Era 90an


Entah kenapa gue tiba-tiba keingat era tahun 90an. Era di mana gue sibuk sekolah,  sibuk nonton MTV tanpa peduli apa itu masa depan dan apa itu cinta. Cinta hanya milik Rangga yang akan kembali dalam satu purnama. Mungkin salah satu penyebabnya kenapa gue keinget era itu adalah umur gue yang semakin bertambah sementara jodoh belum kunjung dateng. Tapi masih aja gue anteng main twitter. Hadoohh..! 

*tiba-tiba ada yang teriak*
“WOIYYY….! Klo mau jodoh, usaha dongggggg…!”
“Iyaa.. Iya…. Iyaa….. om....!” -____-“!

Mungkin ini cara otak gue untuk merefresh sejenak akan kepenatan hidup selama ini, sampe-sampe gue diajak bernostalgia kembali ke masa-masa itu. Gak ada salahnya sih kembali ke masa lalu, asalkan kita gak kejebak, lalu menetap di sana. Betul gak, Mblo? *sisiran*
Yang paling gue inget di tahun 90an adalah sinetronnya. Sinetron jaman dulu itu seru-seru. Ada sinetronnya Lulu Tobing yang gak kelar-kelar, yang adegan terakhir setiap episodenya pasti ngegantung, bikin emak-emak naik darah dan pengen ngebanting anaknya yang lagi dipangku. Ada juga sinetronnya Ken Ken pendekar 212 yang sablengnya gak sembuh-sembuh dan kadang nular ke penontonnya. Sinetron Jin dan Jun yang Sahrul Gunawan gantengnya ampe sekarang gak habis-habis. Trus ada juga serial pendekar ulat sutera yang saban sore gue pantengin di rumah tetangga. Maklum waktu itu keluarga gue belum punya tipi. Keluarga gue punya tipi pas gue udah duduk di bangku kelas 1 SMA. Hikss :’(
Tahun 90an juga tahun di mana gue suka baca novel Lupus, Goosebumps, Lima Sekawan, STOP, Trio Detektif, Fredy. S dsb. Sesekali gue juga baca buku stensilan bareng temen-temen SMP di dalem kelas (untuk yang ini pliss jangan ditiru). Di tahun itu juga gue demen banget baca majalah Hai, Aneka, Kawanku, Gadis dan diselingi majalah Bobo. Untuk komiknya adalah Petruk karya Tatang.S. Tapi komik yang paling juara adalah komik Siksa Neraka. Buat kalian yang belum tobat, mending baca komik ini deh.

