Ucapan Gak Bikin Kenyang

Beberapa hari ini, di rumah gue selalu kedatangan tamu yang gak diundang, seekor kucing Persia berwarna abu-abu. Kucing milik tetangga yang akhir-akhir ini sering berkeliaran. Awalnya dia datang pada malam hari, mengendap-ngendap di dapur nyari makan. Setiap gue ke dapur, dia langsung kabur. Setiap gue kabur, dia langsung ke dapur. Mau lo apaan sih, Cing? 

Woiy Cing, biasa aja dong tatapannya. -__-

Nah suatu malam tuh kucing kelaperan banget, di saat yang bersamaan kebetulan gue masuk ke dapur. Ketika gue masuk, dia langsung ngumpet di antara tumpukan barang-barang bekas. Gue pura-pura gak liat, pura-pura cuek dan langsung memperagakan sikap lilin. Tapi tuh kucing gak keluar-keluar juga. Kalian tau sendirikan, jenis kucing Persia ini males gerak, dia betah diam di satu tempat, jadi gak cocok deh kalau diajak ngegym atau jalan ke mall bareng.
Gue tuh sebenernya penasaran banget ama kucing jenis ini. Jujur, seumur-umur gue belum pernah megang bulu kucing Persia. Jangankan megang, lihat secara langsung aja baru beberapa hari terakhir ini. Kalau megang bulu yang lain sih sering banget, megang bulu kemoceng misalnya. Suatu sore gue pernah liat dia main di dekat sumur, pernah juga pas malem minggu, gue ciye-ciyeeeein dia waktu lihat dia lagi berdua-duaan ama kucing kampung di pager rumah. Tapi pas gue mau deketin, dia malah kabur, pulang ke rumahnya. Padahal gue cuma penasaran pengen megang bulunya, bukan mau nyabulin dia atau mau jadi PHK (Perusak Hubungan Kucing).
Malem itu pun gue nyari akal, nyari cara supaya tuh kucing mau gue pegang bulunya. Dan kebetulan sekali, di meja makan masih ada sisa ikan goreng buatan emak. Gue siapin piring berisi ikan, lalu kembali dalam posisi sikap lilin, tapi kali ini pelan-pelan gue kayang sambil nyodorin sepiring ikan itu. Eh rupanya dia keluar dari persembunyiannya dan berani ngedeketin gue. Tanpa pikir panjang lagi, kemudian dia melahap apa yang gue kasih, gue pun dengan senang hati nemenin dia makan sambil ngelus-ngelus bulu kucing Persia untuk pertama kalinya. Yess…! Gue berhasil megang bulunya, gue langsung koprol. Dan sejak gue nemenin dia makan, dia akhirnya suka ama gue, dan gak takut lagi sama gue.


Sejak hari itu, nih kucing udah seperti kucing sendiri. Setiap pagi dia datang buat makan di rumah, pas udah kenyang dia pulang ke rumahnya. Lama kelamaan, karena sering dikasih makan, akhirnya dia dateng pagi, terus tidur siang di rumah, udah itu pulang kalau udah mau malem, begitu setiap hari, persis seperti orang yang lagi selingkuh. Sampai hari ini, tuh kucing pasti setiap pagi nongol di dapur, nempel-nempelin badannya ke kaki emak gue, ngasih kode minta makan. Mungkin kalau dia makan di sini dari pagi, siang ampe malem, lama kelamaan dia bakal bener-bener pindah di rumah gue dan ngelupain majikan lamanya.
Dari si kucing itu gue belajar, oh ternyata kalau majikan kurang perhatian, kurang kasih makan, tuh kucing bisa pindah ke majikan yang lain, ya minimal selingkuh deh sama majikan lain. Mungkin itu juga yang terjadi kalau kita punya pacar. Pacar bisa juga pindah ke hati yang lain kalau orang yang dicintainya udah gak peduli, cuma bisanya ngingetin makan tapi gak pernah ngajak atau nemenin makan. Iya sih, perhatian itu penting, tapi pacar kan gak bisa kenyang hanya karena dikasih perhatian terus. Ya gak heran deh kalau banyak pacar yang akan pindah hati ke orang yang selalu nemenin makan ketimbang yang cuma SMS ngingetin makan. Jadi buat kalian yang cuma bisa ngingetin makan pacarnya lewat SMS, hati-hati pacar kamu bakal suka ama orang yang nemenin dia makan. Apalagi kalau kamu gak pernah ngajak makan dan gak pernah SMS ngucapin selamat makan, bisa berabe urusannya.
Tapi meski begitu, kita harus tahu kenapa sih ada orang yang cuma bisa ngasih ucapan selamat makan ke pacarnya tapi gak pernah ngajak makan. Ini buat pertimbangan kamu aja apakah pengen terus sama dia, atau pindah hati ke orang yang suka nemenin kamu makan. Nah untuk itulah gue mau share nih alasan-alasan kenapa banyak orang yang ngasih ucapan “Selamat Makan” tapi gak pernah ngajakin makan.

