Tikus oh Tikus

Akhir-akhir ini, emak gue ngerasa sedih karena beberapa anak ayam piaraannya tiba-tiba menghilang dari kandang. Dari lima anak ayam yang ada, kini hanya tersisa satu. Padahal anak-anak ayam itu rencananya kalau sudah besar buat dipotong di lebaran tahun depan. Gimana emak gue gak sedih kalau anak ayamnya hilang semua, bisa-bisa tahun depan keluarga gue terpaksa lebaran tanpa menu opor ayam, :'( hikss..!  Menurut perkiraannya sih, ada tikus yang gondol tuh anak ayam. Ternyata gue baru tahu kalau tikus gak cuma demen nyolong uang rakyat, tapi juga ayam rakyat.
Sebagai pemelihara ayam yang baik dan bertanggungjawab, emak gue gak mau kecolongan lagi. Setiap sore dia bener-bener tutup rapat tuh pintu kandang, trus nyumpel juga lubang-lubang yang bolong pake papan. Eh tapi yang namanya tikus emang panjang akal, walau udah ditutup akses masuknya, ada aja cara mereka untuk ngegondol. Kebanyakan sih mereka main belakang, sembunyi-sembunyi atau suap sana-suap sini.
Semalam, kejadian itu terjadi lagi. Tiba-tiba ayam-ayam emak gue berkokok lantang. Gue pikir wah ini sudah pagi, tapi perasaan, gue baru aja tidur dan gue tadi tidur jam 1 malem gara-gara nonton Percy Jackson Sea of Monsters. Yang bikin gue kaget, emak gue bangun dan langsung panik ngedenger hewan piaraannya minta tolong. Dia sibuk sana-sini nyari senter, sampe-sampe senter di depan matanya gak keliatan. Kepanikan itu kontan ngebuat seisi rumah kebangun semua.
Ngelihat hal ini, gue sempet mikir, kalau gue teriak-teriak minta tolong, emak bakal kek gitu juga gak ya.

*Menghayal*
"Makk... makk... tolong makkk...!"
"Iya.. iya.... ada apa, Nak?"
"Makk minta tolong, Mak?"
"Iya, minta tolong apa?"
"Minta tolong beliin mobil mewah, kapal pesiar, tiket liburan ke Eropa."
*Kemudian dikeplak*

Gue yang udah kebangun terpaksa nemenin emak untuk ngecek kandang ayamnya. Di sana, gue ngeliat beberapa tikus panik dan bubar melarikan diri. Persis seperti para tikus yang panik gara-gara sarangnya didatengin petugas dari KPK (Kucing Penjaga Keamanan).
“Banyak tikusnya, Mak?” tanya gue cepat.
“Di sini sih enggak, tapi kalau di DaPuR banyak.” Jawab emak gue enteng.
Gue mikir sejenak, apa cobak maksud ucapan mak gue ini. Kalau di tempat itu sih gue udah gak bisa komen lagi, soalnya di DaPuR emang sarangnya tikus. Di sana banyak makanan empuk, banyak proyek yang bisa mereka lakukan mulai dari buka-bukain panci, ngorek-ngorek keranjang sampah, ampe nyemilin stok mie instan gue di dalem bufet. Hebatnya lagi, tuh tikus kalau nyemilin mie gak ampe abis, cuma separuh doang. Yang paling bikin ngeselin adalah kadang mereka nyicipin semua rasa mie kesukaan gue. Kalau pun kalian mo makan mie gue, plis makan satu aja, jangan semuanya dicoak :'(.
Setiap gue denger ada yang aneh di DaPuR, gue langsung datengin dan nyalain lampu, tapi apa yang terjadi, mereka menghilang bak ditelan bumi. Emang ya, tikus itu panjang akalnya dan pinter ngelesnya. Gue sih berharap tuh tikus-tikus di DaPuR gak melarikan diri ke luar negeri. Soalnya kalau sudah begini, urusannya udah gak bisa pake perangkap tikus lagi, tapi Interpol.



Untungnya, anak ayam yang tinggal semata wayang itu gak jadi korban selanjutnya, hanya saja ada luka gigitan di kakinya. Untuk menjaga agar hal itu gak terjadi lagi, gue diminta emak untuk masang CCTV di kandang. Tapi karena CCTV mahal dan toko belum pada buka di dini hari, akhirnya gue pasang aja lampu biar terang. Gue pasang lampu yang iklannya kek gini, "Gue bakal lihat lu tumbuh besar, menikah dan membina keluarga." Hal ini gue lakuin untuk jaga-jaga, biar nanti kalau tuh tikus mau nyuri lagi bakal mikir dua kali deh. Soalnya tuh lampu bakal bilang ke dia, "Gue bakal lihat lu tumbuh besar, menikah dan membina keluarga.". Setelah semuanya kondusif dan ayam beranak pinak itu udah ngerasa aman, akhirnya gue dan emak meninggalkan tempat itu dan kembali tertidur lelap sampai pagi.
Dari situ gue belajar bahwa kalau kita udah cinta ama peliharaan, apa pun akan dilakuin. Mungkin begitu juga kalau kita udah cinta ama seseorang, kita akan melakukan apa saja untuk menjaganya. Tapi bukan berarti orang yang kita cintai itu peliharaan ya. Apalagi kalau kita udah cinta ama negeri ini, kita bakal rela mati untuk ngejaganya, seperti yang dilakuin ama engkong-engkong kita terdahulu, salut deh buat engkong pahlawan *angkattopi*. Trus gue juga belajar bahwa yang namanya tikus itu harus diwaspadai, baik yang di deket kandang ayam atau yang di DaPuR. Kalau kita gak waspada, mereka akan mengambil apa yang bukan haknya. Kalau hal ini dibiarkan maka bukan cuma kita aja yang dirugikan, tapi bangsa ini juga. Untuk itulah gue berharap kita tetap waspada, jangan kepancing iba ama tampang tikus yang memelas kalau udah ketangkep dan terbukti mencuri. Mereka aja gak iba pas ngambilin milik orang miskin di negeri ini, kenapa kita kudu iba ke mereka.
Oke, gue kira itu dulu yang bisa gue share di mari. Moga aja bermanfaat. Salam kece, salam jomblo…! Mueheehehee… :D

10:19 AM ~ Des, 12, 2013 - by: Si Oblong

Leave a Reply