapi pake banget.”
“Oke, kalau itu mau lo. Nih gue kasih tipsnya kisanak.”
Akhirnya dia pun memberikan wejangan, sebuah tips-tips biar mudah move on. Dan ini dilakuinnya setiap habis putusan sama pacarnya. Cara ini berhasil ngebuat dia terbebas dari kata galau dan sulit move on. Apa tips yang dia kasih ke gue, ini dia rangkumannya.

1.      Jangan Suka Bengong Sendirian
Nah kalau yang ini, sering banget dilakuin sama kamu-kamu yang baru putus sama pacarnya. Biasanya, hari-hari kamu diisi sama ngelamun, bengong-bengong sendirian, entah itu di kamar, di kelas, di pinggir trotoar sampai bengong dan senderan di bahu jalan. Penyebabnya apalagi kalau bukan kenangan mantan yang sering datang tanpa diundang tapi gak mau pulang-pulang. Kenangan itu emang kadang datang tiba-tiba, bikin kaget, bikin bimbang, tapi susah buat dilupain gitu aja.


Inget gak pepatah orang dulu, jangan suka bengong-bengong sendirian, nanti kamu kesambet setan. Kalau kesambet setan sih mending aja, kalau kesambet mantan, gimana hayo? hihhh, berabe deh urusannya. Selain bisa bikin kamu kesambet, bengong sendirian itu bisa bikin kamu celaka. Misalnya kamu bengong-bengong sendirian di rel kereta. Atau kamu bengong-bengong sendirian di mall. Pernah baca berita kan, ada orang meninggal di mall gara-gara lompat dari lantai tiga. Penyebabnya apalagi kalau bukan patah hati dan keinget mantan terus-terusan.
Jadi hindari kebengongan itu dengan ngumpul bareng teman-teman, baca buku, nyuci piring, nyuci baju dan sekalian nyuci kenangan-kenangan mantan. Kalau gue sih biasanya, biar gak bengong-bengong sendirian mending nulis blog, ngetwit atau tidur sepanjang hari. Karena menurut gue, tidur adalah teman ketika hidup terasa sulit dan berat. Biasanya sih, sehabis bangun tidur, gue merasa menjadi baikan, dan gue pun bisa berpikir langkah apa yang akan gue ambil selanjutnya biar cepat move on. Dan hasilnya menakjubkan, istimewa..! Gue bisa melupakan kenangan-kenangan bersamanya dan melanjutkan kehidupan selanjutnya. Gak percaya? Coba aja gih. J

2.      Buang Foto Mantan
Nah, ini nih yang jarang dilakuin oleh banyak orang. Pengen cepat move on, tapi gak mau ngebuang foto mantannya. Katanya, foto mantan itu dibuang sayang. Kalau dibuang, nanti tiba-tiba kangen gimana, kan gak ada foto yang bisa dipandangin lagi. Akhirnya, foto itu terus ada di dompet, terus aja jadi tampilan depan hape kamu. Kalau begini terus, ya gimana kamu bisa bebas galau, bisa cepat move on, lah tiap saat kamu bakal ketemu sama tampangnya dia.


Nanti pas mau bayar ongkos angkot, kamu ngelihat fotonya, kemudian galau sambil gelendotan di pintu angkot. Nanti pas mau bayar bakso, kamu lihat foto dia, terus kamu terkenang saat kamu senderan di bahunya, dan kamu pun senderan di bahu abang tukang baksonya. Pas kamu lagi liat jam di hape, kamu lihat wajahnya yang kiut, dan balik lagi jadi galau. Emang sih move on susah, sebab kamu sendiri yang ngebuatnya susah move on.
Jadi sekarang balik lagi ke kamunya, mau terus galau karena gak bisa move on atau mau benar-benar move on. Move on itu emang sulit kawan, tapi kalau gak move on, hidupmu bakal tambah sulit.

