Sendirian, Ya Gak Masalah



Ah kalau ngomongin kesendirian sih pasti gak jauh dengan yang namanya kesepian, dan kesepian itu gak jauh dari namanya jomblo. Tapi gak mesti jomblo aja loh, yang udah punya pacar aja mereka masih ngerasa kesepian. Terutama tuh yang LDR-an. Punya pacar tetap sepi, soalnya cuma bisa bersua via suara, meski memandang langit yang sama. #hehehe
Sebagai orang yang sudah biasa sendiri bahkan berteman dengan kesendirian, gue ngerasa itu hal biasa, sendirian bukan akhir dari segalanya. Justru dengan sendirian gue bisa ngelakuin apa yang cuma bisa dilakuin dengan sendirian, boker misalnya. 
Dari pengalaman selama menjadi jomblo, akhirnya gue tahu apa yang biasa gue lakuin dalam kesendirian itu. Biar kesendiriannya gak bikin kalian menenggak cairan pembersih lantai, atau meminum premium bersubsidi, nih gue mau ngasih tips biar hidup kamu gak terus-terusan ngeluh karena ke mana-mana mesti sendirian. Yuk disimak.

1.       Cuek
Yang pertama harus kalian lakuin selama menikmati kesendirian adalah cuek. Kenapa mesti cuek, karena jomblo itu emang enak banget jadi bahan bullyan. Kalau istilah stand up, punchlines nya kena banget dan bisa bikin orang ketawa pecah. Gak percaya? Coba aja cek TL kamu kalau pas malem minggu, pasti banyak banget jomblo yang kena bully, termasuk gue juga sih, *mimisan. Mungkin itulah sebabnya kenapa jomblo paling males ngetwit malem minggu dan lebih memilih mendiam di bunker bekas peninggalan penjajah Belanda. Warga Jomblo tuh biasanya paling males banget keluar malem minggu. Mereka biasanya kalau jalan-jalan di keramaian bakal gak kuat ngelihat orang-orang yang bergandengan tangan. Ujung-ujungnya biasanya mereka ketakutan, kemudian nyerah dan melambai-lambaikan tangan di depan kamera. Kasihan ya.


Nah daripada kalian mikirin hal itu terus-terusan dan bikin kamu sakit hati, mending jadi cuek. Ada enaknya loh jadi cuek. Kamu gak perlu ngebebanin pikiran dengan hal-hal yang enggak-enggak. Misalnya kalau kamu cuek, jalan di mall sendirian pas malem minggu itu berasa enak, bebas, gak tertekan ngeliat orang-orang yang gandengan. Gak perlu mikirin apa kata orang tentang diri kamu yang sendirian muterin mall. Lagipula mereka juga gak akan mikirin kamu, mereka sibuk dengan pikirannya masing-masing. Ingat nih, kamu sebenarnya gak sendirian, ada jutaan jomblo di muka bumi ini yang bernasib sama.

2.       Nongkrong Bareng Teman
Kalau ini sering gue lakuin pas sedang suntuk di rumah. Biasanya gue ngumpul bareng teman-teman senasib, sama-sama bernasib jomblo. Biarin deh orang bilang kalian Jombol (Jomblo bergerombol) yang penting kalian bisa hepi, bisa menikmati waktu bersama teman-teman. Kan walau gak punya pacar masih ada teman yang setia. Jadi malam minggunya gak melulu kelabu. Ada istilah seperti ini, burung yang sejenis akan terbang dengan burung yang sejenis. Jadi jangan pernah nekat kalau kamu jomblo tapi ngotot ngumpulnya sama teman-teman kamu yang lagi pacaran pas di malem minggu. Kalau nekat juga, ya silakan. Risiko ditanggung sendiri.

