Naik Angkot Itu Seru


Akhir-akhir ini gue lagi rajin keluar rumah karena ada kerjaan yang mesti dikelarin. Dan seperti biasanya kalau gue ke mana-mana pasti naik angkot. Menurut gue, naik angkot itu asyik, tiap hari bisa gonta-ganti mobil. Belum lagi kalau naek angkot penumpang di dalemnya gak itu-itu mulu, selalu berbeda, jadi gak ngebosenin. Udah gitu kalau naik angkot bisa rame-rame, gak perlu nyumpek-nyumpekin jalan raya ama mobil pribadi.
Jadi buat kalian yang masih manja, ke sekolah dianter mobil, ke tempat les dianter mobil, ke mall dianter mobil, ke kamar mandi dianter mobil, lebih baik dirubah deh kebiasaannya. Mending cobain naik angkot, selain kamu dapet pengalaman baru, kamu juga udah bisa mengurangi salah satu penyebab dari global warming, dan secara tidak langsung juga kamu udah ngasih rejeki ke supir angkotnya. Kalau tuh tukang angkot rejekinya banyak, mereka bisa nyekolahin anak-anaknya sampai tinggi. Mungkin saja suatu saat nanti, dari anak-anak mereka muncul pemimpin-pemimpin bersih di negeri ini. Pemimpin yang gak dibutakan harta serta tahta dan lebih mementingkan kepentingan rakyatnya di atas kepentingan pribadi dan golongan.


Di antara waktu yang paling baik untuk naik angkot menurut gue adalah pas bubaran sekolah anak-anak SMA. Biasanya kalau anak-anak sekolah khususnya yang cewek lagi bergerombol di pinggir jalan, mereka bakal naik angkot berbarengan. Nah kalau udah kek gini, gue berharap mereka naik angkot yang lagi gue tumpangin. Kenapa? biar gue jadi orang yang terganteng di dalem angkot. Kalaupun supir angkotnya lebih ganteng dari gue, udah pasti anak-anak sekolah itu gak bakal ngelirik tuh supir. Soalnya supir angkot itu maunya duduk di depan terus, gak mau ngumpul bareng penumpangnya. Udah gitu, semua supir angkot genit-genit, suka tebar-tebar pesona. Gak percaya, nih buktinya.

Supir angkot itu sering berhentiin mobilnya trus bilang gini, “Neng.. neng, mau ke mana neng. ikut abang yuk….!”
Lain waktu dia bakal bilang, “Bu, yuk naik, Bu. Daripada jalan kaki, pegel.”
Abis itu, dia bakal nanya abang-abangan yang lagi berdiri di pinggir jalan, “Bang, mau kemana bang? Mau ikut gak?” kepo banget kan.
Ada satu hal yang ngeselin dari supir angkot. Kalau kita bayarnya kurang, dia bakal nanya, “Dari mana, Bang?”
“Dari mana aja ya terserah gue lah…! Masalah buat looohhh…!” *nyolot*

Oke lanjut ke topik bahasan. Beberapa waktu lalu gue sempet ngetwit, isinya tentang kekeselan gue naik angkot, bukan karena angkotnya jelek atau supirnya ugal-ugalan, tapi karena ada stiker ngeselin di bekas dasbor depan, stikernya bertuliskan kek gini “STMJ : Sudah Tua Masih Jomblo”. Dan sialnya lagi, gue waktu itu gak sengaja duduk di bangku depan, yang berarti gue bakal liat tuh tulisan sepanjang jalan. Waktu itu gue merasa nih supir nyindir gue banget sih, ngapain juga stiker yang gak penting gini dipajang di sini. Apa cobak maksudnya. Gak tau apa kalau cowok jomblo disindir-sindir bakal lebih sensitif daripada cewek yang lagi PMS.


Saat itu gue pengen ngebalikin tuh mobil, ngeremukinnya kek kaleng kerupuk, persis seperti pas HULK lagi marah-marah ngancurin tank tentara. Untungnya waktu itu gue langsung istighfar, jadi gak sempet berubah jadi HULK apalagi jadi Wonder Woman. Gue cuma berjanji demi eneng gothik, yang punya goyang itik, gue bersumpah gak bakalan mau naik angkot itu lagi. Tapi apesnya, selang beberapa hari doang, gue naik angkot yang sama. Damn…! Apa salah gue ya aim? -_____-“!
Mungkin ini sudah takdir, ataukah ini tanda-tanda gue bakal dapet jodoh, atau mungkin ini peringatan. Peringatan bahwa gue harus bener-bener serius buat nyari pasangan hidup. Kata orang sih  hidup belum benar-benar hidup kalau gak punya pasangan hidup. Itu kata orang, kalau kata gue sih enggak, soalnya gue bukan orang, gue cuma cobe-cobean (lawannya cabe-cabean). Gue males kalau udah ngomongin pasangan dan gue lebih males lagi kalau gue dibandingin ama sendal jepit yang dari sononya udah dikasih pasangan. Salah gue apa lagi ya aim? -______-“!
Kita ganti topik. Sekarang kita tinggalin tuh angkot sialan dan kembali ke cerita tentang kejadian di dalem angkot yang lain. Nah dua hari yang lalu, pas gue baru pulang ngelarin kerjaan di luar, gue naik salah satu angkot. Untungnya angkot ini gak ada tulisan seperti yang dulu gue temuin. Gue ngangkat kedua tangan tinggi-tinggi sambil berucap, “Alhamdulillah”. Rupanya hari ini adalah hari keberuntungan gue. Tapi gak lama gue naik, ada pasangan muda yang ikut naik. Awalnya gue cuek ama mereka, namun pas gue denger tuh cewek nangis sesegukan, gue mulai keusik dan bawaannya pengen tau aja. Cewek itu terus nangis sepanjang jalan sementara cowoknya marah-marah.

