Jangan Ngeluh, Ayo Bersyukur


Suatu waktu gue ketemu Udin, sohib yang udah lama gak ketemu. Terakhir ketemu pas band Wali ngeluarin lagu Cari Jodoh. Lagu yang booming banget kala itu, lagu yang menyayat-nyayat hati para jomblo yang gak kawin-kawin. Oke, untuk masalah kawin gak usah diperpanjang lagi ya. Cukup sampai di situ aja. Gue gak mau ditanya “KAPAN NIKAH?” untuk kesekian kalinya. L #hikss
Nah waktu itu gue main ke rumahnya. Dia baru aja dateng dari Kalimantan. Kebetulan keluarganya punya kebun sawit beberapa hektar di sana dan dia yang ngurusin. Ngeliat penampilannya gue merasa nih orang kok gak ada perubahan ya. Padahal setau gue, orang yang punya kebun kelapa sawit itu kan tajir-tajir.
Saat gue maen ke tempatnya, temen gue ini lagi nyuci motor kesayangannya di depan rumah. Seperti biasa, gue kalau ketemu temen lama itu suka kepo. Pokoknya ada aja yang gue tanyain. Konon kabarnya, kalau mau ngobrol ama temen yang udah lama gak ketemu, harus banyak nanya, biar suasananya cair seperti dulu lagi. Ya gue pun mengikuti nasihat itu. Pertama gue ngelihat hapenya yang masih jadul tergeletak di meja, di samping tempat gue duduk.
“Din, kok hape lu masih nokia 6600?” tanya gue keheranan.
“Iya, ini kan masih bisa dipake.”
“Gak ganti smartphone gitu? Kek anak-anak gaul jaman sekarang.”
“Gak lah, hape kan fungsinya buat nelpon. Lagipula buat apa punya hape bagus tapi cuma dipake buat nelpon ama SMS.”
“Bener juga ya.” Gue ngangguk-ngangguk.
Abis ngeliat hapenya, gue liat motor jadulnya, Yamaha F1ZR yang lagi dimandiin pake guyuran air sabun. Gue inget banget ama motor itu, sering ngeboncengin gue ke mana-mana.
“Din, kok motor lu masih yang lama? Gak diganti ama yang baru aja?”
“Gak lah, ini masih bisa dipake kok. Masih bisa nganter gua ke mana-mana.”
“Tapi kan, itu model jadul, Din. Mana ada cewek yang mau dideketin kalau pakai motor gituan. Liat tuh si Iwan, motornya Ninja, pacarnya banyak,” celetuk gue.
“Ya, pacar yang bener mah gak liat dari motor apa yang dia bawa, tapi siapa yang bawa.”
“Oh gitu.” Gue lagi-lagi menganggukkan kepala tanda setuju.
Kemudian gue nanya lagi, biar obrolan gak habis sampai di situ. “Din, kok muka lu masih yang lama, gak ganti baru aja?” tanya gue bercanda.
“Yang lama aja ngangenin, kenapa mesti ganti yang baru.”
“Hueekssss..!” -_____-

Saat itu gue terhenyak sama kesederhanaan temen gue yang satu ini. Dari dulu dia emang gak pernah berubah. Dia gak pernah beli ini beli itu cuma untuk gaya-gayaan, biar dibilang keren sama teman-temannya. Udin masih anak yang sederhana, yang membeli sesuatu bukan karena ingin, tapi karena kebutuhan. Waktu itu gue pikir nih Udin mungkin gak punya duit buat beli hape baru atau beli motor baru, tapi pas gue nemenin dia ke ATM, gue lirik-lirik liat layar mesin ATM. Busyet, tabungannya 9 digit. Uang segitu bisa beli hape segambreng ama kuaci sekontener. Pulang dari situ, gue sadar bahwa dia emang bener-bener orang yang sederhana.