3.       Jalan-jalan keluar rumah
Ini sih kesukaan gue. Jalan-jalan keluar rumah itu enak banget, selain bisa refreshing, kita bisa melihat kehidupan lain di luar sana. Biasanya gue kalau ke mana-mana naik angkot, bus atau kendaraan umum lainnya. Di sana gue bisa melihat sifat orang dari tingkah lakunya di dalam bis. Ada yang egois, gak mau ngasih kursi ke ibu-ibu tua atau perempuan hamil. Di situ juga gue bisa liat orang yang gak mau ribet, kalau naik bis maunya berdiri di deket pintu, biar keluarnya gak ribet, padahal di bagian dalem masih kosong. Orang kek gini sepertinya udah biasa bikin ribet orang lain, bikin susah orang yang mau naik atau turun bis. Bahkan ada juga yang kalau di bis pura-pura tidur sambil nempelin earphone di telinganya. Biar apa cobak?
Tapi inget, kalau kamu mau jalan-jalan keluar rumah, pastiin dulu tujuan kamu mau ke mana. Jangan sampai karena kamu gak tahu tujuannya ke mana, eh tiba-tiba nyampenya di depan rumah mantan. Dan kebetulan di teras rumah mantan ada si dia bareng pacar barunya lagi suap-suapan sendal jepit. Pasti bikin sakitnya tuh di sini.



4.       Beres-beres Rumah
Buat kamu yang males ke mana-mana sendirian, sepertinya beres-beres rumah itu udah kegiatan yang paling cocok deh buat diisi pas malem minggu atau di waktu kamu lagi sendirian gak ngapa-ngapain. Itung-itung kalau ada genteng yang bocor bisa segera dibenerin jadi gak perlu bayar tukang. Atau buat yang cewek, bisa nyuci piring atau nyapu setiap kamar, ya bila perlu nyuci dan nyapu kenangan mantan sekaligus. Kalau kamu rajin beres-beres rumah, kami pasti bakal rajin juga beres-beres masa lalu biar gak terkenang kembali #ehh.
Ada enaknya loh kalau kesendirian kamu diisi buat membereskan rumah, selain rumah kamu jadi kinclong, kamu bakal dapat nilai lebih di mata orangtua kamu, dan syukur-syukur dapat uang jajan lebih karena jadi anak yang rajin. Belum lagi kalau kamu orangnya rajin, kamu bisa benerin genteng rumah tetangga biar punya alasan buat deketin anaknya.

5.       Nonton Film
Kalau misalnya kamu lagi sendirian di rumah, bokap rapat, nyokap arisan, adik lagi les piano, pembantu lagi pacaran di rumah tetangga, rumah jadi sepi, pasti pilihan terbaiknya kalau gak tidur ya nonton film. Untuk sebagian orang, nonton film di rumah lebih enak ketimbang ke bioskop. Selain murah, nonton di rumah gak perlu keganggu sama penonton yang lain, yang rese, yang sepanjang film kerjanya ngobrol terus, pacaran terus, #hihh. Bukan cuma itu, kalau nonton di rumah bisa ngapain aja, lagi pengen kencing silakan, tinggal pause filmnya, urusan lancar. Kalau pas lagi nonton eh gak taunya ketiduran, gak perlu merasa rugi, toh filmnya bisa diputer lagi dari awal. Kalau pilemnya sedih dan bikin kamu nangis sejadi-jadinya, kamu gak perlu tengsin dilihatin sama penonton yang lain. Dengan menonton film di rumah, kamu bisa melupakan kesendirian itu.



6.       Baca Buku
Untuk sebagian orang, baca buku itu hal yang membosankan, tapi tidak kalau baca TL mantan, pasti serius banget. Bagi sebagian yang lain, membaca buku itu seperti sebuah kenikmatan tersendiri, seperti sedang menyantap makanan pengisi otak. Membaca itu menambah ilmu, memperluas imajinasi dan cakrawala. Kalau kamu jeli, kamu bisa lihat seseorang itu rajin baca buku atau tidak bisa dilihat dari kata-kata dan cara pandangnya atas sesuatu hal. Orang yang banyak baca buku itu gak asal nyeblak, gak asal ngomong tanpa dasar.


