Wisuda oh Wisuda

Beberapa tahun terakhir ini gue sering banget ngeliat orang-orang yang suka ngebanggain statusnya sebagai Mapala (Mahasiswa Paling Lama), Mahasiswa Semester Tua atau apalah sebutannya. Mungkin itu cuma buat lucu-lucuan aja atau sebagai pelampiasan emosi karena skripsi mereka gak kelar-kelar. It’s okay..! Asal jangan keterusan aja. Gue yakin kok, di dalam hati kecil mereka, mereka semua pengen buru-buru wisuda, memakai toga sambil berfoto tersenyum bersama orangtuanya. Tapi kalau kalian yang baru kuliah dan menganggap hal itu menjadi hal yang wajar dan justru ingin seperti mereka, kalian harus mikir dua kali deh.



Bagi mahasiswa yang punya kesibukan lain seperti bekerja, hal itu mungkin bisa dimaklumi. Karena gue paham benar gimana rasanya kerja sambil kuliah, sumpah capek banget. Gue salut sama mereka yang bekerja tapi masih mau kuliah. Membiayai kuliahnya sendiri tanpa harus meminta kepada kedua orangtua mereka. Mereka juga rela membagi waktu antara mengurusi pekerjaan dan mengurusi kuliahnya. Pasti banyak kesenangan-kesenangan yang harus mereka buang untuk bisa mengerjakan keduanya secara bersamaan. Tapi kalau ada mahasiswa yang kerjanya hanya kuliah, biaya kuliahnya masih ditanggung sama orangtuanya, tapi masih gak lulus-lulus juga, ini sih kebangetan. Gimana perasaan orangtuanya cobak? Udah capek-capek banting tulang, peras keringat buat bayar uang kuliah, eh anaknya malah gak lulus-lulus.
 Penyebab utama kenapa mahasiswa gak lulus-lulus adalah Skripsi atau Tugas Akhir mereka yang gak kelar-kelar. Gue gak mau ngejudge mereka yang gak lulus-lulus itu sebagai mahasiswa pemalas. Mungkin saja bagi sebagian orang, nyelesain Skripsi atau Tugas Akhir sulitnya minta ampun. Mulai ditolak beberapa kali pas saat mengajukan judul,  revisi bab berkali-kali, sampai sulitnya nemuin dosen pembimbing. Belum lagi kalau mereka dapet dosen pembimbing yang bawelnya minta ampun, makin tambah lama kelar aja tuh skripsi. Tapi kalau dilihat-lihat, kenapa banyak orang yang bisa lulus dengan tepat waktu, apakah mereka orang-orang yang berotak pintar ataukah mereka beruntung dapet dosen yang baik atau jangan-jangan mereka beli Skripsi, mudah-mudahan sih tidak. Kalau menurut gue, mereka yang bisa lulus tepat waktu adalah orang-orang yang emang fokus buat nyelesain kuliahnya, mereka gak peduli seberapa pun beratnya rintangan yang menghadang, mereka bakal jalan terus.
Orang yang susah ngelarin skripsi biasanya karena mereka sering menunda-nunda. Karena sering menunda, akhirnya mereka terbiasa menunda, karena terbiasa menunda mereka menjadi keasyikan menunda. Karena keasyikan menunda-nunda jadi skripsinya gak kelar-kelar. Jangankan menulis bab satu, menulis judul skripsi aja masih banyak yang nunda kok.
Dulu waktu gue ngerjain Tugas Akhir, gue juga pernah ngerasain hal yang sama. Gue sering menunda-nunda buat nulis bab 1, menunda buat nemuin dosen pembimbing yang kebetulan waktu itu gue dapet dosen yang ngajar di kampus yang jauhnya minta ampun (menurut gue sih waktu itu). Dosen pembimbing gue ngajar di kampus Jatiwaringin sementara gue di Cilincing. Itu sama aja gue bakal menempuh perjalanan dari ujung Utara Jakarta menuju ujung Timur Jakarta. Dan untuk menempuh jarak itu gue butuh waktu berjam-jam di jalan, bisa-bisa gue berangkat klimis pulang sudah berkumis. Karena sering menunda dan membuat banyak alasan, akhirnya gue memutuskan buat menyerah. Tugas Akhir gue terpaksa ditunda dan mau gak mau gue harus telat wisuda dan mengikuti gelombang kedua.