Senang ya bisa hidup seperti Udin. Hidupnya gak melulu tentang gengsi, gak melulu tentang gaya. Gak dikejar-kejar nafsu buat beli ini, beli itu. Dia bisa hidup santai, adem, tentram di zaman di mana semua orang berlomba-lomba untuk jadi yang paling keren. Banyak anak jaman sekarang yang pengen punya hape ipon, biar updet status di twitter bisa keren, bisa dilihat ama temen-temen kalau dia punya hape canggih. Padahal orangtuanya gak mampu beli tapi dipaksa buat beli. Terus ada juga yang maksa-maksa minta dibeliin motor padahal bapaknya gak punya cukup uang. Tapi karena dipaksain, akhirnya kebeli motor kreditan, tapi tiga bulan kemudian motor ditarik karena orangtuanya gak sanggup bayar cicilan.
Gue yakin, yang namanya manusia, pasti punya banyak keinginan. Manusia pasti punya hasrat untuk ngedapetin barang yang tidak dimiliki oleh orang lain. Dan hasrat inilah yang dimanfaatkan sama perusahaan-perusahaan otomotif buat bikin mobil-mobil super mewah yang harganya milyaran. Atau perusahaan henpon yang ngebuat produk-produk terbarunya menjadi barang ekslusif, sampai-sampai ada yang rela ngantri seharian buat jadi orang yang pertama buat ngedapetin tuh hape. Gak ada yang salah sih, asalkan memang mampu, ya monggo, silakan. Tapi bagi yang gak mampu, ya jangan dipaksakan.
Biasanya, kalau kita pengen sesuatu tapi gak kesampaian pasti ujung-ujungnya mengeluh, menyalahkan keadaan. Entah itu mengeluh karena gaji gak naik-naik atau gaji yang habis sebelum pertengahan bulan. Mengeluh karena gadgetnya kurang canggih, belum pake prossesor octacore, kameranya belum 13MP. Atau ngeluh karena saban malem minggu di rumah aja, sendirian gak malmingan karena gak punya pacar. :’( #duhhhhcurcol.
Dulu, sewaktu gue baru aja lulus sekolah dan pengen kuliah tapi gak punya dana, gue sering ngeluh, kenapa ya kok gue gak bisa kuliah seperti teman-teman yang lain. Di lain waktu gue juga ngeluh kenapa pula gue harus merantau jauh dari orangtua, jadi buruh pabrik biar bisa menyambung hidup. Waktu itu gue kecewa, lupa bersyukur. Padahal di luar sana masih banyak orang yang gak bisa bisa sekolah, gak punya kerjaan. Tapi gue buru-buru hilangin semua itu, dan mengambil tindakan ngumpulin uang dari sisa gaji, sering lembur biar bisa cepat kuliah. Akhirnya, gue pun bisa kuliah dengan biaya sendiri.


Terkadang hidup emang gak seindah apa yang kita bayangin, gak semeriah apa yang diinginkan, dan gak semulus yang kita harapkan. Ketika kita terbentur ama masalah, kita bakal menjadi mahluk yang rapuh, mengeluh, menyalahkan keadaan dan akhirnya lupa bersyukur. Lalu gimana caranya agar kita bisa bersyukur atas apa yang sudah kita punya. Nah hal itulah yang bakal gue bahas pada kesempatan kali ini. Yuk disimak.

1.     Lihatlah ke Bawah
Banyak loh dari kita yang maunya lihat ke atas terus tapi lupa lihat ke bawah. Misalnya temen kamu baru aja beli hape tipe terbaru di online shop Lajada, terus kamu pengen banget punya hape seperti itu, tapi karena kamu gak punya uang, akhirnya kamu bermuram durja. Abis itu temen kamu dibeliin motor tipe terbaru ama bokapnya, dan kamu pengen punya motor jenis itu. Karena orangtua kamu gak punya uang, akhirnya kamu uring-uringan gak mau sekolah.