Biasanya gue baca bacaan itu bukan hasil beli, tapi hasil minjem dari tetangga, juga minjem ama temen sekolah. Waktu gue kecil, kalau ada abang-abangan yang jualan majalah lewat, gue langsung melipir ke rumah tetangga yang kebetulan anak orang kaya. Anak-anaknya bakal dibeliin beberapa komik petruk atau majalah Bobo yang paling baru. Di sana gue bisa betah berjam-jam buat nungguin komik atau majalah itu kelar dibaca ama yang punya. Maklum, gue kan bukan anak orang kaya, jadinya cuma bisa numpang baca. Yang bikin gue betah berlama-lama baca komik petruk adalah terkadang ada adegan dewasa yang sering buat gue cekikikan sendiri. Entah apa yang ada di otak gue waktu ngeliat gambar yang sedikit mesum itu.
Untuk film, gak banyak yang beredar di tahun itu. Kalau pun ada palingan pilemnya Warkop yang saban lebaran dibanjiri penonton, ama pilemnya Renaldy yang gak jelas bergenre apa. Kalau pilem yang paling gue inget banget sih Si Badung, Arie Hanggara dan Bayi Ajaib. Walau tuh pilem sebenernya diproduksi di tahun 80an, tapi gue baru ngeliatnya di awal-awal tahun 90an. Ada salah satu adegan di pilem Si Badung yang sempet bikin gue nangis sesegukan di dalem bioskop. Yang bikin gue lebih sedih lagi, pas pulang gue diledekin ama temen-temen yang kebetulan waktu itu acara nonton bareng satu sekolah. Ternyata waktu gue SD, melankolis banget yak (baca: cengeng). Hikss :’(
Sementara itu acara tipi banyak banget yang gue suka, mulai dari kartun, festival film anak, film barat sampai film G-30 S/PKI. Waktu itu gue gak tau kenapa anak-anak sekolah diwajibkan nonton pilem yang berdarah-darah itu. Rupanya ada udang di balik batu. Tapi ada satu yang paling gue benci kalau lagi nonton tipi, laporan khusus. Bukan benci ama gaya pak Soeharto yang selalu pencitraan, diliput setiap beliau berkegiatan, tapi acara itu nongol tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jadi pernah kejadian, waktu itu gue ama beberapa temen lagi nonton pilem di rumah tetangga malem-mlaem. Di rumah itu penuh sama orang-orang, baik itu anak-anak kecil juga bapak-bapak karena jaman itu orang masih jarang yang punya tipi. Seperti biasa gue ama yang lain kalau nonton tipi bawa sarung biar gak dingin dan bisa nonton tidur-tiduran sambil ngedekep di dalem sarung.
Pilem di tipi waktu itu diselingi ama Dunia Dalam Berita. Waktu kecil, acara berita adalah acara yang sangat-sangat banget sekali membosankan, tapi terpaksa kami tonton karena gak ada channel lain. Setelah menunggu beberapa lama akhirnya acara berita itu kelar, gue ama temen-temen yang tadi baring-baringan bersiap di depan tipi sambil duduk bersila. Tapi apa yang terjadi, tiba-tiba nongol aja gitu tulisan di layar, “Laporan Khusus” dengan kompak di rumah itu teriak, “Huuuu……!” rupanya penonton kecewa. Gimana gak kecewa kalau acara nontonnya kudu ditunda lagi selama setengah jam. Mau gak mau gue ama yang lain nungguin tuh acara kelar sambil tidur-tiduran. Tapi sialnya, gue ketiduran ampe pagi. Pas bangun, temen-temen gue udah pada ngilang dan gue ditinggal sendirian. Hikss :'(
Tapi yang gue seneng di tahun 90an banyak acara musik yang muterin video klip. Ada MTV Most Wanted, Clear Top Ten, Sekilas Musik, Selingan Musik, Album Minggu dsb. Ada juga acara musik anak-anak yang presenternya kak Indra Bekti ama Kak Agnes Monika, judulnya Tralala… Trilili…. “Ayo semuanya bilang, Tralala.. Trilili…!” *kemudian disambit bata rame-rame*
Kalau acara musik malem minggu yang rame tuh namanya Aneka Ria Safari, yang tagline-nya kek gini es.. a… ef…. a… er… i…. Safari…...! Kalau acara ini main, ibu-ibu pasti pada ngumpul di satu tempat, di rumah yang punya tipi, trus nyanyi bareng lagunya Rita Sugiarto, Itje Trisnawati, Elvy Sukaesih dsb. Pokoknya setiap malem minggu, rumah yang punya tipi bakal berubah jadi tempat karaoke mendadak.
Di jaman itu, acara musik membuat rasa haus anak muda dan emak-emak akan terobati. Lagu-lagu dangdut waktu itu masih pakem, belum kena distorsi dengan dangdut koplo. Goyangan dan penampilannya masih mencerminkan ketimuran. Kalau dangdut sekarang ampun-ampunan deh, aneh-aneh, bikin mata gue gak mau ngedip.
Menjelang awal era 90an booming band-band keren seperti Slank, Dewa 19, Java Jive, Kla Project dsb. Di pertengahan tahun 90an muncul Stinky, Boomerang, Jamrud, Netral, Pas Band, Pure Saturday dsb. Di akhir era 90an muncul Padi, So7, Caffeine, Tipe-X, dsb. Gak lupa juga di era 90an ada duet maut Nadila ama Fathur yang ngehits, duet Inka Christie bareng Amy Search. Trus duet yang paling dewa adalah duet Susan ama Ria Enez, yang katanya kalau besar Susan pengen jadi dokter. Gak tau deh sekarang si Susan udah jadi dokter, apa belum. Apa jangan-jangan Susan yang ini yang kemaren rame diberitain di tipi? Who Knows..!

Waktu itu, dunia berasa indah banget karena gue gak bete sehabis pulang sekolah. Gue bisa ngeliat video klip terbaru mereka, trus hunting kaset-kaset mereka. Huntingnya bukan nyari di toko kaset, tapi minjem kaset temen sekolah buat didengerin di rumah. Setiap pulang sekolah, gue pasti mantengin acara MTV. Ngeliat VJ Sarah Sechan, VJ Jamie Aditya, VJ Nadia Hutagalung ampe VJ Santi yang munculnya belakangan. Itung-itung belajar bahasa inggris. Nonton mereka tuh bisa lancar bahasa inggris loh.

Oh iya, waktu itu belum ada yang namanya MP3, CD baru-baru nongol di akhir 90an. Trus kita dengerin musik dari kaset yang diputer di mini compo atau walkman. Kalau ada lagu baru yang kasetnya belum ada, gue belai-belain ke tempat temen buat ngerekam lagu baru yang diputer di radio. Biasanya kalau ada lagu baru, satu minggu sebelum kasetnya dirilis, tembang juaranya udah wara-wiri dan memuncaki tangga lagu di radio. Bisa dibilang, radio itu tempat bersenandungnya lagu-lagu fresh, bisa dibilang juga radio adalah tempat gue ngebajak lagu-lagu mereka yang udah gak sabar buat dihapalin liriknya.
Kalau udah hapal lagu baru yang tadi gue rekam, gue trus nyanyi-nyanyi di depan temen cewek biar mereka bilang. “Ihh kamu update banget deh. Udah hapal aja lagu itu. Tolong tulisin dong liriknya di buku aku. Makasih ya udah mau direpotin. Mau gak jadi pacar aku?” Dengan senang hati, gue bakal ngikutin kemauan tuh cewek. Ini gaya modus waktu itu, pliss jangan dipake buat jaman sekarang.