3.      Hapus SMS, Chat, BBM dan Sebagainya.
Buat beberapa orang, jangankan buat buang foto mantannya, ngapus chatnya aja gak tega. “Ih, sayang kalau dihapus, ini kan SMS terakhir darinya.”, “Ih ini kan chat waktu aku ulang tahun yang ke 17 dan dia jadi orang yang pertama yang ngucapin ultah ke aku.”, “Duh ini kan SMS dia pas minta pulsa, dan ngaku-ngaku lagi di kantor polisi. Sayang banget kalau aku harus menghapusnya.”


Hellouuwwww…! *teriakpakeTOA* Gak mesti segitunya kali nyimpen SMS atau chat dari si dia. Belum tentu juga dia bakal nyimpen SMS atau chat kamu. Bisa jadi dia udah chat-chatan sama gebetan lain dan ngelupain kamu. Malah bisa juga nomor hape kamu udah didelete dari smartphonenya dia. Sementara kamu masih aja hidup di kenangan masa lalu bersamanya. Wake up gaess…!
Gimana kamu mau berani melanjutkan kehidupan kalau ngapus SMS atau chat dari si dia aja gak berani. Ayo hapus sekarang juga, sebelum kamu menyesal dan terus-terusan gak bisa move on.

4.      Hindari Tempat Nostalgia.
Miun pernah bilang, setiap orang pacaran itu pasti punya tempat nostalgia, entah itu di taman, di sekolah, di kafe favorit, di atas genteng rumah pacar atau di puncak Monas. Kalau dipikir-pikir bener juga ya. Gue aja dulu punya tempat kenangan bersama sang mantan, di kantin sekolah tempat gue sering ditraktir makan siang sama doski. Sejak gue putus sama dia, gue selalu kepikiran, “Kapan ya dia makan siang bareng gue lagi, ditraktir terus-terusan tiap hari. Gak kek sekarang yang makan siang aja mesti sendiri dan paling nyebelin harus bayar sendiri.”


Setiap orang memang punya tempat-tempat yang memiliki kenangan, tapi bukan berarti pas kamu galau, kamu ke tempat itu untuk mengingat semua kenangan. Justru hal ini akan membuat kamu sulit move on. Coba deh kalau kamu pas gak sengaja lewat tempat yang penuh kenangan bersamanya, kamu buru-buru amnesia beberapa saat sampai kamu ngerasa sudah jauh dari tempat itu. Atau gak kalau kamu diajak makan sama temen-temen kamu di sebuah kafe yang menjadi tempat nostalgia kalian berdua, kamu bisa bilang,
“Ah, aku gak berani makan di situ?”
“Memangnya kenapa?”
“Pokoknya aku gak mau, aku takut.”
“Ciyee, pasti lo takut keinget sama kenangan mantan lo yang sering nongkrong di sana kan?”
“Yeee, sok tau kamu. Aku punya hutang di kafe itu.”
“…………..”
Biar kenangan itu gak kembali dan membuatmu kembali galau dan gagal move on, yuk pelan-pelan hindari tempat-tempat nostalgia kalian berdua. Lagipula masih banyak kok tempat asyik yang bisa dikunjungi bareng teman-teman kamu.

5.      Singkirkan Hadiah dari Mantan
Suatu ketika kamu ngelihat boneka beruang besar di atas lemari. “Ih itu kan hadiah dari si Bowo.” Di lain waktu kamu ngelihat jam kecil di atas meja. “Ih ini kan hadiah jadianku bareng si Andre.” Terus kamu tidur dan memeluk guling berbentuk Angry Birds, “Ih ini kan hadiah dari kak Indra, waktu aku jadi selingkuhannya.” Kemudian kamu keluar rumah dan melihat rumah indah tempat kamu tinggal. “Ih ini kan hadiah dari om Priyo waktu aku jadi istri ketiganya.”