Dengan membaca buku, kesendirian kamu jadi tak terasa sekaligus bermanfaat karena bisa menambah ilmu. Apalagi kalau kamu bacanya buku pelajaran sekolah, wah bisa-bisa kamu ranking satu di kelas. Kalau kamu ranking satu, ujung-ujungnya banyak cewek cantik bakal suka dan mau jadi pacar kamu. Dan akhirnya, kamu gak bakal jomblo lagi. J

7.       Nulis
Dulu waktu masih sekolah, gue orang yang paling males nulis, tapi kalau nulis nama gebetan di tembok toilet sekolah sih rajin banget. Setiap kali guru ngasih tugas buat bikin karangan bebas, gue gak bisa ngapa-ngapain. Gak tau bingung mau dimulai dari mana, akhirnya pas tugas dikumpul, tugas menulis gue hanya berisi beberapa baris aja. Tapi setelah gede dan pengalaman hidup bertambah, gue merasa ada yang kurang dengan kehidupan kalau gak ditulis. Pengalaman-pengalaman hidup baik itu yang ngenes, yang lucu, yang apes gue tulis biar gak lupa. Dan sebentar lagi, salah satu pengalaman hidup gue di waktu lalu sudah dibukukan dan akan dicetak di nulisbuku.com, juga ada dalam bentuk free ebook. Buku ini gak dijual di toko buku, diterbitkan secara self publishing. Tapi berdoa aja, siapa tahu ada penerbit yang mau modalin biar bisa dijual di toko-toko buku se Indonesia. :) #hehee

Ada serunya loh kalau waktu-waktu kesendirian itu kita isi dengan menulis. Kita bisa melatih kepekaan dengan tulisan yang kita buat. Kita juga bisa menumpahkan segala unek-unek, kekesalan, atau kebahagiaan dalam sebuah tulisan. Konon kabarnya, orang yang suka nulis itu emosinya stabil. Misalnya nih, kalau kamu lagi kesel ama temen yang nikung gebetan kamu, coba deh ditulis di buku biar emosi kamu gak meluap ke tempat yang salah, diluap ke temen kamu dengan maki-makian binatang.  Ujung-ujungnya kalian berantem, pertemanan kalian yang dibangun bertahun-tahun harus berakhir tragis. Untuk sebagian orang, menulis malah bisa jadi sumber penghasilan. Lumayan kalau waktu sendirian bisa produktif, bisa menghasilkan karya kemudian menghasilkan uang. Seru kan?!


8.       Tidur
Nah hal ini nih yang sering banget gue lakuin kalau lagi males ngapa-ngapain. Siapa sih yang gak suka tidur. Semua orang pasti suka tidur. Apalagi kalau baru aja diputusin pacar, pengennya tidur terus jadi pas bangun-bangun eh udah bisa move on. Tapi inget, jangan tidur sembarangan, tidur di rel kereta api misalnya, bisa bahaya. Menurut penelitian, tidur itu bisa membuat pikiran kembali jernih. Tidur juga bisa bikin tubuh kamu kembali segar. Nah kalau kamu lagi sendirian dan gak tau mau ngapain, yang mending tidur aja. Biar pas bangun kamu bisa tahu apa yang bakal kamu lakuin, misalnya pas bangun tidur langsung benerin genteng, nyuci piring, nonton film, baca buku, nulis atau tidur lagi.





Dari tulisan di atas, gue yakin ada salah satunya yang sering kalian lakukan kalau lagi sendiri. Dan gue yakin pula, masih banyak yang bisa dilakuin kalau lagi sedang sendirian. Apa pun yang kamu lakukan pas sendiri, semoga yang kamu lakuin adalah hal-hal yang positif. Oke sekian dulu tulisan gue di penghujung bulan Oktober ini. Dan besok kita akan bertemu di bulan yang baru. Welcome November. J