Nenekku Pahlawanku

Tepat di hari ini, satu tahun kemarin, salah seorang yang gue sayangin pergi untuk selamanya. Beliau adalah nenek gue. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya di usianya yang hampir seabad. Meninggal dalam keadaan tua renta. Banyak kenangan yang gue inget bersama beliau, mulai dari kenangan yang manis sampai kenangan yang paling manis. Loh kok manis semua, emang gak ada yang pahitnya? Yang pahit sebenarnya banyak, semisal gue sering diomelin, sering juga diceramahin. Untungnya nenek gue gak pernah main pukul ke cucu-cucunya. Waktu dulu emang terasa pahit kalau lagi diomelin, maklum nenek gue cukup cerewet. Nenek bakal ngomel seharian kalo gue berbuat salah. Tapi saat kepahitan itu tinggal kenangan, semuanya berubah menjadi manis. :’)
Nenek adalah ibu kedua bagi gue. Kalau gue dimarahin emak gara-gara keluyuran ampe maghrib, gue nangisnya ke nenek. Klo gue lagi ngambek sama emak, gue tidurnya ama nenek. Klo pas gue minta uang ke emak dan gak dikasih, gue lari ke nenek. Kebetulan nenek gue satu rumah, jadi gampang ketemunya, dan gampang juga gue diomelin kalau lagi berbuat salah. Walau nenek gue cerewet tapi beliau sangat sayang ama cucu-cucunya, terutama gue. mungkin di antara abang-abang gue, cuma gue yang kalau minta uang selalu dikasih.
Nenek gue hanya seorang penjual agar-agar yang saban hari jualan di depan sekolahan. Waktu SD, gue sering sekali ngelihat nenek dengan sabarnya melayani anak-anak kecil yang beli dagangannya. Klo misal dagangannya belum habis, beliau bakal muter ke kampung-kampung sekitar. Yang paling gue seneng adalah klo nenek pulang dan agar-agarnya gak habis, dengan begitu, gue bakal dapat jatah agar-agar yang banyak. Terkadang, pas nenek gue lagi bikin agar setiap pagi, gue sering nguntilin tuh agar-agar sebelum berangkat ke sekolah. Untungnya nenek gak pernah marah kalau satu atau dua agar-agarnya hilang. Kadang juga kalau nenek lagi buat agar-agar, gue bakal ada di sampingnya, bukan buat ngebantuin tapi berharap dikasihani dengan agar-agar.
Nenek gue orang yang pekerja keras. Beliau mencari nafkah sendiri dan gak mau ngerepotin anak-anaknya. Bukan cuma itu, nenek gue orang yang rajin menabung. Setiap keuntungannya beliau simpen di sebuah kotak kesayangan. Kotak itu berwarna hitam, selalu digembok dan ditaruh di bawah ranjang di dalem kamarnya. Nenek pernah berpesan ke gue, “Nak, kalau punya uang jangan boros. Disimpen buat masa depan kamu.” Pesan itu terus keinget ampe sekarang walau nasihat itu jarang gue aplikasiin di kehidupan nyata.
Nenek gue emang paling jago nyimpen uang. Pernah suatu waktu nenek gue pulang kampung ke tanah kelahirannya di Sulawesi Selatan. Beliau tinggal di sana beberapa tahun. Pada saat emak gue lagi ngeberesin kamarnya, tanpa sengaja emak nemuin uang beberapa gepok uang dibungkus kain kecil. Waktu itu emak gue seneng banget karena nemuin harta karun tersembunyi. Tapi pas dibuka, isinya adalah setumpukan lembaran uang seratus rupiah berwarna merah. Uang itu disusun rapih seperti kalau kita habis ngambil uang jutaan di bank. Uang yang gambarnya perahu pinisi, uang lama yang waktu itu udah gak laku lagi. Kalau dihitung-hitung uangnya ada beberapa puluh ribu rupiah. Karena kami gak berani ngutak-ngatik, akhirnya uang itu dimakan rayap.
Pas waktu gue merantau ke Jakarta, nenek gue berpesan untuk tidak boros. Tapi yang namanya anak muda, tetap aja maunya senang-senang sendiri. Gaji gue sebagai buruh pabrik abis gitu aja di tahun-tahun pertama merantau. Beberapa tahun gue di Jakarta, nenek gue udah gak jualan agar-agar lagi karena faktor usia. Kerjanya cuma diam di rumah ngabisin masa senjanya sambil minum teh. Nenek gue ini emang doyan banget ngeteh, setiap pagi dan sore beliau bakal ngeteh sambil ditemenin cemilan biskuit. Kalau gue mudik, nenek gue sering banget minta uang buat beli gula sama teh. Tapi seringnya gue gak ngasih, kalau pun ngasih, gue ngasih seadanya. Padahal waktu kecil, kalau gue minta duit ke beliau pasti selalu dikasih. :”(
