Sepasang Maho di Dalam Toilet


Kalau kita ngomongin teknologi, pasti gak bakal ada habis-habisnya deh. Gimana enggak, teknologi berkembang begitu pesatnya. Setiap hari ada aja teknologi baru yang muncul, yang ngebuat kita sering berdecak kagum. Contohnya dulu handphone layarnya monochrome, sekarang handphone layarnya LCD. Dulu handphone layarnya kecil-kecil, sekarang layarnya gede-gede, malahan layar semua. Dulu orang-orang LDRan lewat surat, sekarang lewat sosial media. Teknologi juga banyak membuat para jomblo yang awalnya kesepian, menjadi jomblo yang sibuk main twitteran. Mueheehee..!


Gue inget dulu pas awal-awal punya handphone, kalau mau ngirim nada dering harus pake infrared, tapi sekarang udah pake bluetooth. Sepertinya suatu saat nanti bukan cuma nada dering yang bisa dikirim via bluetooth, tapi nada-nada cinta juga. Eaaa…. Uwoouwouw…! Bukan hanya itu, dulu para jomblo kalau malam minggu sibuk main game snake atau tetris di hape, klo sekarang para jomblo sibuk mainin aplikasi pacar virtual di hape androidnya. :’) *curcol*
Sebenarnya tujuan dibuatnya teknologi biar memudahkan manusia, membuat yang ribet menjadi mudah. Sayangnya gak melulu teknologi memudahkan manusia. Buktinya, kemarin gue ngasih hape android ke emak, kebetulan hape jadulnya lagi error, gak bisa buat nelpon. Gue pikir, dengan hape gue yang lumayan canggih itu, emak bakal lebih gampang buat nelpon, eh tak tahunya emak malah kesusahan dan bilang. “Ini cara pencet nomornya gimana, kok layar semua.” -___-


Ternyata bukan emak gue aja yang pernah dibuat bingung ama teknologi, tapi gue juga pernah ngalamin hal yang demikian. Tapi hal yang gue alamin gak berhubungan dengan teknologi telekomunikasi, melainkan teknologi di dalam toilet. Lebih parah dari emak gue kan? :’( *tepokjidat*
Gue yakin banget kalau kalian pada tau tentang teknologi deteksi memakai sensor. Mau ngabsen kerja pake sensor sidik jari, sensor retina, sensor suara dsb. Belum lagi di rumah-rumah yang canggih, kalau kita keluar dari dapur, lampu dapur bakal otomatis mati sendiri. Tempo hari juga gue sempet nonton tipi kalau sebentar lagi bakal ada teknologi sensor buat di mobil. Jadi mobil ini nantinya bisa nyala sendiri, nyetir sendiri  bahkan markir sendiri. Keren kan? Dan gue juga yakin kalau di antara kalian pernah ke restoran dan nemuin wastafel (tempat nyuci tangan) yang keran airnya pakai sensor. Jadi kita gak perlu repot-repot buka atau tutup keran sebab airnya bisa ngalir dan mati secara otomatis. Karena teknologi sensor ini terus berkembang, mungkin aja suatu saat akan ada alat sensor untuk mengetahui siapa-siapa aja temen kamu yang lagi jomblo. :D
Nah sekarang gue mau cerita tentang kejadian beberapa tahun yang lalu di sebuah gedung perkantoran di daerah Kuningan. Nama gedungnya menara Jamsostek. Buat kalian yang sering melintas di jalan Gatot Subroto, entah itu dari Cawang atau sebaliknya, kalian bakalan tau gedung ini. Waktu itu gue ditugasin oleh ketua serikat pekerja buat minta data-data setoran Jamsostek, soalnya waktu itu perusahaan gue udah beberapa kali nunggak, sampe-sampe banyak karyawannya yang sakit terpaksa ditolak oleh pihak rumah sakit. Karena gue yang lumayan tau jalan-jalan di Jakarta, akhirnya guelah yang disuruh buat ke sana ditemenin Kian.
Perjalanan pun dimulai, dari ujung Jakarta Utara, tepatnya di Cilincing, gue berangkat naik motor menyusuri jalan-jalan kota Jakarta yang ramai. Macet, panas terpaksa kita jabanin. Kita ngambil jalan yang gampang dan sering kita lewatin, Terminal Tanjung Priok, Ancol, Gunung Sahari, belok ke arah Pasar Baru, trus tembus di Harmoni, lurus lagi ke arah Tomang, abis itu belok kanan ke arah Slipi. Hapal banget kan gue? maklum mantan kenek metromini :).
Kita akhirnya jalan terus dan sampailah di menara Jamsostek, yang gedungnya bersebelahan ama gedung YTKI di sekitaran Kuningan. Pas nyampe di sana, motor langsung parkir di parkiran lantai dua. Tepat di depan parkiran ada lift. Dari sana gue ama Kian langsung masuk dan keluar lift di lantai 3. Karena kita baru sekali ke tempat itu, gue sempat bingung di mana letak kantor Jamsostek. Berbekal tanya ke security, akhirnya kita nemu kantor yang dimaksud setelah turun ke lantai bawah, belok sana-belok sini, trus naik lift lagi. Kantornya ada di lantai 8, tower B.
Itu kali pertamanya gue naik gedung sampai ke tingkat 8. Dari kaca jendela gue bisa ngeliat gedung-gedung tinggi yang ada di sekitarnya. Suasana di dalem gedung itu tenang, beda ama suasana di pabrik tempat gue kerja yang berisik banget. Melihat suasana di dalem, gue sempet mikir, “Wuih enak banget ya kalau kerja di gedung seperti ini. Ruangannya bersih, tenang, trus adem lagi.”
Setelah semua urusan kelar, kita akhirnya bergegas pergi. Tapi pas kita baru aja keluar dari pintu kantor Jamsostek, Kian ngajakin gue ke toilet. Saat itu gue sebenernya gak mau pipis, tapi mengingat perjalanan dari tempat itu ke Tanjung Priok bakalan lama, akhirnya gue ngikut juga, buat jaga-jaga aja. Di dalam toilet suasananya sepi banget, gak ada orang di sana kecuali kita berdua. Karena ngelihat toiletnya yang bersih, gue ama Kian buru-buru langsung ke urinoir. Jarang-jarang nih nemu toilet yang sebersih ini. Bagi yang gak tau apa itu urinoir, itu loh tempat buat cowok pipis berdiri, bentuknya seperti kloset tapi nempel di dinding. Kalau gak tau juga, nih gambarnya di bawah, kalau masih gak tau juga, terlaluuuu. :D. Di tempat itu berjajar beberapa urinoir yang bersih banget. Gue ngambil di ujung kiri, sementara Kian di ujung sebelah kanan.