Tapi dari kegagalan pertama, gue belajar untuk gak jatuh di lubang yang sama. Gue ikut gelombang kedua dengan penuh semangat. Kebetulan juga gue dapet dosen pembimbing yang ngajarnya di kampus Salemba. Sayangnya, semakin gue fokus nyelesain Tugas Akhir, semakin banyak juga halangan yang datang. Mulai dari waktu yang sedikit gara-gara sering lembur di pabrik, banyak temen yang ngajak main kesana-kemari, sampai-sampai gue hampir nyerah lagi gara-gara komputer gue rusak dan menghapus semua data Tugas Akhir yang hampir rampung. Walau begitu, gue gak lantas menyerah. Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Berbekal tanya-tanya ke temen, akhirnya gue dapat software untuk mengembalikan data di harddisk yang sudah terformat. Walau gue akhirnya dapat data-data itu, tapi datanya gak lengkap. Dengan terpaksa gue tambal sulam tuh TA berdasarkan fotocopy per bab yang pernah gue ajuin ke dosen. Dan tradaa..! TA gue terkumpul dengan selamat dan bisa ikut sidang.
Kalau ngomongin kuliah, gue jadi keinget perjuangan buat kuliah dulu. Sejak lulus SMA gue pengen banget kuliah, tapi sayangnya orangtua gue dah gak mampu ngebiayain pendidikan. Jangankan buat kuliah, buat makan aja susah. Karena itulah di awal tahun 2001 gue merantau ke Jakarta buat nyari kerja, biar bisa bantu orangtua. Di Jakarta gue jadi buruh pabrik kayu, buruh kasar yang kerjanya pake otot bukan otak. Upah pertama gue hanya empat ratus ribuan perbulan. Dibayarkan perminggu sebesar seratus ribuan. Padahal kerjaan impian gue itu adalah kerja kantoran yang gajinya juta-jutaan. Memang, harapan gak selalu seindah kenyataan, atau mungkin, impian gue yang ketinggian.
Walau gue sibuk jadi buruh pabrik, tapi impian gue buat kuliah gak memudar. Upah yang gue dapet gue bagi-bagi, buat kirim ke kampung, buat orang rumah tempat gue tinggal, buat biaya hidup dan sisanya gue tabung buat biaya kuliah nanti. Tiga tahun lamanya gue nabung akhirnya bisa kuliah. Tapi karena biaya kuliah di Universitas Swasta di Jakarta berjuta-juta, sementara gaji gua cuma ratusan ribu, jadi gue cuma bisa kuliah D3 di kampus yang menurut gue paling murah.
Kampus gue ada di sekitaran Salemba (JakPus), sementara gue kerja di Cilincing (JakUt). Pulang kerja gue langsung ke kampus, gak pake mandi, naik bus. Rutinitas gue berangkat pagi-pagi, pulang tengah malem. Pagi nguli, malem ngampus. Pagi bergelut dengan keringat, malam bergelut dengan buku. Kadang karena saking capeknya, gue sering banget ketiduran di bus. Bukan cuma itu, gue sering banget telat ngampus gara-gara kejebak macet. Apalagi kalau pas di musim hujan seperti sekarang, jangan harap bisa nyampe kampus tepat waktu. Kalau ada UTS atau UAS, gue bela-belain cuti atau izin setengah hari. Lari-lari ngejar bus, nyewa tukang ojek, sampai desek-desekan di dalam bus. Semua gue jalanin cuma mau ngebuat orangtua gue bangga. Karena di keluarganya, hanya gue yang bisa kuliah.