Sampai suatu waktu nenek gue udah gak bisa ngapa-ngapain lagi. Gue yang ngedenger kabar ini di perantauan langsung miris. Setiap emak nelpon ke Jakarta, yang pertama gue tanyain adalah kondisi nenek bagaimana. Tapi sayangnya, kondisi nenek gue semakin lama semakin memprihatinkan. Lambat laun kondisi beliau bertambah parah. Kedua matanya sudah gak bisa melihat kemudian disusul oleh kakinya yang gak bisa berjalan. Sepuluh tahun berlalu, nenek gue hidup gak bisa ngapa-ngapain. Seluruh waktunya dihabiskan di ranjang.
Setiap gue pulang kampung, gue samperin beliau. Nenek langsung pegang tangan gue sambil nanya, “Ini siapa?” Kalau gue mau pamitan buat balik lagi ke Jakarta, nenek sering narik-narik tangan gue sambil bilang, “Nak, minta duitnya buat beli gula sama teh.” Hal ini yang sering ngebuat gue ngerasa berat kalau mau ninggalin kampung halaman. Yang gue takutin cuma satu, gue gak bisa ngelihat beliau menghembuskan nafas terakhirnya, seperti yang pernah terjadi pada kakak perempuan gue yang meninggal di tanah Sulawesi.
Saat itu kakak perempuan gue pergi ke sana bareng bapak buat ketemu kakek dan neneknya. Kebetulan kakek dan nenek dari bapak waktu itu masih hidup semua. Pas kejadian, gue masih duduk di bangku SMA. Awalnya kami dapat kabar kalau kakak perempuan gue sakit keras di sana. Karena biaya ke sana lumayan mahal, akhirnya hanya emak yang berangkat. Itu juga uangnya hasil ngutang sana-sini. Waktu itu emak gue gak sempet ngabarin keluarga di sana. Pas emak sampai di sana sore hari, ternyata kakak perempuan gue udah meninggal dan udah dimakamkan di pagi harinya. Alhasil, emak gue gak sempat ngelihat jasad anak perempuan satu-satunya. Sepulangnya dari sana, emak gue depresi, beliau gak berani keluar rumah karena menyimpan sedih. Setiap beliau inget anaknya, emak langsung nangis bahkan sering nangis tengah malem.
Dari situ gue punya keinginan, kalau suatu sat nenek gue meninggal, gue harus ada di dekatnya, melihatnya menghembuskan nafas terakhirnya. Dan doa gue itu benar-benar kejadian.  Malam saat beliau sakratul maut, gue ada di sampingnya, megangin tangannya yang udah tinggal tulang berlapis kulit. Saat beliau menghembuskan nafas terakhir, gue ngeliat ada airmata yang menetes dari kedua matanya. Waktu itu gue merasa sedih sekaligus senang. Gue sedih karena nenek yang gue sayangin harus pergi meninggalkan kami selamanya. Tapi kalau ngelihat kondisinya yang sangat memprihatinkan, gue sedikit senang karena beliau gak perlu berlama-lama lagi tersiksa dalam kondisi seperti itu.
Sebagai penghormatan terakhir buat nenek, akhirnya gue yang bantu ngangkat kerandanya dari rumah sampai ke pemakaman. Gue juga yang ada di liang kubur buat nurunin jenazahnya, dan gue juga yang mengumandangkan adzan di dekat telinganya sebagai pengantarnya ke alam lain. Semua itu gue lakuin sebagai bentuk balas budi karena selama ini gue gak bisa berbuat banyak untuk beliau. Dan sekarang, semua itu tinggal kenangan manis yang selalu akan gue ingat sepanjang hidup. Dari beliau gue belajar kesabaran menjalankan hidup, dari beliau gue belajar pentingnya kerja keras, dan dari beliau juga gue belajar apa itu kasih sayang yang tulus.
Gue yakin kalian punya kenangan tersendiri dengan sosok seorang nenek, baik beliau masih hidup atau pun sudah meninggal. Dan gue berharap, kenangan itu akan selalu ada di hatimu, tersimpan di tempat yang terindah untuk selamanya.

Selamat Jalan Nenekku Pahlawanku….!

Leave a Reply