Awalnya gak ada masalah saat gue pipis, gue gak curiga sama urinoir karena bentuknya sama ama yang ada di mall-mall. Dengan santainya gue ama Kian menikmati suasana toilet itu yang sepi dan tenang, bahkan saking tenangnya Kian sempat-sempatnya bersiul seperti kalau dia lagi pipis di batang pohon sambil ngangkat satu kakinya. Tapi setelah semuanya beres, baru gue sadar ada yang salah ama nih toilet.
Damn….! Ini toilet jenis baru. Gak ada tombol buat ngeluarin airnya.
Ngelihat hal ini gue langsung lemes, gimana cara ceboknya nih. Setahu gue, setiap urinoir pasti ada tombol kecil di atasnya buat ngeflush sekalian ngeluarin air dari pipa kecil yang ada di bagian atasnya. Tapi anehnya nih benda gak punya begituan. Gue sempet mikir, apa iya orang di gedung ini kalau pipis gak pernah cebok. Tiba-tiba gue menyesal ikut Kian masuk ke ruangan ini.
“Eh, Blong..! Lu tau gak di mana tombol buat ngeluarin airnya?” tanya Kian keheranan. Rupanya dia juga kebingungan nyari tombol yang dimaksud.
“Gak tau, Kian. Saya aja bingung yang mana tombolnya.”
“Lah, trus cara bersihin Tit*t kita gimana dong?”
“…………..”
Akhirnya dalam keadaan masih berdiri dan Tit*t masih terlindungi oleh urinoir, gue nyari-nyari tombol buat ngeluarin air. Tapi yang ada cuma tombol buat ngeluarin sabun yang ada tepat di samping urinoir. Beberapa kali gue pencet tombol itu berharap yang keluar adalah air, tapi tetep aja yang keluar sabun. Gue sempet berpikir apa ngebersihinnya pake sabun aja ya, tapi takutnya yang ada gue ngelakuin hal-hal yang lain dengan sabun itu. You know what I mean. :’)
Pas kita lagi sibuk-sibuknya nyari tuh tombol, seorang pria masuk ke dalam toilet. Dia memilih urinoir pas di tengah-tengah. Gue ama Kian pura-pura sibuk pipis dan seolah-olah gak terjadi apa-apa. Sebenernya waktu itu gue mau banget nanya ama orang itu cara gimana ngeflushnya, tapi gue terlalu gengsi buat melakukannya.
“Currrrr….!” Air mengalir dari urinoir sebelah, dan orang itu pergi.
“Kian kamu liat gak dia pencet yang mana?” tanya gue keheranan.
“Gak tau, gue gak sempet ngeliat.”
“Yahhh…!” gue langsung lemes lagi. “Ya udah, ntar kalau ada yang ke sini lagi, kita liatin aja ya.”
“Oke, siiip.”
Sial, gue ama Kian kejebak di toilet hanya gara-gara hal beginian. Kalau aja di deket gue ada daun, pasti tuh daun dah gue pake buat ngebersihin nih tit*t. Sayangnya di deket gue cuma ada daun yang gede-gede dan lebar, susah dipetiknya, soalnya itu daun pintu u,u.
Gak lama berselang, muncul lagi lelaki. Kali ini om-om berbadan besar dan putih, berkumis tebal sambil nenteng barang bawaan. Dia ngambil urinoir yang posisinya tepat di sebelah gue. Pas dia lagi pipis, gue ama Kian ngeliatin dia seperti sepasang maho yang lagi mencari mangsa di dalam toilet. Tapi pas dia balik ngeliat gue, gue langsung pura-pura liat yang lain.
“Currrr…!” om-om itu pergi dengan suara air yang mengalir deras.
Gue ama Kian clingukan, “Gimana Kian, kamu liat gak?” tanya gue penasaran.
“Enggak. Kalo lu ngeliat gak?”
“Ngeliat, gede barangnya.” Gue diem sebentar, mikir ulang apa yang barusan gue ucapin. Kian menatap gue curiga. “Ehh maksud saya, barang bawaannya gede banget bikin ketutupan, jadi gak keliatan tadi dia mencet apaan.” Ucap gue sambil malu.
“Ohhh, kirain. Ya udah, kita tunggu yang lain lagi aja.”
Gak berapa lama, muncul lagi orang yang bakal jadi mangsa tatapan kami yang penasaran pengen lihat. Karena kita gak mau kehilangan kesempatan lagi buat tahu tombol mana yang berfungsi untuk mengeluarkan air, gue ama Kian akhirnya memutuskan ngeliatin orang itu terus-terusan. Awalnya orang itu gak peduli dengan kita berdua, tapi setelah beberapa saat dia clingak-clinguk ke arah gue dan Kian secara bergantian.
Gue cuek dan terus-terusan ngelihat ke arah urinoir yang dia pake. Ngelihat ada yang aneh ama gue dan Kian, dia rada-rada risih dan pergi terburu-buru karena ketakutan. Gue yakin banget kalau dipikirannya itu, gue ama kian dianggap sepasang maho yang lagi nyari mangsa di dalem toilet itu. Untungnya sebelum dia pergi, orang itu sempat menggesek-gesekkan jempolnya di bagian atas urinoir. Melihat hal itu gue langsung tersenyum dan menatap lurus ke sebuah kaca gelap berukuran beberapa centimeter tepat di atas urinoir yang gue pake.
“Ohh rupanya di sini kamu bersembunyi.” Ucap gue kegirangan. Tanpa pikir panjang lagi, jempol gue gesek-gesek ke alat sensor itu. “Yesss…! Berhasil…. Berhasil… Berhasil….!” seru gue seneng sambil menirukan gaya Dora the explorer.
Dari situ gue baru tahu, ternyata buat ngeluarin air dari urinoir canggih itu kita kudu menggesek-gesekkan jempol di kaca kecil itu. Rupanya itu adalah sensor buat ngeflushnya.


