Dirgahayu RI ke 74 Tahun


Gak kerasa ya, negara kita tercinta ini sudah menginjakkan kaki di tahun ke 74. Kalau ibarat manusia, sudah tua memang, mungkin jalannya sudah mulai bungkuk dan penghilatannya sudah kabur serta sulit mendengar. Meski begitu, di tahun ini Indonesia membuktikan kekuatannya. Keberaneka ragaman bukan sesuatu yang membuat kita terpecah, melainkan justru menyatukan. Semua ini terlihat dari apa yang terjadi beberapa bulan terakhir, ketika kita banyak terpecah karena beda pilihan politik tapi kita masih bisa bersatu. Belum lagi ada gerakan yang mencoba untuk mengacaukan suasana dengan membuat kerusuhan di Jl. Thamrin Jakarta yang ingin mencoba memantik kerusuhan di berbagai daerah. Dan syukurnya, hal itu tidak terjadi karena masyarakat kita sudah cerdas dan tidak mudah lagi diprovokasi oleh segelintir orang karena urusan kekuasaan.

Kita sebagai penerus bangsa, sudah semestinya terus membina kerukunan serta menjaga persatuan. Karena itu adalah aset berharga yang negara miliki tapi gak dimiliki oleh negara lain. Sebagai bangsa yang majemuk, secara logika kita memang sangat mudah dipecah belah, walau pada faktanya perbedaan itu yang justru menyatukan dan menguatkan kita.

Dengan semangat persatuan yang dimiliki anak-anak muda masa kini, gue sih yakin banget kalau Indonesia ke depannya akan semakin kuat dan semakin maju. Buktinya apa? Buktinya banyak banget, di youtube banyak anak Indonesia yang kreatif kemudian karyanya mendunia, di perfilman banyak anak muda yang bisa menyutradarai film layar lebar, di dunia bisnis muncul anak-anak muda yang sudah memiliki bisnis besar, di dunia penelitian banyak anak muda yang mendapatkan penghargaan internasional, di bidang olahraga banyak yang mengukir prestasi tingkat dunia. Masih mau bilang, "Bangsa kita gak punya kemampuan?"

Dengan segala apa yang dimiliki bangsa ini, sudah semestinya kita menjaga Indonesia tidak hanya untuk generasi kita, tapi untuk generasi anak cucu kita.

Leave a Reply