Selamat Tahun Baru 2014


Hore….! Horeee…. Tahun baru…! *niupterompet*
Selamat Tahun baru 2014 dan selamat tinggal kenangan di 2013.


Semalam gegap gempita melanda masyarakat dunia. Seluruh manusia di penjuru bumi merayakan datangnya tahun yang baru. Orang-orang sibuk mengisinya dengan berkumpul bersama keluarga. Ada juga yang berkumpul di pusat kota untuk menikmati acara yang disediakan pemerintah, bahkan ada juga yang diem sendirian di atas genteng, menikmati kembang api sambil ditemani seekor kucing yang juga kesepian. Semoga kalian bukan yang terakhir.
Dengan datangnya tahun yang baru, datang juga harapan baru. Orang-orang beramai-ramai membuat harapan, komitmen atau target-target baru, sebutan kerennya sih resolusi. Mulai dari harapan mendapatkan pekerjaan yang baru, mendapatkan kehidupan yang baru, mendapatkan pasangan yang baru, bahkan harapan untuk mendapatkan pacar bagi jomblo-jomblo ngenes kek gue. Hiksss :’(
 Semua orang bersemangat untuk bisa meraih rencana-rencana mereka di tahun ini. Kita begitu menggebu-gebu mengucapkannya karena tersulut emosi sesaat. Tapi apa yang terjadi setelahnya, seminggu kemudian resolusi itu menguap begitu saja. Gak ada lagi semangat buat ngeraihnya dan tiba-tiba penghujung tahun kembali datang. Dan lagi-lagi kita terjangkit euforia untuk berbondong-bondong membuat resolusi baru untuk di tahun depannya. Tapi sayangnya, lagi-lagi resolusi itu menjadi basi.

Jadi apa yang salah?

Yang salah adalah kita tidak tahu bagaimana cara merealisasikan semua harapan-harapan itu. Seiring dengan berjalannya waktu kita terkadang lupa dengan harapan itu. Mungkin penyebabnya karena kesibukan kerja atau karena kita terlalu nyaman dalam kondisi sekarang.

Jadi bagaimana agar kita bisa fokus terhadap harapan-harapan itu?

Kalau menurut gue, biar kita bisa fokus, buat visualisasi dari harapan-harapan itu. Semisal kalian mau jalan-jalan ke luar negeri. Cari gambar-gambar yang berhubungan dengan tempat yang ingin kamu datangi. Kalau kamu ingin punya kendaraan, cari gambar-gambar yang sesuai dengan harapan kamu. Tahu gak sih, ternyata orang-orang sukses di dunia ini adalah mereka-mereka yang berhasil membuat visualisasi. Mereka punya gambaran masa depannya di sebuah papan yang dipasang di kamarnya.
Dengan adanya visualisasi, kita bisa lebih fokus dan tergerak untuk segera merealisasikannya. Kamu juga bisa membuat visualisasi itu di meja belajar kamu, di meja kantor kamu atau di tempat-tempat yang mudah untuk kamu lihat. Karena semakin sering kamu lihat, semakin kuat gambaran itu ada di otak kamu.

Segalanya dibuat dua kali, pertama di pikiran kita, kemudian di kehidupan nyata.

Mungkin ada yang bingung dengan kalimat di atas. Apa iya, begitu? Coba kamu mikir sebentar, kira-kira monas itu ada karena dibangun dulu baru dipikirin atau dipikirin dulu baru dibangun. Kira-kira orang yang buat pesawat terbang itu, buat pesawatnya dulu baru mikir apa mikir dulu baru buat pesawat terbang. Nah pasti kalian ngejawab, “Ya dipikirin dulu dong baru menjadi nyata.” Tuh pinter. Berarti benar kan tulisan di atas.

Hal ini juga loh yang pernah dilakuin sama petinju legendaris Muhammad Ali. Beliau kalau mau bertanding harus memikirkan pertandingan yang akan dilaluinya. Ia berpikir pukulan-pukulan seperti apa yang akan dilepaskannya, dalam ronde ke berapa ia bakal menjatuhkan lawannya. Alhasil, ia sering menang dan menjadi legenda tinju yang terkenal di seluruh dunia.
Terlepas dari semua itu, hal yang utama yang harus benar-benar dilakukan adalah Take Action. Percuma jika semua harapan kamu sudah tertera dalam gambar-gambar yang indah tapi kamunya gak mau bertindak ke arah sana. Bertindak itu memang sulit, melelahkan dan terkadang menguras emosi. Tapi yakin deh, semua yang kamu lakuin akan terbayar jika mimpi kamu bisa terwujud.

Jadi, ayo buat visualisasi harapan-harapan kalian dan take action. Gak usah malu diledekin orang-orang. Semua orang sukses di dunia ini berawal dari harapan-harapan dan mimpi-mimpi mereka. Gue cuma berharap, kalian bisa mewujudkan semua harapan-harapan di tahun 2014 ini. Termasuk para jomblo yang berharap punya banyak pacar. Aminn…!

Sampai jumpa di lain waktu. :D

Leave a Reply