Nah loh, ribet kan kalau kamu punya hadiah sebanyak itu dari mantan. Udah gitu, hadiahnya pada disimpen dan masih dipajang di dalam kamar. Pasti kemana-mana bawaannya keingetan terus sama barisan para mantan. Ada istilah begini, mantan yang baik adalah mantan yang selalu ngasih hadiah. Dan karena mantan kamu baik semua, jadinya kamu sulit move on saking banyaknya hadiah di rumah. Setiap kamu ngapa-ngapain pasti aja ketemu sama hadiah dari mereka.
Coba deh, singkirkan semua hadiah-hadiah dari mantan, biar kamu gak terus-terusan keingetan si dia. Kalau pun kamu gak tega ngebuangnya di tempat sampah, ya jadiin aja tuh hadiah buat anak-anak yang kurang mampu di dekat rumah kamu. Ketimbang terus-terusan menjadi beban hidup kamu.

6.      Jangan Suka Dengerin Lagu Kenangan
Ini juga nih yang sering dilakuin sama banyak orang yang baru putus. Mereka punya banyak lagu kenangan, saking banyaknya, satu hape isinya lagu kenangan semua. Lagu bang toyib misalnya, mengingatkan kamu sama si dia yang jauh dan gak pulang-pulang, akhirnya kalian pun LDRan. Lagu Kangen dari Dewa 19 yang bikin kamu keingat dia pas lagi mainin piano buat nembak kamu. Atau lagunya Melisa yang judulnya Abang tukang bakso yang waktu itu kamu jadian sama tukang bakso. Tapi lagu kenangan yang banyak orang suka sih lagunya Someone Like You punya si Adele. Termasuk gue. *curcol :’)


Usahakan semua itu kamu singkirkan dari mp3 playlist di hape kamu. Bila perlu dihapus aja untuk sementara waktu sampai kamu dapetin pacar yang baru. Karena biasanya kita tuh gampang kembali ke masa-masa di mana kita bersamanya hanya karena melihat atau mendengar sesuatu yang berkenaan dengannya. Bisa jadi pas kamu lagi di angkot dan dengerin musik lewat hape, eh tetiba lagu kenangan kamu bersamanya keputer karena lupa dihapus dari playlist. Yang ada kamu langsung galau di dalem angkot, nangis sesegukan dan turun dari angkot lewat jendela. Kalau kamu gak mau kejadiannya seperti itu, mending kamu hapus deh lagu-lagu kenangan kalian dari hape.

7.      Cari Pengganti
“Emangnya nyari pengganti itu segampang kita membalikkan telapak tangan, hah?” Eh jangan marah-marah dulu. Emang sih nyari pengganti itu gak semudah membalikkan telapak tangan, atau semudah ngupil terus memeperinnya di bawah meja. Gak, emang gak mudah, tapi bisa. Ya memang bisa. Teman gue Miun buktinya, dia bisa dengan cepat mencari penggantinya. Katanya, memang awalnya susah dapetin pengganti ketika separuh hati kita masih bersama yang lama. Tapi itu pelan-pelan bisa dihilangkan karena kita sedang berusaha memperbaiki diri, menemukan pengganti yang jauh lebih baik lagi. Bagi Miun, masa lalu itu pelajaran bagi dirinya untuk mendapatkan yang terbaik, pelajaran untuk menemukan wanita yang menyayanginya dengan sungguh-sungguh.


Pas dia bilang begitu, gue juga sempat berpikir. Betul juga ya, kalau kita nunggu kelar move on dulu baru mau dapet penggantinya bakalan lama. Iya kalau bisa move on, kalau enggak, kan bisa berabe. Bisa jenggot jadi panjang, rambut penuh uban baru berhasil move on. Ketika kita udah berhasil move on dan mau deketin gebetan, muka udah keriput, badan tinggal tulang, dan besoknya udah dimasukin ke kuburan.
Kalau melupakan itu berat, ya coba pelan-pelan saja. Seperti lagu Kotak. “Jika berat, melupakan aku. Pelan-pelan saja.” Cocok banget kan. Coba deh ambil hikmah dari semua kejadian, biar kita gak merasa terbebani dan mengeluh dan menyalahkan keadaan. Daripada terus mengeluh, kenapa gak move on aja.

Nah gimana dengan tulisan gue kali ini, moga aja bisa bermanfaat dan mencerahkan bagi kalian dan diri gue sendiri tentunya. Gue doain semoga kalian bisa move on dengan segera dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Selamat move on. ;)