“LO BISA DIEMMMM GAKKKKK?” semprot cowok itu kenceng.

Orang-orang di dalem angkot jadi kikuk, termasuk gue. Cewek itu bukannya diem tapi justru dia malah bertambah nangis. Saat itu gue yang duduk di sebelahnya pengen banget ngasih bahu buat senderannya, apalagi udah lama banget nih bahu gue gak dipake buat senderan para wanita yang sedang bersedih. *Jadi keinget lagu Shoulder to cry on*

“BISA DIEM GAK, KALAU GAK MAU DIEM, GUA TAMPAR LAGI NIH..!” Ancam cowok itu.
“Iya bang, iya, gue diem deh..!” #lohh kok gue yang jawab. -____-“! *salahfokus*

Tuh cewek rupanya gak mau diem walau udah dibentak-bentak. Gue yang ngeliat kejadian itu cuma bisa terkesima. “Busetttt, mau nampar cewek di dalem angkot. Jagoan bener nih orang.” Ucap gue dalem hati. Gak lama kemudian tuh cowok berhenti di suatu tempat.

“Braiiiiyyy…! Tolong anterin pacar gue ke tempat biasa ya.”

Oh rupanya supir itu temen dia. Tapi pas mobil mau jalan lagi, tuh cewek buru-buru turun ngikutin cowoknya.

“Aku ikut.. aku ikut…!” teriaknya gak mau ditinggalin.

Pas ngeliat ceweknya ikut turun dari angkot, tuh cowok tambah marah. Di pinggir jalan mereka adu mulut trus jambak-jambakan. Karena yang cowok lebih kuat, tuh cewek habis ditamparin. Badannya juga dipukulin, didorong dan sesekali ditendang.



Ngeliat hal ini hati gue miris, kenapa sih cewek masih mau aja berhubungan dengan cowok yang ringan tangan. Ringan tangan bukan maksudnya suka nolong, tapi suka nampar. Udah tau sering disakitin, tapi kenapa masih nempel aja. Cewek itu emang mahluk yang susah dimengerti, tapi cowok itu mahluk yang paling susah dimengerti. Sumpah, gue susah ngertiin gimana seorang cowok bisa tega ngelakuin itu ke perempuan, bukankah dia lahir dari rahim seorang perempuan juga. Kalau dia lahirnya dari bolongan knalpot racing sih gue bisa maklum, tapi dia lahir dari rahim ibunya yang notabene juga perempuan. Rupanya cewek ama cowok itu memang susah dimengerti.

Pas mobil menjauh, salah satu penumpang nyeletuk, “Itu cowok tega amet ya?”
“Iya..!” sahut penumpang yang lain serempak.
Terus supir angkot itu ikut nimbrung, “Mereka emang gitu kalau pacaran. Udah berapa kali putus nyambung tapi tetep aja mereka bertahan. Saya aja bingung kalau ngeliat dia pacaran.” Ucapnya sambil geleng-geleng kepala. “Kasihan ceweknya.”

 Gue sempet mikir waktu itu, kalau pacarannya aja kek gini, gimana nanti pas mereka nikah. Bisa jadi di dalem rumah, mereka adu pedang, lempar-lemparan bom molotov atau adu tongkat sihir kek di pilem Harry Potter. Ya sudahlah, mungkin itu cara mereka pacaran. Yang namanya orang pacaran kan punya gaya pacaran yang beda-beda, ada yang pacarannya pegangan tangan, ada juga yang cuma telpon-telponan aja tiap malem minggu, ada juga yang justru pacarannya cuma mensen-mensenan di TL. Mungkin itu gaya mereka pacaran dan cara mereka menunjukkan kemesraannya di depan khalayak ramai. Tapi gue sih berharap, kalau suatu saat nanti gue punya pasangan hidup, gue gak ingin punya istri yang suka mukulin suaminya. Titik…!
Pada akhirnya, gue jadi bingung sendiri. Ada orang yang susah banget nyari pacar, tapi ada juga yang udah dapet pacar tapi disia-siain, apalagi sampai dipukulin kek cewek tadi. Ya namanya juga hidup…!
Dari situ gue belajar bahwa menghargai pasangan hidup itu sangat penting. Saling memahami dan percaya adalah kunci sebuah hubungan. Apa yang diselesaikan dengan kekerasan justru akan menimbulkan kekerasan selanjutnya. Tapi ada satu hal yang paling penting yang bisa dipetik dari kejadian itu, hal yang bisa dijadikan pertimbangan buat kalian yang masih pacaran, hal yang harus dijadiin pelajaran buat kita semua ke depannya agar hal seperti itu tidak menimpa pada diri kita. Hal yang paling penting itu adalah lebih baik menjomblo, gak perlu menyakiti dan gak akan disakiti pasangannya. Mueheehee..! *sisiran*

Keep Jomblo Woles…! Byeeee….! =))

*Kabur sebelum disambit rame-rame*

2 Responses so far.

Leave a Reply