Ngomongin kaset, gue punya beberapa koleksi yang sempet gue beli waktu awal-awal merantau di Jakarta. Waktu itu gue tergila-gila ama yang namanya mengoleksi kaset. Maklum waktu sekolah, gue kudu ngumpulin uang berbulan-bulan buat beli satu kaset. Makanya gue memilih untuk banyak ngerekam lagu baru lewat radio ketimbang kudu beli, jadi gak perlu banyak ngeluarin duit. Kaset pertama yang gue beli dari hasil nabung waktu sekolah adalah albumnya Stinky yang judulnya Jangan Tutup Dirimu. Kover albumnya warna biru, gambarnya pintu ketutup. Nah pas udah bisa nyari uang sendiri, gue akhirnya melepaskan kerinduan itu, gue bales dendam. Setiap abis gajian, gue pasti jalan-jalan ke mall buat nyari kaset. Setiap bulan minimal gue beli satu kaset, kadang sebulan gue bisa beli dua sampe tiga kaset, tergantung pas bulan itu apakah banyak band yang ngerilis album. Tempat favorit gue di Disctarra Plaza Atrium Senen.

Waktu itu harga kaset gak begitu mahal, dulu paling mahal 17rb untuk lagu lokal, 22 ribu buat lagu barat, pas buat harga kantong anak-anak muda. Uniknya, kalau denger lagu pake kaset, kita gak bisa milih lagu yang kita suka. Jadi kudu harus sabar ngedengerin lagu-lagu yang lain dulu baru akhirnya ketemua lagu juaranya. Kalau mau cepet, palingan kasetnya ditusuk pulpen, trus diputer-puter ampe kira-kira pas di lagunya. Udah gitu, semisal side A habis, harus dibalik ke side B. Yang repot itu kalau lagi mau jalan-jalan. Kita dengerin lagunya pake walkman dan nenteng-nenteng kaset yang banyak, sekaligus nyetok batere ABeCe di kantong.
Yang ngebetein dari benda yang namanya kaset itu kalau kusut. Kita harus sabar ngeluarin pita yang amat tipis dari head tape recorder atau walkman. Semisal susah dicopot, terpaksa deh harus diputusin pake gunting. Jika udah begini, kaset bakal jadi gak enak didenger. Bakal ada nada yang skip atau mendayu-dayu. Yang ngeselin lagi kalau ternyata kaset itu hasil minjem, mau gak mau harus ngegantiin. Orang jaman dulu itu kebanyakan gak kuat beli tapi mampu ngegantiin. Termasuk gue sih. :’(

Kejayaan kaset itu ada di akhir tahun 90an dan di awal 2000an. Seiring berjalannya waktu dan munculnya teknologi alat pemutar musik digital, mau gak mau kaset kegusur ama yang namanya lagu berformat MP3. Orang-orang lebih memilih MP3 player ketimbang Walkman. Lebih simpel karena bentuknya kecil dan lebih canggih karena gak perlu bawa kaset yang banyak ke mana-mana. Udah gitu lebih hemat karena gak mesti beli batere, cukup colok ke listrik, selesai deh urusan.
Dan sejak saat itu juga gue udah gak pernah nyentuh kaset lagi. Walkman Sony yang biasa gue bawa ke mana-mana, udah gue ganti ama pemutar MP3 Player. Gue bela-belain nabung beberapa bulan buat beli tuh MP3 player 256MB seharga 500rb. Benda canggih itu gue beli di Mangga Dua Mall dan sekarang nasibnya entah ke mana. Kini, kaset-kaset koleksi yang dulu gue punya tinggal beberapa doang. Kebanyakan dipinjem temen dan males gue tagih. Lagipula, kalau gue tagih juga buat apa? toh gak bakal bisa gue puter lagi. Kalau pun mau diputer, palingan cuma bisa pake pulpen. u,u
Sisa kaset yang gue punya

Sekarang, sisa kaset yang ada masih gue simpen. Gue susun rapih berdampingan ama koleksi buku-buku yang gue punya. Itu sebagai pengingat gue bahwa hidup itu terus berubah, kita harus tetap maju dan cukup mengenang hal itu sesaat saja. Gue juga lebih seneng nyimpen kaset ketimbang nyimpen kenangan mantan. Terlalu sakit bagi gue kalau menyimpan cerita itu lama-lama. Mungkin dari tumpukan kaset itu, kehidupan mengajarkan ke gue bahwa "hidup lu gak sama kek dulu lagi. Dan lu gak bisa menggunakan pemikiran lama untuk menjalani kehidupan sekarang ini. All totally different..…!"
Jadi biarkan masa lalu itu sebagai pemanis kehidupan ketika kita merasa lelah memikirkan masa depan. Tapi bukan berarti kita harus berlama-lama tinggal di masa lalu, karena kehidupan kita sebenarnya ada di depan sana.

Oke gitu aja share gue kali ini, dan mohon maaf kalau kepanjangan. Semoga bermanfaat. Si Gombloh pencipta lagu, biar Jombloh asal gak belagu. Muehheehehee :3

Leave a Reply