1. Tanggal Tua 
Tanggal muda makannya Keepcih, tanggal tua makannya rendang, tapi dalam bentuk mie instan. #jlebb, gue banget ini waktu dulu. -___-


Biasanya sih orang yang sering ngucapin selamat makan tapi gak pernah ngajak makan itu datangnya pas di tanggal-tanggal tua. Bagi pekerja, tanggal tua itu adalah tanggal di mana dompet cuma berisi kertas tagihan cicilan handphone atau cicilan motor. Bagi yang kuliah dan ngekost, tanggal tua itu adalah tanggal di mana mereka harus rajin bersama Raisa, Mie Instan Raisa Ayam Bawang, Raisa Soto Sapi dan Raisa-Raisa yang lainnya.
Kalau pacar kamu dalam kondisi seperti ini, kamu harus maklum, harus ngerti. Jadilah seorang pacar yang pengertian, jangan minta diajak makan terus, sekali-sekali coba kamu yang ngajak dia makan. Tapi tetep dia yang harus bayarin. #lohh

2. Pacarnya Pelit 
Nah ada juga nih yang suka ngasih SMS ucapan “Selamat Makan.” tapi gak pernah sekalipun ngajak pacarnya makan. Mau itu tanggal muda, maupun tanggal tua, tetep aja dia cuma ngasih ucapan via SMS. Nah tipe orang seperti ini harus dicermati lebih dalam, dia bisa gitu karena sebenarnya hemat, gak mau rugi, atau dia memang orangnya Merki (Pelit naudzubillah).


Bagaimana sih cara mengetahui pacar kita itu hemat, gak mau rugi, atau benar-benar Merki? Caranya gampang, coba kamu perhatiin SMS dari sia dia. Kalau dia SMS ngasih ucapannya cuma sekali terus isinya pendek, berarti dia hemat, hemat tenaga. Sebab dia gak mau pulsanya atau tenaganya cepat habis. Itu berarti dia lagi berhemat dan emang gak punya budget khusus buat ngajak kamu makan.  Kalau dia ngasih SMS dua atau tiga kali, tapi dalam format SMS yang ngepas 160 karakter pertiap SMSnya, dan dalam waktu berdekatan, berarti dia orang yang gak mau rugi, suka perhitungan. Sebab kalau SMS sedikit, kan sayang banyak karakter yang gak kepake, kalau SMS dua kali kan bisa dapat SMS gratis sepanjang hari. Jadi dia bisa untung banyak, bisa SMS kamu sepanjang hari tanpa harus boros pulsa. Orang begini biasanya lebih baik makan sendirian ketimbang harus ngasih makan pacar. Nah terus yang merki itu yang gimana? Gampang banget ngeceknya, liat aja kalau ada SMS Call Me dari 808 trus isi SMSnya, “Nomor ini 0813XXXXXXX meminta Anda untuk menghubunginya.” atau Cumi (Cuma miscall) doang saban hari sementara dia rajin gonta-ganti status BBM. Nah tuh dia orang yang merki naudzubillah. Ngebuang pulsa 100 perak buat SMS aja dia ogah, apalagi buat ngajak kamu makan. Orang begini nih, berkorban demi pacarnya aja hitung-hitungan, gimana berkorban buat anak dan istrinya kelak. Eiuuhh.

3. Lagi Sibuk 
Terkadang kita ngarep banget buat diajak makan bareng pacar. Tapi kita gak tahu sebenarnya kesibukan pacar itu seperti apa. Memang sih ada yang pura-pura sibuk ngurusin kerjaan yang udah datang deadline padahal dia pengangguran. Ada juga sih yang pura-pura sibuk ngurusin skripsi padahal dia masih SMA, atau pura-pura lagi sibuk ngurusin UU MD3 di DPR padahal dia jelas-jelas caleg gagal. 


Tapi bisa jadi, pacar kamu itu benar-benar sibuknya minta ampun. Pagi di Dahsyat, siang di Inbox, sore di Pesbukers, malam di Hitam Putih, tengah malam di Masih Dunia Lain, besoknya di Opname, besoknya lagi udah di kubur. Karena kesibukannya itu dia cuma bisa SMS ngasih ucapan “Selamat Makan”. Saking sibuknya dia, jangankan buat ngajak kamu keluar untuk makan, buat bernafas aja mungkin dia gak bisa. Jadi harap maklum aja ya kalau dapet pacar super sibuk.