Ternyata perjalanan gue kuliah gak semulus dengan apa yang gue rencanain jauh-jauh hari. Kenaikan BBM tahun 2005 merubah segalanya. Bensin yang tadinya seharga 2.400/liter, loncat jadi 4.500/liter. Ongkos naik dua kali lipat, yang berarti biaya makan juga ikut naik, tapi gaji buruh gak ikut naik. Lambat laun gaji gue jadi minus, hutang di sana-sini. Setiap hari gue ngirit makan. Makanan termewah gue nasi uduk, sisanya mie instan. Di kampus, perut gue cuma bisa diisi ama roti seharga gopek, ditambah air mineral gelas. Kalau bosen ama roti, gue beli gorengan trus makan sambil ngumpet di bawah jembatan penyebrangan UI yang gelap. Bukannya gue pelit, tapi gue malu kalau ketemu temen sekelas lagi makan begituan. Kadang gue beli gorengan seribu yang waktu itu dapet empat biji. Gue makan dua, sisanya gue simpen di tas, jadi kalau pas gue laper banget di kelas, gue bakal ke toilet, di dalem gue makan tuh sisa gorengan tadi. Sering banget gue ngiri ama temen-temen yang bisa makan di pedagang yang berjajar di depan kampus. Mereka begitu asyiknya bisa menikmati semua itu, lah sementara gue, cuma bisa nganga sambil nyiumin bau sate padang yang ketiup angin dan hinggap di hidung gue. Hikss :’(
Sempat gue mikir buat berhenti kuliah karena udah gak sanggup ngelewatin semuanya. Gue udah gak kuat makan mie instan setiap hari, kelaparan di kampus dan menumpuk hutang di rentenir. Waktu itu gue pasrah, mungkin udah nasib gue buat jadi kuli pabrik seumur hidup. Tapi untungnya, gue inget emak yang pernah berjuang bela-belain gue agar bisa lulus SMA. Dari beliau gue belajar untuk pantang menyerah.
Semua gue jalanin lagi, gue mencoba untuk gak mengeluh karena gue pikir pasti ada orang yang nasibnya lebih tragis dari gue. Lagipula mengeluh gak bikin semuanya langsung berubah. Dan ketabahan gue berhasil, gue akhirnya lulus walau harus ikut wisuda di gelombang kedua. Saat wisuda, emak ama bapak dateng ke Jakarta buat ngehadirin acara langka yang mungkin hanya sekali beliau bisa rasakan. Mereka dan beberapa saudara yang tinggal di Jakarta juga ikut hadir di acara wisuda yang kebetulan diadain di JCC Senayan. Kepuasan gue bukan karena gue bisa lulus dengan IPK di atas 3, tapi gue bisa lihat senyum bahagia mereka. Senyum bahagia yang gak bisa gue jelasin dengan kata-kata. Tapi gue yakin, saat kalian wisuda nanti, kalian akan melihat senyum yang sama yang pernah gue lihat di wajah kedua orangtua gue. :')



Kalau menurut kalian menjadi mahasiswa abadi itu membanggakan, rupanya ada lagi loh yang lebih membanggakan dari itu, yakni melihat senyum bahagia orangtua saat kalian wisuda. Jadi gak usah deh kelamaan jadi Mapala, mending cepat kelar kuliah dan bisa banggain orangtua. Karena umur orangtua gak ada yang jamin bisa panjang. Besok atau lusa bisa aja mereka dipanggil oleh sang pencipta. Kalau sudah kek gini, kalian bakal ngerasain kekosongan saat wisuda nanti. Mumpung mereka masih hidup, buat beliau bangga dengan melihat kalian memakai toga, berdiri di panggung kemenangan dan mendapatkan gelar Sarjana.

Oke, mungkin itu aja yang bisa gue share kali ini. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kalian semua. Dan bagi yang lagi nyusun Skripsi atau Tugas Akhir, ayo semangat. Bikin orangtua bangga dan gak menyesal melahirkan kalian. :D

Leave a Reply