Coba deh sekali-sekali kamu lihat ke bawah. Lihat orang-orang yang gak punya apa-apa. Mereka gak punya hape canggih masih bisa hidup. Mereka gak punya motor tapi masih bisa bersyukur karena toh masih bisa jalan kaki ke mana-mana. Orang yang gak punya kaki masih bisa bersyukur karena masih diberikan nafas untuk melanjutkan kehidupannya. Inget loh, kalau kamu selalu ngelihat ke atas dan lupa lihat ke bawah, jangan salahin batu kalau kamu tersandung dan jatuh.

2.     Jangan Membandingkan
Biasanya nih, kebanyakan perempuan yang suka kek gini. Kalau cowok sih jarang banget gue temuin. Entah kenapa ya, mahluk yang namanya perempuan itu emang suka ngebanding-bandingin dan gak mau kalah, mulai dari ngebanding-bandingin tas bermerk yang dia punya, ngebanding-bandingin pacar atau mantannya yang dulu, sampai ngebanding-bandingin anaknya yang seperti sering dilakuin sama emak-emak tetangga rumah.
Salah satu contohnya adalah waktu gue makan di warung Padang. Di situ ada beberapa emak-emak yang ngumpul bareng. Tampangnya sih bukan emak-emak sosialita, tapi seperti emak-emak habis pulang arisan dan namanya gak keluar.

Emak A : “Eh, Jeng. Nih aku habis beli tas loh di butik. Bagus deh. Harganya murah banget.” katanya sambil nunjukin tas barunya.
Emak B : “Oh ya. Harganya berapa, Jeng?”
Emak A : “2 juta. Murah kan?”
Emak B : “Ih, murah banget sih, Jeng. Aku mau deh punya tas seperti itu.”
Emak C : “Ah itu mah masih mahal, Jeng. Nih, aku dong, beli tas murah di mall. Harganya 4 juta.”
Emak A : “Ah itu mah mahal banget, Jeng.”
Emak C : “Ye, tapi dapet diskon, Jeng.”
Emak B : “Emang diskonnya berapa, Jeng?”
Emak C : “Diskonnya 50%. Murahan punya aku kan?”
Emak A dan B : -______- *tiba-tiba mimisan.

Kalau kita terus-terusan membandingkan apa yang kita punya dengan apa yang dipunya orang lain, dijamin deh hidup kita gak akan pernah tenang dan matinya juga gak akan tenang. #hehehe

3.     Hargai Apa yang Sudah Dipunya
Ada istilah mengatakan begini, “Kita sering gak bisa menghargai sesuatu yang kita punya sampai apa yang kita punya itu hilang.”. Gue pernah punya pengalaman seperti itu. Waktu itu gue punya handphone satu-satunya, merk sonierikson, karena hapenya sudah lama, gue pun gak menghargainya lagi. Gue sering ngebanding-bandingin hape gue sama hape milik temen yang ada kameranya, meski waktu itu kamera yang ngetrend masih kamera VGA. Saat di pabrik gue sering naruh hape itu sembarangan, sering hapenya dibiarin ngegeletak di atas meja pas gue lagi ke toilet, atau gue taruh di lemari kerja tanpa dikunci. Tapi suatu ketika, hape gue hilang dicuri orang. Dan gue pun baru tahu rasanya kehilangan. Gue marah, gue kezzeeeel, gue baru nyadar hape itu hilang karena gue gak menghargai apa yang gue punya. Ujungnya, gue terpaksa nabung beberapa bulan buat beli hape baru yang gak lebih bagus dari yang gue punya sebelumnya.