4. Dia Selingkuh 
Wah kalau urusan yang satu ini sih gue gak mau ikut-ikutan, bisa berabe urusannya, bisa-bisa piring melayang, kutang berhamburan. Ya, selingkuh. Mungkin ini penyebab kenapa dia gak bisa diajak makan bareng, karena bisa jadi dia lagi sama gebetan barunya. Dia bisanya SMS karena tubuhnya gak bisa dibelah dua seperti amoeba buat nemenin kamu sementara dia lagi nemenin yang lain. 


Biasalah, kalau lagi deket sama seseorang, orang yang lain bakal dicuekin untuk sementara waktu. Konon katanya, orang kek gini bakal SMS kamu kalau waktu jam makan siang udah habis. Biasanya dia SMS seperti ini. “Duhh sayang, maaf ya aku gak bisa nemenin kamu makan siang. Maaf juga ya tadi aku lupa ngasih ucapan selamat makan. Maafin aku ya. Maafin ya. Janji besok gak akan aku ulangi lagi.” Dan kenyataannya besok dia melakukannya lagi dan lagi. Rupanya, kata maaf dijadikannya senjata buat mengelabui kamu. Hihh..!


5. Pacar Pelupa 
Kamu pernah gak ngalamin kejadian kek gini, si dia ngajakin makan siang di tempat yang udah ditentukan, tapi pas udah ditungguin berjam-jam eh dianya gak dateng. Malah dia dengan entengnya SMS, “Hai sayang, selamat makan siang ya.” Kalau pernah, semoga kamu gak seperti di cerita di bawah ini.

(Mereka lagi SMSan)
Cowok : Sayang kita makan siang yuk?
Cewek : Yuk..! Di mana?
Cowok : Di tempat biasa aja, di warungnya bu Onah.
Cewek : Oke sayang, tapi jemput aku ya?
Cowok : Siap…! Saya jemput ya sekarang.
Cewek : Oke, beib. Aku tunggu loh.
*Tiga Tahun Kemudian*
Cewek : Sayang, kamu di mana? Aku sudah tiga tahun nungguin nih. Katanya mau ngajak makan siang.
Cowok : Lah, memangnya kita ada janji makan siang?
Cewek : -,,,,,,,,-

Kalian gak mau kan kejadian terjadi seperti contoh di atas. Makanya sebagai pacar, bukan cuma anunya aja yang kuat, tapi ingatannya juga harus kuat.


Tapi ada juga nih yang paling parah, udah gak ngajak makan, eh lupa ngasih ucapan selamat makan. Kesalahan kuadrat namanya nih. Buat orang yang sering lupa atau pelupa, harus dikurangi kebiasaan buruknya ini, karena bisa jadi kebiasaan pelupa ini bisa menghancurkan hubungan percintaan kalian yang sudah lama berlangsung. Tapi buat kamu yang emang pacarnya pelupa, harus punya sabar yang banyak dan harus rajin ngingetin dia.

Biasanya sih, orang yang pelupa itu orang yang bertipe sanguin. Ciri-cirinya dia suka jadi pusat perhatian, dia orang yang bikin ramai suasana, dan dia orang yang suka bercanda dan cepat akrab dengan siapa saja. Nah biar kalian gak gampang lupa, coba deh buat agenda di buku atau di handphone. Tapi jangan sampai kamu udah nulis di agenda atau di handphone, eh malah agenda atau handphonenya lupa kamu bawa *Getokpalanya*. Ya memang sih, manusia itu tempatnya salah dan lupa, tapi gak seperti itu juga keleusss.

Nah yang patut dicatat nih, dan yang paling utama buat kamu pahami. Jika satu waktu kamu mendapatkan sesuatu yang aneh, misalnya pacar gak pernah SMS, gak pernah ngasih kabar, gak pernah kasih ucapan selamat makan, kamu jangan buru-buru bilang si dia lagi tanggal tua, si dia pelit, si dia Merki, si dia sibuk, si dia lagi selingkuh, si dia pelupa. Sebab bisa jadi masalahnya bukan ada di dia, tapi ada di kamu. Kamu lupa kalau kamu tuh gak punya pacar. #Duarrrr



Nah segitu aja dulu tulisan gue kali ini, semoga aja tulisan ini bisa memberikan pencerahan buat kamu yang terus-terusan dikasih ucapan “Selamat Makan” tapi gak pernah diajak makan. Jangan buru-buru pindah ke lain hati ya. Dan untuk yang selalu ngasih ucapan tapi gak pernah nemenin dia makan, jangan marah kalau dia akhirnya pindah ke hati yang lain. Gue yakin masih ada alasan-alasan lain yang membuat kenapa seseorang gak bisa ngajak makan dan cuma bisa ngasih ucapan via SMS aja. Tapi terlepas dari itu semua, mau ada ucapan atau tidak, toh kita tetap harus makan biar gak mati. :D