Pas keluar dari toilet itu, gue ama Kian ketawa ngakak sepanjang jalan menuju parkiran. Di selasar, di dalam lift, kita gak pernah berhenti ketawa nginget kejadian tadi. Sayangnya kesialan gue ama Kian gak nyampe di situ aja. Pas kita turun dan keluar dari lift di lantai 2, kita gak nemuin parkiran motor tadi, yang ada malah parkiran mobil. Kian kebingungan, gue apalagi. Kita muter beberapa kali nyari tempat parkiran motor tapi tetep gak ketemu. Pas nanya sana-sini akhirnya kita bisa sampai di parkiran itu yang rupanya ada di Tower A. Dan gue baru paham kalau tadi kita di dalem tanpa sadar udah pindah menara gara-gara nyari alamat itu. Kebeteluan dua menara itu terhubung satu sama lain. Pantes aja pas keluar lift kita gak nemu parkiran motor, soalnya salah masuk lift.
Dari kejadian itu gue akhirnya selalu waspada kalau masuk ke dalam toilet, gue gak mau kejadian seperti itu terulang lagi di kemudian hari. Setiap gue masuk toilet dan make urinoir, gue bakal ngecek gimana cara ngeflushnya ataukah airnya jalan atau tidak. Sebab gue juga pernah pake urinoir yang airnya macet dan terpaksa pindah ke sebelahnya walau waktu itu lagi ramai. Jadi saran gue, periksa terlebih dahulu sebelum menggunakan sesuatu.

Oke segini aja dulu share singkat dari gue kali ini. Moga aja kalian gak ngalamin kejadian seperti itu. Oh iya, akhir kata selamat tahun baru Imlek. Gong Xi Fa Cai. :D


Leave a Reply