4.     Sedikit Meminta Banyak Bersyukur
Kebanyakan kesalahan kita, ya termasuk yang sering gue juga lakuin adalah kita kebanyakan meminta ketimbang bersyukur. Kita menuntut untuk diberikan ini, diberikan itu tapi kita lupa bersyukur atas apa yang sudah kita punya.  Gak punya motor seharusnya kita bisa bersyukur karena masih diberikan kaki agar bisa ke mana-mana. Gak punya sepatu baru harusnya kita bersyukur karena di luar sana ada orang yang malah gak punya kaki. Gak punya hape smartphone ya setidaknya otak kita yang jadi smart, jadi gak perlu broadcast pesan-pesan yang gak jelas ke semua orang. J #hehehe
Coba deh kita melihat sesuatu dari sudut pandang yang lain. Misalnya, kok gue gak punya motor ya, sementara temen gue bisa dapat motor dari bokapnya. Dari kejadian ini kita bisa melakukan dua hal, mengeluh atau malah menjadi cambuk untuk bisa beli motor pakai uang sendiri. Kamu bisa mulai menjalankan usaha sendiri, jualan via online misalnya. Gak sedikit loh orang yang dulunya gak punya apa-apa sekarang menjadi apa-apa hanya karena merubah sudut pandangnya. Nih contoh konkritnya, kamu kenal Zinedine Zidane kan, pemain sepak bola tersohor dari Prancis. Dulu, waktu kecil dia gak bisa beli sepatu bola yang baru, orangtuanya miskin. Tapi dia gak mengeluh, dia tetap berlatih. Dia berlatih lebih keras dari anak-anak yang lain. Alhasil, saat dia besar, dia menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Dan waktu dia menjadi pemain terbaik, dia gak perlu beli sepatu bola, tapi malah perusahaan sepatu yang memberikannya secara cuma-uma. Kenapa bisa begitu, karena dia gak mengeluh atas kekurangan yang dia punya, malah kekurangan itu dijadikannya cambuk untuk berprestasi.



5.     Mengerti Bahwa Keinginan Tidak Menjamin Kebahagiaan
Dan yang terakhir kita harus tahu bahwa gak semua keinginan yang kita punya itu akan memberikan kebahagiaan. Bisa jadi itu cuma keinginan agar kamu bisa dilihat sederajat sama orang lain. Misalnya kamu punya teman-teman yang pakai kawat gigi, terus kamu ikut-ikutan pasang kawat gigi biar dibilang gaul, padahal gigi kamu gak ada masalah, gigi kamu rata dan rapih. Tapi setelah kamu pakai kawat gigi, ngomong jadi susah, makan jadi lambat, susah buang air besar, terus mantan jadi ngebet banget pengen balikan. Ujung-ujungnya kamu ngeluh dan minta kawat giginya dicopot. Misalnya lagi kamu seorang jomblo, karena kamu sendiri dalam satu geng yang belum punya pacar, terus kamu buru-buru nyari pacar. Eh, gak taunya dapet pacar yang ngeselin dan ngebetein. Ke mana-mana minta diongkosin, minta dijemput, minta digendong, minta diajak malmingan di bulan. Keinginan kamu terwujud buat dapetin pacar, tapi gak lantas bikin kamu bahagia kan? Coba dipikirin lagi deh, apakah memang yang kamu inginkan itu benar-benar kamu butuhkan, atau semua hanya demi gengsi, demi sebuah pengakuan. Kalau demi gengsi, mending gak usah deh. Sebab yang namanya keinginan mah gak ada habisnya, gak ada puasnya.


Ya mungkin itu saja yang bisa gue sharingkan kali ini. Setelah membaca tulisan di atas, gue berharap semoga tulisan ini bisa jadi bahan pelajaran buat kalian semua dan terutama buat diri gue sendiri. Kalau ada kata-kata yang gak sopan atau menyindir, mohon dimaafkan, karena bisa jadi itu hal yang emang disengaja, #hehehe J. Trims ya sudah mampir dan meluangkan waktunya untuk baca tulisan ini. Oh iya, sebelum gue akhiri, gue mau ngucapin, “SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL” sampai ketemu di tulisan berikutnya. Bye~ J